SHARE
Penyebab Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi sama berbahaya dengan tekanan darah tinggi. Maka, jika anda mengalami darah rendah, jangan di abaikan tetapi segera temukan penyebab tekanan darah rendah dan lakukan hal yang bisa menaikkan tekanan darah. Mengabaikan masalah ini bisa berujung pada hal tak di inginkan. Hipertensi sangat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kematian, demikina juga dengan hipotensi atau darah rendah.

Berikut beberapa penyebab tekanan darah menjadi rendah yang di rangkum dari merdeka.com

10 Penyebab Tekanan Darah Rendah

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh tidak mendapatkan cukup cairan. Biasanya terjadi setelah olahraga berat yang mengeluarkan banyak keringat. Jika anda mengalaminya, segera minum air untuk menghidrasi tubuh agar tidak menurunkan tekanan darah. Gejala dehidrasi bisa di tandai dengan mata berkunang-kunang, sakit kepala, bahkan hingga pingsan.

2. Kekurangan darah

Kekurangan darah yang di alami seseorang baik karena kecelakaan atau hal lainnya juga bisa memicu tekanan darah rendah. Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan kedokter jika anda mengalami masalah seperti kekurangan darah atau kekurangan cairan dalam tubuh.

3. Peradangan organ

Penyebab tekanan darah rendah selanjutnya adalah adanya peradangan atau inflamasi pada organ. Kok bisa?

Apabila organ mengalami inflamasi maka pembuluh darah akan mengelilingi organ yang meradang tersebut akibatnya volume darah berkurang dan terjadilah tekanan darah rendah.

4. Melemahnya otot jantung

Jika otot jantung melemah maka seseorang juga bisa mengalami hipotensi. Otot jantung melemah terjadi ketika jantung gagal atau tidak mampu mengurangi darah yang dipompanya. Biasanya penyebabnya adalah pernah mengalami serangan jantung atau serangan virus tertentu.

5. Pembuluh darah yang tersumbat

Penyebab hipotensi selanjutnya adalah adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga jaringan yang bertugas mengirim sinyal kejantung terhambat. Ini menyebabkan gangguan pada berbagai gerakan jantung. Jika penyumbatan ini tidak di obati maka masalah selanjutnya adalah tekanan darah menjadi rendah.

6. Detak jantung tidak normal

Penyebab selanjutnya adalah detak jantung yang tak normal. Ketika detak jantung terlalu kencang atau terlalu lambat maka konstraksi dalam jantung terganggu. Ini menyebabkan jumlah darah yang di pompa berkurang sehingga terjadilah hipotensi.

7. Kehamilan

Kekurangan darah di masa kehamilan sering terjadi dan hampir semua ibu hamil mengalaminya. Ini wajar saja, namun kalau darah terlalu berkurang ini bisa berbahaya. Sebaiknya ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan yang mencegah anemia. Kekurangan darah pada ibu hamil tidak hanya berbahaya bagi diri ibu tetapi juga bagi janin. Baca juga: Kurma makanan terbaik ibu hamil

8. Infeksi tertentu

Selanjutnya, penyebab tekanan darah rendah adalah infeksi tertentu dalam organ. Jika bakteri penyebab infeksi masuk kedalam aliran darah maka ia akan mempengaruhi aliran darah sehingga tekanan darah rendah terjadi.

9. Kekurangan vitamin atau nutrisi

Nutrisi atau gizi adalah penggerak utama tubuh. Jika tubuh kekurangan nutrisi maka ia akan loyo. Darah adalah komponen terpenting dalam tubuh yang berfungsi mengirimkan makanan keseluruh tubuh. Jika kekurangan nutrisi maka tubuh kehilangan bahan baku untuk memproduksi darah.

Baca: Buah paling sehat didunia

10. Endocrine problem

Masalah endrokrin juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Diantara masalah endokrin adalah adanya gangguan tiroid, kekurangan gula darah, kelebihan gula darah (diabetes) atau kekurangan hormon adrenalin.

Berbagai kondisi itu bisa memicu hipotensi, alasanya adalah endokrin merupakan kelenjar yang bertugas mengontrol hormon dan aliran darah, jika ia terganggu maka aliran darah juga terganggu.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Jika anda mengalami penyebab tekanan darah rendah seperti di atas, anda harus segera mengatasi masalah ini agar tekanan darah tetap normal. Berikut cara mengatasi hipotensi.

  • Konsumsi makanan yang mengandung garam, sodium dalam garam akan menaikkan tekanan darah.
  • Jangan berdiri terlalu lama karena bisa menurunkan tekanan darah
  • Minum air putih banyak-banyak untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi
  • Hindari minuman beralkohol, karena tidak ada manfaatnya malah menurunkan tensi darah
  • Minum secangkir kopi hitam tanpa gula juga bisa membantu hipotensi

Itulah beberapa penyebab tekanan darah rendah dan cara mengatasinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Ingat! setiap masalah kesehatan anda terganggu segera cari tahu, dan langkah terbaik adalah dengan mengunjungi dokter yang berkompeten dibidangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here