penyebab kurang darah

6 Penyebab Kurang Darah, Semua Orang Harus Tahu!

Posted on

Dalam kesempatan ini, tanyoe.com akan sharing seputar faktor penyebab kurang darah. Hal ini penting di ketahui semua agar bisa menjauhi penyebab tersebut. Kurang darah atau anemia adalah penyakit yang menjatuhkan penderita dalam bahaya, maka kita harus mewaspadai dari sekarang. Langsung saja kita lihata apa saja penyebabnya.

Penyebab Kurang Darah

1. Kurang mendpatkan gizi

Gizi yang berperan dalam hal ini adalah zat besi dan vitamin B12. Kekurangan kedua jenis nutrisi akan menyebabkan menurunnya tingkat hemoglobin dalam tubuh. Maka mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi terutama sayuran berdaun hijau seperti bayam, ubi, dan sayuran lainnya penting untuk mendapatkan cukup asupan zat besi sehingga terhindar dari kurang darah atau anemia.

2. Pendarahan

Terjadi pendarahan pada tubuh juga menyebabkan kurang darah. Diantaranya adalah keluarnya darah akibat kecelakan, atau terjadinya pendarahan pada usus.Nah, gejala penyakit ini menyebabkan sel darah merah dalam tubuh berkurang sehingga penderita mengalami anemia.

3. Kehamilan

Selanjutnya, hal yang mempengaruhi terjadinya kurang darah adalah kehamilan. Ketika ibu hamil, ia perlu mengasup banyak nutrisi karena tidak hanya penting untuk dirinya melainkan juga perlu untuk janin yang dikandungnya. Maka, kebanyakan wanita hamil mengalami anemia akibat kurang nutrisi atau kurang makanan bergizi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Makanan untuk Mempercepat Kehamilan

4. Mengindap penyakit tertentu

Jika seseorang mengalami dan menderita penyakit tertentu, ia bisa juga mengalami kekurangan darah. Diantaranya penyakit itu adalah kanker, Aids, gagal ginjal dan diabetes.

5. Diet Ketat

Diet ketat adalah perilaku tidak sehat, sama saja dengan menganiaya diri sendiri. Yang di maksud denga deit ketat adalah mengurangi makanan secara drastis demi mendapatkan keindahan bentuk tubuh. Ini bisa menyebabkan seseorang kekurangan gizi dan nutrisi sehingga mengalami kekurangan darah.

Baca juga: Manfaat Bengkoang untuk Diet

6. Menstruasi

Selanjutnya, penyebab kurang darah adalah menstruasi yang tidak sehat. Jika periode menstruasi tidak sehat seperti darah keluar terus menerus dan dalam waktu yang tidak jelas atau tidak teratur. Ini bisa membuat seseorang merasa pusing dan kekurangan darah. Jika volume darah kurang, maka tensi darah juga biasanya akan ikut rendah.

Demikianlah beberapa penyebab kekurangan darah yang harus di waspadai sehingga gejala penyakit kurang darah tidak sampai terjadi pada kita. Berikan informasi ini ke teman dn keluarga agar mereka juga terhindar dari penyakit kurang darah.