Home Agama Doa Sayyidul Istighfar yang Diajarkan Rasulullah SAW.

Doa Sayyidul Istighfar yang Diajarkan Rasulullah SAW.

1809
Doa Sayyidul Istighfar
konsultasisyariah.com

Istighfar adalah menuntut keampunan dari Allah. Lafadh istighfar itu adalah lafadh khusus atau tertentu yang di ucapakan untuk memohon keampunan dari Allah.

Sementara sayyidul istighfar adalah penghulu do’a minta ampun atau sebaik-sebaik do’a untuk minta ampunan Allah SWT. Karena makna dari sayyidu adalah raja atau penghulu, maka jika dikatakan sayyidul istighfar berarti penghulu atau raja istighfar. Kita sering menyebutnya dengan raja istighfar atau raja do’a untuk tuntut keampunan dari Allah.

Doa Sayyidul Istighfar

Sebagai ummat Islam, kita dianjurkan untuk membaca do’a sayyidul istighfar setiap selesai dari shalat sebanyak tioga kali. Berikut lafadh atau bunyi dari sayyidul istighafar yang di ajarkan Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada tuhan yang sebenar-benarnya selain dari pada Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu, aku akan setiap pada janjiku padaMu semampuku. Aku berlindung dengan Engkau dari keburukan apapun yang aku perbuat, aku mengakui bagiMu dengan segala nikmatMu atasku, dan aku mengakui segala dosaku, Maka ampunilah aku karena tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau. (HR Imam Bukhari).

Sayyidul Istighafr dengan Latin:

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mas tatha’tu a’uudzu bika min syarri ma shana’tu abuu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu-u bi dzanbii faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz zunuuba illaa Anta.

Sangat singkat bukan! Semoga kita diberikan kekuatan untuk mampu mengamalkan do’a sayyidul istighfar ini karena luarbiasa faedahnya. Diantara kelebihan sitighfar adalah mendatangkan keinginan dan cita-cita. Istighfarlah sebanyak-banyaknya karena dosa kita begitu banyak. Allah maha pengampun terhadap dosa hamba-Nya jika hambaNya mau bertaubat dan meminta ampunan dengan ikhlas.

Baca juga: Bacaan shalawat atas Nabi SAW.