SHARE
Penyebab paru paru basah

Penyebab paru paru basah – Paru paru basah atau yang disebut dengan pneumonia adalah penyakit yang terjadi pada salah satu kantung paru-paru yaitu alveolus. Fungsi kantung paru paru ini adalah menerima oksigen yang kita hirup dan meyampaikan ke dalam aliran darah. Ketika terjadi infeksi pada Alveoulus maka kinerja ini terganggu sehingga tubuh tidak mendapatkan oksigen dengan cukup.

Penyakit paru-paru merupkan penyakit paling banyak memakan korban didunia terutama anak-anak usia dibawah 1 tahun. Badan kesehatan dunia WHO mengatakan bahwa setiap tahunnya tidak kurang dari 2 juta anak-anak meninggal dunia akibat penyakit paru-paru. Sementara di Indonesia, paru-paru basah atau pneumonia adalah penyakit ke enam terbanyak yang menyebabkan kematian.

Pneumonia dominannya menyerang anak-anak usia dibawah 1 tahun, ketika memasuki masa produktif penyakit paru-paru menurun resikonya. Namun, ketikan manusia sudah senja dan memasuki usia 65 tahun maka paru-paru basah kembali menyerang kesehatan, pada saat ini penyakit paru-paru sangat mudah berkembang dan membunuh penderita.

Walaupun banyak menyerang anak usia balita dan usia tua, bukan berarti penyakit paru-paru tidak menyerang mereka yang berada pada usia produktif. Maka, tetap diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian serta pengetahuan tentang gejala penyakit pneumonia.

Baca juga: Gejala demam berdarah

Ciri Ciri Paru Paru Basah

Penyakit paru paru basah disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada kantung paru-paru. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Biasanya penderita paru-paru basah akan mengalami batuk yang terus menerus yang disertai dengan dahak. Banyak orang menyepelekan hal ini dan menganggap sebagai batuk biasa. Padahal Penyakit pneumonia jika di sepelakan akan semakin berkembang dalam tubuh dan menyebabkan melemahnya imunitas tubuh, akhirnya muncul berbagai penyakit lainnya.

Jadi, perlu melakukan cek up jika seseorang menderita batuk dalam jangka waktu lama. Tidak melakukan pemeriksaan dan menyepelekan paru paru basah, maka ia bisa menjadi penyakit menahun yang tak kunjung sembuh. Untuk lebih jelas, berikut beberapa ciri ciri paru paru basah.

1. Batuk berlendir

Yang merupakan ciri ciri penyakit paru paru adalah batuk diawali dengan batuk kering, kemudian berubah menjadi batuk berdahak. Batuk akibat infeksi paru paru tidak mudah sembuh sebagaimana batuk pada umumnya. Maka, jika tidak dilakukan pemeriksaan sejak dini penderita akan bertambah parah dan susah di obati.

2. Tubuh berkeringat walau cuaca tidak panas

Ciri ciri paru paru basah yang mudah anda tandai adalah keluarnya keringat walau anda tidak sedang bekerja seperti ketika tidur. Keringat yang keluar tidak seperti pada orang normal secara umum, keluarnya banyak sekalipun cuaca tidak panas. Akibat paru paru basah, keringat bisa muncul telapak tangan, telapak kaki dan bagian lain dari tubuh.

Perlu diketahui, bahwa keringat itu bukan karena anda sedang capek namun merupakan respon tubuh terhadap kesehatan. Karena tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen dengan optimal, tubuh kekurangan oksigen kedalam darah maka keluarlah keringat.

3. Sesak napas

Sesak napas adalah gejala kesehatan yangsering terjadi. Namun beda dengan sesak akibat paru paru basah. Sesak disini tetap terjadi dan dirasakan walaupun sudah melakuka istirahat total.

4. Cepat lelah

Ketika seseorang mengalami paru paru basah, ia akan cepat lelah dan capek walaupun tidak bekerja. Ini adalah reaksi tubuh karena kekurangan oksigen dalam tubuh. Tubuh sangat butuh terhadap oksigen untuk bisa berfungsi normal, maka dalam darah harus da oksigen yang terpenuhi.

Baca juga: ciri ciri penyakit jantung

5. Mual dan terasa ingin muntah jika sesekali ingin menarik napas panjang

6. Pusing dan sakit di bagian kepala

Ini juga salah satu ciri ciri paru paru basah. Akibat dari aveoulus tidak bisa mentrasfer oksigen dengan baik ke dalam darah maka otak kekurangan oksigen yang dibutuhkan. Inilah yang menyebabkan seseorang sakit kepala dan terasa pusing.

7. Hilang nafsu makan

Bila kondisi paru paru basah sudah dalam tahap kronis, maka seseorang akan kehilangan nafsu makan dan seiring dengan ini berat badan anda menurun srastis.

Itulah beberapa ciri ciri paru paru basah secara umum, gejala ini bisa saja terjadi pasa siapa saja baik anak-anak atau remaja yang sedang beranjak dewasa bahkan balita sekalipun. Untuk itu anda harus memperhatikan ciri ciri tersebut, jika salah satunya di alami oleh anak atau anda sendiri segera lakukan check up untuk mengetahui kepastian. Untuk lebih jelas lagi, jika penyakit paru paru itu terjadi pada anak-anak biasa ia akan mengalami hal berikut:

  • Anak akan sesak napas
  • Bayi dibawah dua bulana akan bernapas kencang hingga 60 kali dalam satu menit
  • Jika umur bayi diatas dua bulan hingga 1 tahun, kecepatan napasanya bisa 50 kali per menit
  • Sementara jika 1 tahun hingga 5 tahun, ia bernapas bisa 40 kali per menit
  • Ketika anak menderita paru paru basah ia akan bernapas dengan cepat dan hidungnya akan kembang kempis
  • Jika parah, maka ketika berbapas bisa terjadi tarikan pada bagian dada bawah.
  • Nafsu makan anak menurun yang menyebabkan penurunan berat badannya

Demikian ciri ciri paru paru basah secara umum dan gejala yang terjadi pada anak-anak. Gejala itu tidak hanya pada anak-anak, bisa juga terjadi pada orang dewasa maupun tua.

