SHARE
Penyebab Muntah Darah

Penyebab muntah darah – Ini merupakan gejala yang disebut hematemesis. Dimana penderita mengeluarkan isi perut bersama dengan darah. Darah yang keluar bisa saja karena adanya luka atau gangguan lain dalam perut. Sementara yang keluar dari mulut bisa berwarna merah segar, merah tua, hitam atau coklat tua.

Aneka Warna Muntah Darah

Warna kehitaman

Jika darah yang keluar adalah berwarna hitam atau merah kehitaman, ini menunjukkan bahwa darah tersebut berasal dalam lamsung dan sudah beberapa lama berada disana. Darah yang ada dalam lambung kemudian bercampur dengan asam lambung sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Walaupun ini bukan tanda penyakit parah, namun anda harus memperhatikannya dengan konsultasi pada dokter penyakit dalam. karena jika tidak, penyakit ini bisa berbahaya.

Warna Darah Merah Segar

Warna darah merah segar menunjukkan bahwa darah tersebut baru saja keluar dari tempatnya. Ketika keluar dalam muntah biasanya berjumlah banyak. Artinya, darah segar yang baru keluar kedalam lambung dan langsung keluar bersama muntah. Ini berarti kondisi kesehatan anda dalam keadaan berbahaya. Anda harus segera meghubungi dokter spesialis bagian dalam.

Lihat juga: Manfaat Susu Kedelai

Darah yang keluar disertai dengan BAB yang Juga berdarah

Kalau ini yang anda rasakan maka keadaan anda sudah parah. Darah keluar dari muntah dan BAB anda, ini menunjukkan bahwa luka dalam tubuh bukan hanya di lambubng saja tetapi juga di bagian usus. Kondisi ini disebut dengan hematemesis dan melena. Melena adalah buang air besar disertai dengan darah.

Beberapa Penyebab Muntah Darah

Muntah yang disertai dengan darah yang keluar bisa di sebabkan oleh banyak hal. Berikut kita lihat ulasannya lebih lanjut.

1. Luka di Lambung

Jika anda mengalami muntah darah berarti lambung anda dalam masalah. Tubuh berusaha mengobati keadaan keadaan tersebut. Bila darah yang keluar menghitam, berarti darah lambung anda sudah lama mengendap dan berbaur dengan asam lambung.

2. Pembuluh darah dalam masalah

Sebab lain seseorang bisa mengalami muntah darah adalah adanya luka pada pembuluh darah, dan biasanya terjadi pada gastro intestinal.

3. Radang lambung

Jika muntah darah anda bukan karena adanya luka, bisa saja itu adalah akibat dari adanya radang lambung yang di sebut dengan gastritis.

4. Kanker saluran pencernaan

Penyebab muntah darah selanjutnya adalah adanya kanker dalam sistem pencernaan. Kanker yang terjadi bisa beragam, seperti kanker usus, kanker lambung atau kanker tenggorokan.

Baca juga: Migrain sebelah kanan

5. Gangguan pada pencernaan

Bila terjadi gangguan pada pencernaan seperti oesofaghus maka bisa juga menyebabkan hematemesis. Gangguan pada pencernaan yang biasa terjadi adalah pembesaran pembuluh vena di kerongkongan yang disebut dengan varies oesofaghus. Masalah lain yang mungkin terjadi adalah radang tenggorokan.

6. Pendarahan dalam lambung

Pendarahan yang dimaksud adalah adanya gangguan seperti tukak lambung atau ulkus peptikum. Ini adalah masalah yang umum terjadi dewasa ini.

7. Dieulafoy Syndrome

Selajutnya adalah Dieulafoy Syndrome. Ini adalah kondisi medis dimana arteri menonjol di dinding lambung

8. Mallory weiss tears

Ini adalah kondisi yang terjadi akibat dari luka di lapisan oesofagus. Luka disini terjadi karena tekanan berlebihan dan biasanya lapisan tersebut bisa robek.

9. Mengkonsumsi Obat Secara Berlebihan

Banyak mengkonsumsi obat tertentu juga bisa menjadi masalah bagi lambung dan akhirnya menyebabkan pendarahan hingga muntah darah pada orang tua. Obat yang berlebihan dikonsumsi biasany adalah obat anti nyeri NSAID.

10. Hipertensi portal

Hipertensi portal terjadi ketika seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Lokasi tekanan darah ini adalah pada pembuluh darah portal yang masuk kehati. Jadi, hipertensi bisa menjadi penyebab muntah darah.

11. Cirosis Hati

Ini adalah penyakit hati atau kanker hati parah/kronis yang menyebabkan hati tidak bisa bekerja dan berfungsi dengan baik.

12. Hepatitis alkoholik

Hepatitis adalah penyakit yang berhubungan dengan liver. Keadaan dimana hati sudah akut dan gagal bekerja

13. Gejala TBC

Batuk TBC yang sudah parah juga menjadi penyebab muntah darah. Ini disebabkan karena sistem pernapsan seseorang bermasalah atau rusak lebih-lebih pada bagian paru-paru.

Muntah darah sering terjadi pada orang tua, namun anak-anak juga tidak mustahil terserang masalah seperti ini. Beberapa penyebab muntah darah pada anak adalah sebagai berikut:

14. Bawaan sejak lahir

15. Adanya gangguan pada proses pembekuan darah sehingga darah tidak bisa membeku

16. Alergi seperti terhadap susu

17. Menelan darah secara tidak sengaja seperti mimisan dan akhirnya terjadi muntah yang disertai darah

18. Tertelan benda asing yang berbahaya sehingga merobek lapisan oesofaghus dan lambung

Pengobatan Muntah Darah Secara Alami

Ada banyak cara mengobati masalah pencernaan yang berdarah secara alami. Namun pada kesempatan kami hanya mengulas pengobatan mutah darah dengan mengunakan temlawak.

Resep temulawak berikut ini dipadukan dengan alang-alang bermanfaat untuk mengobati luka lambung.

  • 60 gram alang-alang dan 30 gram temulawak
  • Cuci sampai benar-benar bersih
  • Kemudian potong kecil-kecil
  • Rebus dengan 600 ml air, rebus hingga tersisa setengahnya
  • Tungg dingin, kemudian saring airnya saja
  • Minum dua kali sehari, dengan takaran 150 ml sekali minum

Demikianlah beberapa penyebab munta darah dan cara mengobatinya dengan bahan tradisional. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here