Home Kesehatan Ini Penyebab Munculnya Ketombe di Kulit Kepala

Ini Penyebab Munculnya Ketombe di Kulit Kepala

188
0
SHARE
penyebab munculnya ketombe

Penyebab munculnya ketombe – Ketombe sering membuat kulit kepala gatal dan tidak nyaman. Walaupun anda sudah menggunakan shampoo anti-ketombe biasanya tetap saja ketombe masih muncul dan mengganggu.

Sebenarnya, untuk bisa menghapuskan ketombe dengan baik di kulit kepala kita harus mengetahui penyebab ketome itu dulu, agar cara penumpasannya bisa maksimal. Ada banyak faktor yang membuat ketombe di kulit kepala anda menjadi kebal dan bertahan lama. Berikut kita lihat satu persatu penyebab ketombe di kulit kepala.

Penyebab Ketombe di Kulit Kepala

1. Sering terpapar sinar matahari

Salah satu penyebab munculnya ketombe di kepala adalah akibat sering terpapar sinar matahari. Kulit kepala yang sering terjemur di sinar matahari akan mengering dan sering menyebabkan terkelupasnya kulit kepala bahkan sampai pada iritasi. Kalau ini yang menjadi penyebab ketombe maka hindari hal ini. Anda bisa beraktivitas di luar rumah dengan menggunakan perlindungan khusus pada kulit kepala seperti sunscreen atau menggunakan topi.

2. Kondisi alami kulit kepala

Selanjutnya, ketombe dipengaruhi oleh keadaan kulit kepala yang tidak ada keseimbangan pada kelembaban. Kulit kepala yang sangat lembab akan menumbuhkan jamur penyebab ketombe, begitu halnya dengan kondisi kulit kepala yang sangat kering, juga menjadi ladang subur bagi jamur Malassezia penyebab ketombe. Maka jagalah kestabilan kelembaban pada kulit kepala anda.

Baca: Cara Ampuh Hilangkan Jerawat

3. Menggunakan Shampoo anti ketombe yang tidak cocok

Kemudian, penyebab ketombe adalah akibat dari salah menggunakan shampoo anti ketombe. Banyak mereka yang menggunakan shampoo yang hanya memperbaiki permukaan kulit kepala saja tanpa mencegah ketomeb datang lagi. Ini hanya sementara waktu saja kulit kepala anda bebas dari ketombe, selanjutnya ketombe akan kembali datang.

Kulit kepala laki-laki dan wanita berbeda beda, begitu juga antara satu sama lain juga mempunyai kondisi kulit kepala yang beda sehingga dibutuhkan shampoo yang berbeda dalam mengatasi ketombe di kulit kepala.

4. Keramas dengan air hangat

Hal lain yang menjadi penyebab munculnya ketombe adalah mandi atau keramas dengan air hangat. Air hangat memang bisa untuk membersihkan kotoran lebih maksimal, ini juga akan meneybabkan minyak pada kulit kepala anda akan dibersihkan secara total sehingga kondisi kulit kepala anda menjadi kering dan rentan berketombe.

Jadi, solusinya adalah menggunakan air dingin atau air bersuhu biasa dalam membersihkan kulit kepala.

5. Diet yang tidak seimbang

Berikutnya, yang menjadi penyebab ketombe di kulit kepala adalah kekurangan nutrisi dan gizi sehingga rambut dan kulit kepala tidak sehat. Dalam hal ini anda harus mengkonsumsi makanan yang baik untuk rambut seperti makanan yang mengandung omega 3, makanan sayuran dan makanan berprotein untuk rambut.

Demikianlah beberapa penyebab munculnya ketombe di kulit kepala, semoga bermanfaat. Mengobati ketombe lebih maksimal dengan cara mencegah dan menghindari penyebabnya. Jadi, jauhi berbagai macam penyebab yang bisa memicu munculnya ketombe di kulit kepala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here