SHARE
Virus Korona MERS Kemungkinan Datang dari Unta

Akhir-akhir ini santer terdengar Virus Korona MERS yang terjadi di Timur Tengah dan menewaskan lebih 100 pasien. Hampir dapat dipastikan bahwa Virus Korona MERS ini berasal dari Unta. Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Columbia, Universitas King Saud, dan EcoHealth Alliance, yang mengatakan bahwa kebanyakan unta terinfeksi virus yang secara genetik hampir sama dengan virus yang menyerang manusia.

Tentang bahaya penyakit MERS, sebelumnya WHO telah mengeluarkan peringatan untuk berhati-hati dengan penyakit yang telah memakan banyak korban. Badan kesehatan dunia itu menybutkan bahwa kasus terinfeksi penyakit ini sudah mencapai 250 kasus dan 93 meninggal. Namun berita berlainan datang dari pemerintah Arab Saudi yang mengatakan kasus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) sudah mencapai 300 dan 100 orang meinggal.

Virus Korona MERS Kemungkinan Datang dari Unta

Sejauh ini virus MERS telah menyerang orang di Jordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Mesir, Emirat Arab, Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Inggris, Tunisia, Malaysia, dan Filipina. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Abdulaziz Alagaili dari Universitas King Saud dengan mengambil sapuan hidung unta, mengatakan bahwa orang terinfeksi virus ini mungkin bisa terjadi dengan meminum air susu unta dan daging unta.

Menurut badan kesehatan WHO bahwa virus MERS ini semakin berkembang pesat sejak pertengahan bulat maret lalu. Yang mengejutkan lagi bahwa penyakit yang belum ada vaksin ini juga berkemungkinan menular dari penderita ke orang lain.

Baca: 6 Aturan sarapan yang sehat

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti bagaimana pola penularan dari MERS Corona Virus (MERS Cov) dan bagaiman cara menanggulanginnya. Jadi belum ada obat bagi yang tertular penyakit ini. Maka diharapkan untuk berhati-hati dari penularan virtus Mers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here