Home News Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

55
SHARE
Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Tips Sehat Selama Puasa – Ketika berpuasa tubuh manusia membutuhkan nutrisi – sama seperti waktu bukan puasa – untuk bisa menjalankan aktivitas dengan baik. Maka selama puasa sangat di anjurkan untuk bisa memperhatikan pola makan sehat agar tubuh tetap sehat dan puasa tetap lancar.

Sebagaimana dilansir dari merdeka.com, ada 5 tips sehat selama puasa ramadhan yang harus dijalani agar hidup selalu oke. Apa saja tipsnya, berikut kami jelaskan.

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

1. Menghindari jenis makanan putih

Makanan putih biasanya diproses dengan cara yang kurang sehat sehingga memberikan efek menurunnya nutrisi, ini sungguh tidak cocok untuk dikonsumsi. COntoh makanan putih seperti roti, nasi, gula. Tetapi sebaliknya, anda di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti nasi merah yang berasal dari neras merah, gandum atau roti gandum dan madu sebagai pemanis alami sebagai pengganti gula.

2. Menjauhi Junk Food

Junk food atau makanan sampah, dengan kata lain dikatakan dengan makanan cepat saji. Makanan ini perlu dihindari karena hampir tidak ada gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Memang makanan cepat saji mudah didapatkan tetapi nada berkewajiban untuk memperhatikan nutrisi untuk tubuh agar sehat.

Memasak makanan dirumah lebih baik dan sehat bahkan sangat dianjurkan, karena anda bisa mengontrol sendiri nutrisinya. Apalagi selama bulan ramahdan, jangan pernah malas untuk mempersiapkan makanan sendiri dari rumah.

3. Menjauhi makanan gorengan

Makanan gorengan atau makanan manis dan makanan pedas adalah sama. Artinya makanan ini sangat buruk untuk kesehatan, karena proses dalam mencernakan makanan ini sangat lama aka membutuhkan waktu yang tidak sedikit, disamping itu makanan ini juga bisa mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan.

Sebagai pengganti makanan ini, siapkan makanan dengan cara direbus atau dengan dikukus. Anda juga bisa memanggang makanan agar lebih sehat, yang penting makanan anda masak/matang.

Baca: Manfaat telur bagi kesehatan

4. Hindari makanan yang menyebabkan dehidrasi

Selama puasa dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh adalah hal yang sering terjadi. Maka jauhi makanan ini seperti kopi atau teh. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah-buahan yang mengandung air.

5. Batasi karbohidrat selama puasa

Karbohidrat harus dibatasi selama puasa agar bisa hidup sehat. Sebagai gantinya konsumsilah protein dan serat yang banyak. Ini bertujuan untuk menjaga perut tetap kenyang dalam waktu yang lama dan serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sedangkan karbohidrat yang banyak seperti pada nasi akan membuat anda cepat lapar dan seratnya pun tidak mencukupi untuk kesehatan pencernaan.

Inilah beberapa tips sehat selama puasa, semoga menjadi perhatian anda akan kesehatan masing-masing, dan puasa tetap lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here