Home Kecantikan 7 Tips Ampuh Mengatasi Wajah Kusam

7 Tips Ampuh Mengatasi Wajah Kusam

125
SHARE
Tips Mengatasi Wajah Kusam

Tips Mengatasi Wajah Kusam – Wajah kusam akan sangat mengganggu penamilan terutama para wanita yang selalu ingin cantik dan wah. Tips mengatasi wajah kusam sangat banyak dan bisa anda lakukan dengan cara alami dari rumah masing-masing tanpa harus mendatangi salon atau tempat kecantikan lainnya.

Penyebab wajah kusam juga sangat banyak, misalnya kekurangan pasokan air dalam tubuh, kesalahan dalam memilih make up, kurangnya perawatan kulit dan banyaknya sel-sel kulit mati.

Hal lain yang menyebabkan wajah kusam adalah kondisi lemak yang buruk dalam tubuh. Ini bisa dikarenakan oleh pola makan yang buruk. Buruknya pola makan akan mempengaruhi keadaan minyak dalam kulit dan bisa menyebabkan munculnya jerawat atau minyak wajah secara berlebihan, sehingga memicu terjadinya wajah kusam. Anda bisa juga membaca postingan kami tentang cara menghilangkan jerawat secara alami, agar bisa mendukung usaha anda dalam mengatasi wajah kusam.

Tips Mengatasi Wajah Kusam

1. Menggunakan masker

Tips mengatasi wajah kusam salah satunya adalah menggunakan masker. Masker akan membuat sel-sel kulit mati terkelupas dan membebaskan wajah dari kusam. Anda bisa menggunakan yogurt, tomat, alpukat dll. Kalau anda malas membuat masker alami sendiri, anda bisa membeli masker instant di toko-toko, tetapi perhatikan agar bahan yang digunakan terpercaya.

2. Minyak zaitun

Tips mengatasi wajah kusam lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. minyak zaitun mengandung vitamin E, ini akan berfungsi sebagai anti oksidan yang akan melambatkan proses oksidasi sel kulit, sehingga kulit terjaga dari adanya sel kulit mati. Minyak zaitun bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dengan cara menggunakannya pada kulit (memoles).

Baca: Manfaat minyak zaitun

3. Daun seledri

Daun seledri juga bermanfaat untuk menghilangkan wajah kusam. Tips mengatasi wajah kusam dengan daun seledri adalah dengan mengolesi daun seledri pada kulit. Berikut cara selengkapnya

  • Ambil daun seledri sekitar 1-2 genggam, lalu cuci hingga bersih
  • Potong hingga menjadi bagian-bagian kecil
  • Rebus dengan air selama 20 menit
  • Angkat dan diamkan seledri tersebut hingga dingin
  • Selanjutnya usapkan pada wajah seperti masker, tunggu sampai usapan seledri ini meresap pada wajah
  • Kemudian tunggu hingga kering, baru bilas dengan air bersih.

4. Jauhi bergadang

Bergadang adalah hal yang mempengaruhi kesehatan anda. Bergadang bisa membuat kondisi hormonal dalam tubuh tidak stabil sehingga bisa menjadi penyebab wajah kusam. Tips menghindari wajah kusam ini adalah hal yang sederhana dan harus dilakukan. Karena tubuh manusia membutuhkan waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam sehari. Dan waktu istirahat yang paling baik adalah malam hari.

5. Perhatikan Pola Makan

Pola makan juga bisa mempengaruhi keadaan wajah anda. Untuk wajah yang sehat makanlah sayuran dan buah-buahan yang sehat pula. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak juga bisa menyebabkan minyak pada wajah. Jadi untuk mengatasi dan menghindari wajah kusam makanlah makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buaan segar.

Baca: Cara memutihkan kulit secara Alami

6. Mengkonsumsi banyak air putih

Air tidak bisa dipungkiri sebagai minuman yang sangat baik untuk kesehatan. Kekurangan air akan membuat kulit kering dan kusam. Air juga bisa menjaga metabolisme tubuh dan membantu kinerja organ tubuh, sehingga pencernaan menjadi lancar.

7. Menggunakan buah bengkoang

Buah bengkoang mengandung zat fenolik yang bisa menghambat pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari, bekas jerawat, kulit mati, hormon, dapat dicegah serta dikuranginya. Buah bengkoang juga dapat mencegah radikal bebas, karena adanya vitamin C, saponin, dan kandungan flavonoid. Tips mengatasi wajah kusam dengan bengkoang adalah dengan menghaluskan bengkoang, kemudian menggunakannya sebagai masker wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here