SHARE
makanan pendamping asi
solusisehatku.com

Tips Memilih Makanan Pendamping ASI. Air susu ibu adalah makanan terbaik bayi ketika lahir hingga usia bayi mencapai 6 bulan. Setelah masa 6 bulan selain ASI, bayi juga sudah perlu dikenalkan dengan makanan lain yang disebut dengan makanan pendamping asi atau MPASI.

Memberikan makanan pendamping asi tidak semudah yang dibayangkan. Karena banyak bayi yang tidak suka dengan makanan bergizi yang diberikan, untuk itu diperlukan tips khusus memilih makanan pendamping ASI. Dokter specialis anak dari rumah sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Soedjatmiko memberikan beberapa kiat dan tips memilih Makanan Pendamping Asi yang benar.

Tips Memilih Makanan Pendamping ASI

1. Anak Mau Memakannya

Pilih makanan yang disukai anak. Semua orang tua ingin anaknya cukup gizi dari makanan ASI dan MPASI. Tetapi kalau anak tidak suka dengan MPASI padat, maka anda tidak cukup hanya dengan memberikan MPASI padat gizi saja.

Jadi, ibu menyesui haru memperhatikan tekstur dan bentuk makanan yang disukai bayi sehingga lebih mudah dalam mebuat makanannya. Selain itu, ibu harus sudah terbiasa dengan makanan bergizi semenjak hamil, karena waktu itu bayi sudah mulai mengenal makanan yang dimakan ibu, kalau dia sudah terbiasa, maka ketika lahir bayi juga akan menyukai dan mau memakan makanan yang bergizi.

2. Berat badan bayi meningkat

Untuk mengetahui makanan MPASI yang dikonsumsi bayi cocok dan sesuai dengannya, maka perlu diperhatikan berat bayi setiap bulannya. Kalau berat bayi meningkat terus maka bisa dipastikan bahwa makanan yang dimakan bayi itu cocok denganya.

Baca: Manfaat madu untuk kecantikan wajah

3. Tidak BAB encer, Muntah dan alergi

Sebaliknya, ibu juga perlu mengetahui makanan yang tidak cocok dengan bayi. Kalau bayi menunjukkan reaksi tertentu seperti muntah, alergi atau diare, maka ini pertanda bahwa makanan MPASI yang diberikan tidak cocok dengan bayi. Ibu harus mengetahui kandungan apa yang membuat bayi bereaksi seperti itu, misalnya susu sapi. Maka ibu harus memilih MPASI yang tidak mengandung susu sapi.

4. MPASI mudah didapat

Dalam memberikan Makanan pendamping Asi bayi bayi perlu diperhatikan kemudahan dalam mendapatkan makanan tersebut dilingkungan tinggal. Anda tidak perlu membuat dari bahan yang sulit didapat seperti makanan yang tidak ada di lingkungan anda.

Inilah beberapa Tips Memilih Makanan Pendamping ASI yang tepat dan benar. Sehingga bayi anda tercukupi gizinya setiap hari dan bisa berkembang dengan baik dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here