Home Agama Tanda-Tanda Kiamat Sughro dan Kiamat Kubro, Ayat dan Hadist

Tanda-Tanda Kiamat Sughro dan Kiamat Kubro, Ayat dan Hadist

Tanda-Tanda Kiamat
pixabay.com

Tanda-tanda kiamat sughro atau kecil dan tanda-tanda kiamat kubro atau besar adalah sesuatu yang terjadi pada alam dunia ini sebelum Allah menghancurkan dunia ini dan memasuki alam akhirat. Allah membuat tanda terhadap terjadi kiamat sehingga manusia bisa mengambil iktibar dan meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Sekarang sudah banyak berbagai fenomena alam terjadi yang sangat menakutkan seperti gempa bumi yang hampir setiap hari terjadi, banjir bandang, banjir hujan, keluarnya lumpur dari perut bumi, meletusnya gunung, tsunami dimana-mana dan lain-lain. Disamping itu, berbagai kejahatan juga kerap kita saksikan selama ini baik berupa perampokan, pemerkosaan, penxinaan, korupsi, pembunuhan dan lani-lain. Lantas, apakah itu merupakan tanda-tanda datang kiamat atau hari akhir?

Tanda-Tanda Datangnya Kiamat

Kita memang tidak tahu kapan datangnya kiamat, namun sebagai seorang mukmin yang beriman dengan al quran dan hadist, tentu kita harus senantiasa mempersiapkan diri untuk kedatangan hari itu, baik untuk menghadapi kematian atau kiamat yang sesungguhnya. Karena percaya kepada hari kiamat adalah salah satu dari rukun iman yang 6. Oleh karena itu, kita harus senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dalam al-Qur’an surat Muhammad, ayat 18, Allah berfirman

فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا فَأَنَّى لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ

Artinya:

“Tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka Apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila kiamat sudah datang?” (QS. Muhammad ayat 18)

Lantas, apa tanda-tanda kiamat itu? Dalam ilmu agama, kiamat dibedakan menjadi dua yaitu kiamat besar atau kiamat kubro dan kiamat kecil atau sughro. Berikut kita lihat tanda-tanda datangnya kiamat.

Sebelum kita lihat tanda kiamat besar, mari kita lihat terlebih dahulu tanda kiamat kecil atau kiamat sughro.

Tanda-Tanda Kiamat Kecil (kiamat Sughro)

Dalam alquran dan sunnah dijelaskan tentang kiamat kecil, ini adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di kalangan ummat manusia bahkan manusia itu tidak menyadari bahwa itu adalah tanda kiamat kecil yang telah datang. Beberpa peristiwa sebagai coontoh telah terjadinya tanda kiamat kecil adalah sebagai berikut:

  • Diambilnya ilmu pengetahuan
  • Kebodohan semakin menyebar dalam kehidupan
  • Semakin banyaknya manusia yang minum khamar atau arak, termasuk berbagai jensi minuman beralkohol.
  • Banyaknya pembunuhan dan berbagai jenis kejahatan lainnya,
  • Kekacauan terjadi dimana-mana,
  • Berlomba-lomba masyarakat untuk meninggikan bangunan dan gedung-gedung pencakar langit,
  • Maraknya terjadi perzinaan,
  • Menuntut ilmu karena ingin mendapatkan pangkat, jabatan atau ingin mendapatkan harta,
  • Banyak kejahatan besar seperti kotupsi,
  • Banyaknya anak yang lahir dari hasil perzinaan,
  • Dan lain sebagainya.

Itu beberapa bentuk tanda kecil terjadinya kiamat dan masih banyak sekali tanda lainnya yang kadang manusia tidak menyadarinya dan tidak mengambil pelajaran dan iktibar untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

Tanda-Tanda Kiamat Besar (Kiamat Kubro) Serta Ayat dan Hadist

Sementara tanda kiamat besar (kiamat kubro) atau hari akhir yang disebut juga dengan hari penghabisan adalah munculnya beberapa peristiwa besar dan peristiwa itu adalah hal yang tak biasa dan tidak sering terjadi.

1. Di utusnya Rasulullah SAW.

Tentang Datangnya Rasulullah SAW. menjadi tanda kiamat besar, Al- Hafiz Ibnu Katsir mengatakan dalam kitabnya:

فبعثة رسول الله صلى الله عليه وسلم من أشراط الساعة ؛ لأنه خاتم الرسل الذي أكمل الله تعالى به الدين وأقام به الحجة على العالمين ، وقد أخبر صلى الله عليه وسلم بأمارات الساعة وأشراطها ، وأبان عن ذلك وأوضحه بما لم يؤته نبي قبله

Artinya:

“Di utusnya Rasulullah SAW. adalah sebahagian dari tanda kiamat. Karena Rasulullah SAW adalah Rasul penutup yang di utuskan untuk menyempurnakan agamaNya, dan Allah tegakkan hujjah kepada seluruh alam semesta. Dan Rasulullah SAW. juga telah memberitahukan tentang tanda-tanda kiamat, beliau menjelaskan kejadian-kejadian yang belum dijelaskan oleh para Rasul sebelumnya.”

