Home Ibu Hamil Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil

Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil

48
0
SHARE
Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil

Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil sering kali di anggap sebagai hal yang sepele dan wajah terjadi. Padahal ada juga nyeri perut selama masa kehamilan yang terjadi pada bagian atas perut dan menjadi pertanda masalah yang serius dan berarti.

Jadi, menjadi suatu kepentinagn bagi wanita hamil untuk mengetahui penyebab nyeri perut dan hubungan antara jehamilan dan nyeri perut. Sebagaimana yang dikutip amazine.co, berikut ada sejumlah penyebab yang membuat ibu hamal mengalami rasa nyeri perut.

Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil

1. Kehamilan etopik

Kehamilan jenis adalah kehamilan dimana embrio tidak berada didalam rahim. Kehamilan etopik ini banyak sekali terjadi dengn kasus dimana implantasi embrio terjadi di dalam tuba falopi. Kehamilan ini butuh perhatian segera dan teopat, karena kalau tidak segera diperhatikan, maka bisa saja terjadi pendarahan dan berbagai komplikasi lainnya pada ibu hamil.

2. Keguguran kandungan

Keguguran kandungan biasanya terjadi apda awal-awal kehamilan. Jadi, kalau anda merasakan ada kelainan pada awal kehamilan seperti nyeri pada perut yang disertai dengan lemah, dan disertai pendarahan, maka segeralah menghubungi dokter untuk penangan yang tepat.

Baca: Kurma makanan terbaik ibu hamil

3. Sindrom Hellp

Sindrom Hellp juga menjadi penyebab nyeri perut saat hamil. Ini bisa terjadi pada akhir-akhir masa kehamilan, Hellp sendiri diartikan dengan Hemolysis, elevated liver enzymes and low platelet count. Ketika seseorang mengalami sindrome Hellp maka orang tersebut akan merasakan rasa nyeri yang sangat keras di perut bagian atas sebelah kanan. HELLP juga bisa mengarah pada penyakit preeklamsia.

4. Preeklamsia

Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil lainnya adalah Preeklamsia yang bisanya terjadi pada wanita hamil di semester kedua dan tiga. Preeklamsia juga bisa terjadi pada ibu hamil yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Masalah Preeklamsia bisa mempengaruhi otak, ginjal, hati dan bisa juga berakibat negatif bagi plasenta.

5. Batu empedu

Penyebab nyeri perut pada masa kehamilan selanjutnya adalah batu empedu. kantong empedu adalah tempat terletaknya empedu yaitu cairan yang membantu memecahkan lemak, pada masa kehamilan empedu kurang aktif bekerja, sehingga berpotensi untuk munculnya batu empedu yang pada gilirannya akan mengakibatkan rasa nyeri pada perut.

6. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal juga salah satu hal yang menyebabkan nyeri perut bagi ibu hamil, yaitu pada perut bagian bawah dan pangggul. Penyakit ini kalau sudah menyebar juga bisa menyebakan nyeri perut pada bagian atas

7. Kelebihan gas

Kelebihan gas dan perut kembung selama kehamilan akibat dari tidak bagusnya pencernaan juga memicu terjadinya rasa nyeri pada perut. Selain itu, tekanan yang kuat oleh rahim pada usus dan lambung juga bisa menjadi salah satu rasa nyeri perut pada bagian atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here