BERBAGI
Penyebab Leukosit Tinggi

Untuk mengetahui penyebab leukosit tinggi kita harus melakukan cek atau pemeriksaan darah. Dalam dunia kedokteran sel darah putih atau leukosit tinggi dikenal dengan leukositosis. Ini adalah keadaan kesehatan ketika sel darah putih meningkat di atas 11000 leukosit per mm kubik darah merah pada orang dewasa. Nah, untuk mengetahui suatu leukosit jumlah sudah tinggi tentu kita harus mengetahui jumlah leukosit normal.

Leukosit normal berada pada kisaran 4.000-10.500 sel/mm³ darah merah orang dewasa. Sementara jumlah darah putih normal anak-anak adalah 5.000-15.500 sel/mm³. Sementara, apabila sel darah putih rendah maka disebut dengan leukopenia.

Baca: Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

Leukosit atau sel darah putih memiliki fungsi yaitu melawan infeksi penyakit. Darah putih atau white Blood Cells di produksi dalam sum-sum tulang. Leukosit memiliki beberapa jenis seperti limfosit, monosit, basofil, neutrofil dan eosinofil. Jenis sel darah putih yang paling banyak adalah neutrofil dan kemudian di ikuti oleh limfosit.

Penyebab Leukosit Tinggi

Sebagaimana di paparkan oleh mediskus bahwa leukosit tinggi biasanya di sebabkan oleh infeksi. Padahal, penyebab tingginya sel darah putih tidak hanya oleh infeksi tetapi ad beberapa penyebab lainnya, berikut kita lihat satu persatu:

Infeksi: bila disebabkan oleh infeksi, maka jumlah leukosit meningkat bak infeksi umum seperti demam atau gabungan infeksi dan peradangan dalam sum-sum tulang atau bisa juga karena infeksi virus dan bakteri. Semua ini bisa memicu naiknya lekosit.

1. Alergi: Leukosit tinggi juga berkaitan dengan kekebalan tubuh yang bereaksi seperti hipersensitifitas dan alergi, seperti kasus pada penderita asma dan serangan alergi.

2. Penyakit Sum-sum Tulang: Penyebab melajunya jumlah leukosit juga berkaitan dengan penyakit sum-sum tulang belakang. Leukositosis ini sangat mematikan dan berbahaya jika terjadi.

3. Kanker: Leukosit tinggi akibat kanker biasanya terjadi ketika jumlah sel darah putih sudah lebih dari 30.000 per mm kubil. Nah, ini pasti disebabkan oleh kanker pada sumsum tulang. Diantara penyakit ini adalah leukemia atau kanker darah.

4. Penyebab Lainnya: Penyebab lain yang membuat leukosit seseorang melonjak tinggi adalah stres fisik, dan psikis. Disamping itu, jika seseorang mengkonsumsi obat tertentu seperti lithium, beta agonis, anemia hemolitik dan pernah operasi pengangkatan limpa maka leukositosis juga bisa terjadi.

Nah, itu adalah sebab umum pada peningkatakan leukosit tinggi. Untuk mengetahui sebab khususnya, tentu kita harus melihat jenis leukosit mana yang meningkat apakah limfosit, monosit atau jenis lainnya. Berikut paparannya:

  1. Leukosit Neutrofil jumlah normal: 40-60%, jika melewati disebut Neutrofilia
  2. Leukosit Limfosit jumlah normal: 20-40%, jika melewati disebut Limfositosis
  3. Limfosit Monosit jumlah normal: 2-8%, jika tinggi disebut Monositosis
  4. Eosinofil jumlah normal: 1-4%, jika nilainya terlalu tinggi disebut Eosinofilia
  5. Basofil jumlah normal: 0,5-1%, jika nilai atau jumlah terlalu tinggi disebut Basophilia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here