Sayuran Penambah Darah

Sayuran Penambah Darah, Buah dan Makanan Lain

Posted on

Kurang darah adalah kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau platelet. Cara mengatasi kurang darah bisa di lakukan dengan berbagai cara, namun yang paling sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran penambah darah. Jadi, bedakan antara tekanan datah tinggi dan kekurangan darah.

Bila seseorang kekurangan darah merah, maka tubuh akan kekurangan nutrisi karena salah satu fungsi darah merah adalah mengedarkan sari makanan keseluruh tubuh serta mengedarkan oksigen. Jadi, tubuh akan masuk dalam keadaan bahaya jika kekurangan sel darah merah. Dalam istilah medisnya di sebut dengan anemia.

Baca juga: sayuran paling bergizi

Daftar Sayuran Penambah Darah

Kurangnya nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari adalah salah satu penyebab anemia. Maka asupan sehari-hari harus bernutrisi sehingga makanan tersebut bisa di olah menjadi sel darah merah. Diantara nutrisi penting untuk pembentukan darah adalah asam folat, vitamin C, vitamin B12, dan yang terpenting adalah zat besi. Jadi, itulah prinsip makanan untuk menambah darah, sekarang kita lihat satu persatu makanan yang bisa menambahkan darah terutama yang terdiri dari sayuran.

1. Sayur Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya nutrisi dan mampu menambah sel darh merah. Bagi begetarian yang mengalami kekurangan darah, dokter pasti menganjurkan untuk mengkonsumsi bayam. Bayam mengandung zat besi tinggi sehingga sangat cocok untuk penambahan sel darah merah. Selain zat besi, ia juga mengandung vitamin C, kalsium, vitamin B9 dan beta karoten. Untuk menampilkan selera yang pas, anda bisa mengkonsumsi bayam dengan cara ditumis atau dengan dimasak sayur bening. Jika anda memasak sayur, upayakan juga untuk minum kuahnya karena kuah juga kaya dengan zat besi.

2. Sayur Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran penambah darah, selain berguna untuk mencegah kaker karena kaya antioksidan, brokoli juga kaya zat besi dan asam folat yang bagus untuk menambahkan produksi sel darah merah. Agar kandungan zat besi dan folatnya tidak hancur dan berkurang sebaiknya memasak sayuran ini tidak perlu terlalu matang.

3. Kacang Kedelai

Selain brokoli, kacang-kacangan juga termasuk sumber zat besi dan vitamin yang baik. Salah saut jenis kacang yang tergolong dalam sayuran penambah sel darah merah adalah kedelai. Kacang kedelai tinggi kandungan protein dan rendah lemak sehingga mampu mendukung pembentukan sel darah merah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kedelai mengandung asam fitat yaitu zat yang bisa menghambat penyerapan zat besi sehingga untuk mengatasi masalah ini anda perlu merendam terlebih dahulu dalam air hangat selama semalaman. Ini berguna mengurngi asama fitat tersebut sehingga tidak lagi menghambat penyerapan zat besi.

4. Kacang Buncis

Buncis juga termasuk sayuran penambah darah, pasalnya ia mengandung asam folat yang tinggi sehingga sangat baik untuk memicu pembentukan sel darah merah. Namun, untuk mendapatkan asam folat yang optimal, anda harus mengkonsumsi buncis dalam keadaan mentah. Jika tidak sanggup, masaklah setengah matang saja dan nikmati.

5. Sayuran Hijau Lainnya

Sebagaimana sayuran bayam, sayuran hijau lainnya juga mengandung tinggi zat besi yang merupakan salah satu komponen terbesar dalam pembentukan sel darah merah. Diantara sayuran hijau itu adalah sawi, pakcoy, selada air, dan mengkonsumsi sayuran ini secara teratur terbukti mampu membuat tubuh mendapatkan asupan zat besi yang baik.

6. Jamur

Jika anda menggemari makan jamur, anda beruntung, pasalnya jamur adalah sayuran tinggi zat besi yang baik untuk memproduksi darah. Walaupun warnanya putih, jamur ternyata mengandung banyak zat besi. Diantara jamur yang kaya zat besi adalah jamur kuping, jamur kancing, dan jamur shitake.

Makanan Penambah Darah dari Buah Buahan

7. Buah Jeruk dan Lemon

Selanjutnya, makanan penambah darah adalah jeruk dan lemon. Kedua jenis buah ini kaya terhadap vitamin C yang bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi, Buah buahan ini baik untuk menambahkan darah bukan karena kaya zat besi melainkan karena ia kaya vitamin C. Pakar kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan atau sayuran penambah darah, zat besi saja tidak cukup tetapi harus di imbangi dengan makanan yang mengandung vitamin C agar penyerapan zat besi optimal dalam tubuh.

8. Tahu, Tempe dan Susu Kedelai

Makanan lain yang bisa menambah darah adalah susu kedelai, tempe, dan tahu. Tahu dan tempe di olah dari kacang kedelai sehingga ia juga mengandung zat besi yang tinggi sebagaimana pada kacang kedelai. Jadi, tambahkan menu makanan seperti tempe, tahu dalam diet harian keluarga agar tidak terjadi anemia.

Selain beberapa makanan di atas dan sayuran penambah darah, ada makanan lain yang baik untuk memproduksi sel darah merah. Diantara makanan itu adalah makanan yang kaya vitamin B12, vitamin B12 hanya bisa di temukan dari produk hewani. Maka, selain mengkonsumsi sayuran konsumsi juga makanan hewani seperti daging. Berikut makanan kaya vitamin B12, protein dan zatbesi:

  • Seafoods seperti udang, ikan dan kerang
  • Hati hewan
  • Telur
  • Susu, keju
  • Daging merah, ini sumber utama vitamin B12

Bagi vegetarian, ada cara untuk bisa mendapatkan vitamin B12 tanpa mengkonsumsi daging, ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang di fortifikasi atau ditambahkan vitamin B12 kedalamnya. Contohnya adalah yogurt, susu kedelai, jamur dan oatmeal.

Itulah beberapa jenis sayuran penambah darah yang mudah di didapat. Kita kadang membatasi makanan atau sayuran sehingga cendrung terkena anemia atau kurang darah. Membatasi makana boleh namun harus mencukup vitamin harian, maka dengan mengetahui makanan apa saja yang kaya zat besi dan membantu produksi darah, kita bisa memilih makanan tersebut untuk makanan harian serta mengenyampingkan makanan sampah atau makanan tidak bernutrisi.