2. Terbelahnya Bulan

tanda kiamat terbelahnya bulan
id.m.wikipedia.org

Tentang terbelah bulan sebagai tanda-tanda kiamat, Allah berfirman dalam al-Qur’an sebagai berikut:

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ

Artinya “Telah dekatlah kiamat dan bulan telah terbelah.” (QS. Al-Qomar ayat 1)

Kejadian terbelahnya bulan terjadi pada masa Rasulullah SAW, dan ini adalah salah satu mukjizat yang membuktikan kebenaran Rasulullah SAW sebagai seorang utusan Allah SWT. Dan ini adalah salah satu bentuk tanda kiamat kubro.

3. Ditiupnya sangka kala

Tiupan sangka kala adalah tanda kiamat akan segera terjadi dan ini dilakukan oleh malaikat Israfil. Tentang tiupan sangka kala, Allah berfirman dalam al-Qur’an surat az-Zumar ayat 68 sebagai berikut:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Artinya:

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS. Az- Zumar ayat 68)

4. Munculnya Dajjal

Selanjutnya, tanda-tanda kiamat yang sudah lumrah di ketahui adalah keluarnya dajjal. Dajjal adalah makhluk yang berdusta dan ia mendakwakan dirinya sebagai Tuhan. Dajjal juga berusaha dengan segala upaya untuk melepaskan manusia dari agamanya. Makhluk pendusta ini tinggal dibumi selama 40 hari dan membuat kerusakan di mana-mana. Ada dua negeri yang ia tidak bisa memasukinya, itu adalah Madinah dan Makkah.

Semoga kita terhindar dari fitnah dajjal di akhir zaman.

5. Di utusnya Nabi Isa alaihissalam

Sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, akibat dari kerusakan yang di akibatkan oleh Dajjal, maka Allah mengutus kembali nabi Isa yang sekarang berada di langit untuk membunuh dajjal. Akhirnya Dajjalpun mati terbunuh di tangan Nabi Isa alaihissalam. Ia mati di sebuah tempat di baitul maqdis yang bernama Bab lud.

6. Keluarnya Ya’juj dan ma’jud

Selanjutnya, tanda-tanda kiamat kubra atau kiamat besar adalah munculnya Ya’juj dan ma’jud. Ini sebagaimana yang dijelaskan dalam al-Quran surat al-Anbiya ayat 96-97 sebagai berikut:

حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ. وَاقْتَرَبَ الْوَعْدُ الْحَقُّ فَإِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ أَبْصَارُ الَّذِينَ كَفَرُوا يَاوَيْلَنَا قَدْ كُنَّا فِي غَفْلَةٍ مِنْ هَذَا بَلْ كُنَّا ظَالِمِينَ

Artinya:

“Hingga apabila dibukakan (dinding) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah datangnya janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang dzalim.”

7. Terbitnya matahari dari arah barat (arah terbenamnya)

Rasulullah SAW. bersabda bahwa tidak akan terjadi kiamat melainkan matahari telah keluar dari arah barat. Hadist tersebut di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya sebagai berikut:

“Belum akan tiba kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh umat manusia akan beriman. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.”

8. Melimpahnya harta manusia

Tanda kiamat kubra ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadist riwayat Muslim sebagai berikut:

“Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir.”(HR. Muslim)

Faktanya sekarang, negeri Arab sudah menghijau, sudah penuh dengan tumbuhan yang di tanam disana sini.

9. Zaman saling mendekat

Dalam hadist, Rasulullah SAW, bersabda bahwa saat akan terjadi kiamat besar, zaman saling mendekat dimana satu tahun seperti satu bulan dan satu bulan seperti seminggu dan seminggu seperti sehari dan sehari seperti sejam dan sejam seperti menyalakan kayu dengan api. Hadist riwayat Tumizi.

Apakah sekarang kita sudah merasakan cepatnya berlalu zaman? jika kita merasakan itu, maka saat akan terjadi kiamat waktu akan sangat cepat sehingga setahun seperti sebulan saja.

10. Terjadinya perang Muslim dengan Yahudi

Perang ummat Islam dengan Yahudi ternyata sudah di nyatakan oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya, yang artinya sebagai berikut:

“Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)

Jadi, ketika terjadi peperangan antara kaum Yahudi dengan Ummat Muslim di akhir zaman, maka mereka berlindung dimana-mana seperti dibelakang kayu, batu dsb. Namun semua akan berbicara dan memberitahukan keberadaan Yahudi kecuali pohon Gharqad. Mungkin inilah sebabnya kaum Yahudi sekarang menanam banyak-banyak pohon gharqad. Wallahu a’lam.

Itulah beberapa tanda tanda kiamat besar atau qubro, semoga dengan mengetahui tanda kiamat ini kita semakin menambah ketaqwaan kita kepada Allah dan semakin banyak amalan ibadah kita. Amiin