Cara Mengobati Sariawan pada Bayi

Sariawan Pada Bayi dan Cara Efektif Mengobatinya

Posted on

Sariawan pada bayi di ketahui dengan munculnya bercak atau bintik putih pada lidah, atau pada bibir dan gusi bayi. Ketika bayi dalam situasi ini ia tidak mau minum susu atau ASI sehingga akan rewel akibat tidak mendapatkan cukup minuman atau makanan. Sariawan pada bayi biasa di derita ketika usianya sudah di atas bulan. Biasanya sariawan ini tidak lama di alami bayi, namun cukup membuat bayi rewel karena tidak nyaman ketika minum ASI atau susu.

Jika anda menemukan bayi anda rewel akibat sariawan ini, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Berikut Cara Mengobati Sariawan pada Bayi

1. Memberikan obat Mikonazol

Mikonazol adalah obt yang sering diberikan kepada bayi yang mengalami sariawan. Ini adalah obat ringan dan bisa di gunakan untuk semua bayi. Namun demikian, beberapa dokter tidak meresepkan obat ini untuk bayi kurang dari 4 bulan. Cara penggunaan obat Mikonazol adalah dengan mengoleskannya pada area yang terjadi sariawan. Namun perhatikan kebersihan tangan anda agar tidak terjadi infeksi pada bayi.

Baca juga: Manfaat Menyusui bagi Kesehatan

2. Menggunakan Nistatin (untuk oral thrush)

Obat lain untuk mengatasi sariawan pada bayi adalah Nistatin. Obat ini berbentuk obat tetes dn harus di gunakan dengan hati-hati agar tidak masuk ke kerongkongan. Mengingat caranya dengan mengolesi langsung pada sariawan, anda harus menggunakan pipet atau kapas dan lakukan dengan hati-hati. Ini adalah obat sariawan untuk bayi yang bekerja dengan melawan infeksi jamur penyebab sariawan. Namun, pemberian obat Nistatin harus dengan resep dokter.

3. Berikan makanan lembut dan dingin

Selanjutnya, sariawan pada bayi bisa di obati dengan memberikan makanan yang lembut dan mudah di cerna serta dingin. Jika anak anda sudah mencoba makanan pendamping ASi, anda bisa memberikan makanan itu namun harus di perhatikan teksturnya agar tetap lembut. Buat jus buah atau kentang tmbuk, namun harus lembut dan dingin. Makanan dingin yang masuk kemulut si bayi akan membuat sariawan tidak terasa sakit sehingga bayi tetap bisa meneruskan makan. Namun, bayi belum mengkonsumsi makanan pendaping ASI, ibu menyusui harus harus mengkonsumsi makanan untuk memperbanyak ASI sehingga bayi tetap sehat.

4. Obati dengan Paracetamol / Ibuprofen

Seringkali bayi apabila mengalami sariawan di ikuti dengan tubuh yang terasa demam akibat tidak nyaman. Untuk mengobti sariawan ini anda bisa memberikan obat Paracetamol / Ibuprofen sirup. Obat ini akan mengurangi sakit dan menurunkan panas anak. Perhatikan dosis yang harus di berikan atau ikuti arahan dokter.

Baca: Cara Merawat Gigi Bayi

5. Kompres dengan es batu

Selanjutnya, sariawan pada bayi bisa di obati dengan mengompres es batu secara lembut dan perlahan. Balutkan es batu dengan handuk tipis bersih dan dekatkan dengan sariawan. Ini akan memberikan efek dingin dan memberikan kenyamanan bagi bayi. Anda tidak perlu menempelkan tetapi cukup dengan mendekatkan bungkusan es batu ke tempat sariawan. Namun, Cara mengobati dengan es batu ini sebaiknya hanya dilakukan pada anak yang sudah tahun ke atas.

6. Mengobati dengan campuran soda, garam dan air.

Ini adalah obat tradisional yang ampuh mengobati sariawan sejak masa dulu. Campuran soda, garam dan air bisa memberikan bantuan untuk mempercepat sembuhnya sariawan. Yang harus anda lakukan adalah menyiapkn 1/2 sendok teh soda kue, 1/2 sendok teh garam dan segelas air. larutkan kedua bahan ini dalam air hingga menyatu dengan sempurna. Kemudian ambil bola kapas dan celupkan kedalam air tersebut. Peras dan tempelkan pada sariawan. Lakukan dengan teratur untuk mempercepat kesembuhan bayi anda. Sebaiknya di gunakan pada bayi yang sudah di atas 6 bulan.

7. Memberikan Cukup Cairan

Bayi yang menderita sariawan mudah rewel dan seringkali tidak mau makan atau minum. Namun anda harus membujuknya setidaknya cairan harus selalu diberikan. Usahakan anda bisa memberikan ASI atau susu formula dalam botol. Cairan sangat penting bagi bayi, ini bisa menjadi makanan untuk menjaga tubuh mereka tidak bertambah sakit.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah obat tradisional untuk memerangi jamur dan bakteri. Oleskan minyak kelapa murni pada puting payudara atau pada dot jika bayi anda menyusui atau minum susu melalui dot. Bisa juga mengolesi langsung pada mulut yang sariawan. Minyak kelapa membantu menghilangkan bercak putih pada lidah bayi dan melawan bakteri dan jamur penyebab sariawan.

Baca juga: Tips Memilih Makanan Pendamping ASI

Penyebab Sariawan Pada Bayi

Salah satu penyebab sariawan pada bayi adalah infeksi jamur Candida albicans. Jamur ini menyebabkan bercak putih pada lidah bayi. Infeksi ini juga di sebut dengan oral thrush.

Bayi belum mempunyai kekebalan tubuh yang matang sehingga mudah di serang jamur dan bakteri. Jika bayi yang lahir belum cukup bulan atau premature, maka ia mempunyai tingkat resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi normal.

Bayi tidak sama seperti orang dewasa, mereka tidak mempunyai anti body yang cukup kuat sehingga sangat mudah terserang infeksi seperti infeksi sariawan.

Pemberian antiboti, ini bisa menyebabkan berkurangnya bakteri baik dalam tubuh mulut byi sehingga mudah bagi kuman dan bakteri jahat untuk berkembang.

Cara Mencegah Sariawan Pada Bayi

Jaga semua benda yang digunakan oleh bayi agar selalu bersih

Jika bayi minum susu dengan botol, cuci bersih selalu dengan air hangat atau panas

Semua perlengkapan makanan bayi dicuci dengan bersih

Biasakan mencuci pakaian bayi dengan air panas, ini untuk mematikan semua jamur pada pakaian.

Jika bayi minum ASI, jaga kebersihan puting payudara anda sehingga tidak meneybabkan berpindahnya bakteri dari anda ke bayi.