Penyebab Paru Paru Basah

Penyebab paru paru basah secara mendasar adalah virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi pada paru paru, tepatnya pada salah satu kantung paru yang disebut dengan Aveolus. Berikut beberapa penyebab paru paru basah secara khusus.

1. Imunitas tubuh yang kurang baik

Kekebalan tubuh atau imunitas yang baik sangat penting untuk menjadi benteng bagi serangan virus. Namun jika tubuh tidak mempunyai imunitas yang baik maka akan mudah di serang mikroorganisme dan salah satunya adalah penyakit paru paru basah. Paru paru basah disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk kedalam paru-paru baik itu bakteri, virus atau jamur dan terjadilah infeksi. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang tidak kuat. Salah satu mikroorganisme yang menyebabkan paru paru basah adalah Streptococcus pneumoniae. Mikroorganisme ini bersarang pada tenggorokan manusia, jika imunitasnya baik ini tidak perlu dikhawatirkan namun jika tidak baik ia bisa turun ke paru paru.

2. Minum alkohol dan Merokok

Kedua kegiatan ini bisa menurunkan kekebalan tubuh sehingga virus bisa mengeinfeksi paru-paru. Orang yang ingin sehat danberumur panjang tentu sangat anti terhadap rokok dan alkohol, maka jauhilah kedua jenis aktivitas buruk ini demi menjaga tubuh tetap kuat melawan mikroorganisme penyebab penyakit.

Baca: Penyebab Tekanan darah rendah

3. Mengindap Penyakit Tertentu

Jika seseorang menderita suatu peyakit kronis yang menimbulkan kerusakan sistempertahan tubuh, maka ia dengan mudah bisa menderita paru paru basah. Salah satu penyakit itu adalah HIV, jika sudah terkena HIV maka tubuh akan lemah dan kekebalannya juga akan menurun sehingga mudah teriinfeksi berbagai virus termasuk virus penyebab paru paru basah.

Penyebab paru paru basah pada penderita HIV adalah virus Pneumocystis carinii. Sebenarnya, jika tidak mengindak HIV, virus ini tidak berbahaya dalam tubuh, namun jika sudah diserang HIV, maka virus ini akan brutal terhadap kesehatan paru-paru dan mengakibatkan paru paru basah.

4. Hidup di lingkungan Kotor

Lingkungan kotor juga menjadi penunjang bagi paru paru basah. Ini disebabkan mudahnya berkembang mikroorganisme sehingga potensi terinfeksi lebih besar. Maka, jagalah kebersihan dan selalu perhatikan lingkungan terutama jika anda mempunyai anak-anak. Anak lebih mudah terserang penyakit karena imunitasnya masih lemah.

5. Virus RSV

Penyebab paru paru basah selanjutnya adalah virus RSV, ini adalah virus yang menyebabkan paru basah pada anak dan bayi. Virus ini memang tidak berbahaya dan tidak mengancam kesehatan tetapi jika tidak di tangani sejak awal maka bisa juga menyebabkan penyakit kronis.

6. Zat Kimia

Ini adalah zat kimia dari makanan muntahan. Seseorang yang secara tidak sengaja menghirup atau menelan kembali muntahannya, ia sangat beresiko terhadap paru paru basah. Muntahan adalah makanan yang sudah di cerna dalam lambung dan mengandung asam, jika di telan kembali maka cairan asam itu akan masuk ke paru paru dan menyebabkan paru paru basah.

Cara Mencegah Paru Paru Basah

1. Memberikan vaksin Pneumonia

Paru paru basah adalah penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja dan semua kalangan usia. Untuk itu anda harus melakukan vaksinasi ini demi menghidar dari mikroorganisme pneumonia. Jadi, bukan hanya anak dan balita saja yang bisa di vaksinasi dengan obat ini namun semua lapisan usia juga bisa vaksinasi.

2. Antibiotik

Antibiotik bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga resistan terhadap virus. Anda yang belum terkena paru paru basah bisa mengambil antibiotik untuk mencegah penyakit ini datang. Bagi yang sudah terinfeksi paru paru basah, antibiotik berguna untuk mencegah penyebaran dan perkembangan mikroorganisme penyebab paru paru basah.

Baca juga: Penyebab Kanker Payudara

3. Berhenti Merokok

Merokok adalah aktivitas buruk yang mengancam kesehatan. Ketika anda merokok, asap yang mengandung berbagai racun akan terhisap dan masuk kedalam paru paru anda, sedikit demi sedikit akan melumpuhkan kekebalan tubuh dan akhirnya merusak paru paru. Untuk itu, berhenti merokok adalah jalan efektif mencegah paru paru basah.

4. Olahraga Teratur

Selanjutnya, cara mencegah paru paru basah adalah dengan rajin berolah raga. Olahraga bisa memperbaiki imunitas tubuh dan meningkatkannya. Lakuka olahraga minimal 20 menit sehari agar tubuh selalu bergerak dan mengeluarkan keringat yang juga ikut mengeluarkan racun dalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab paru paru basah serta cara mencegahnya. Mengenali gejala dan ciri ciri paru basah sangat penting untuk membantu anda mencegah penyebab paru paru basah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here