X

9 Penyebab Kanker Tulang, Jenis, Gejala dan Diagnosis

Penyebab kanker tulang – Kanker adalah penyakit mematikan yang menjadi momok menakutkan hingga kini. Penyakit kanker bisa menyerang bagian tubuh mana saja termasuk Tulang. Ketika sel kanker menyerang tulang, maka di sebut dengan kanker tulang. Selain kanker tulang, disebut juga dengan tumor tulang.

Penyebab Kanker Tulang

Kanker muncul akibat berbagai perubahan pada tubuh manusia, namun hingga kini tidak diketahui dengn jelas apa penyebabnya. Namun, para pakar mengatakan kanker disebabkan oleh adanya perubahan pada DNA sebagai pengatur sel, sehingga terjadi pertumbuhan sel tidak normal atau diluar kendali DNA. Sel-sel yang tidak normal ini bertumbuk dan berubh menjadi tumor serta menyerang bagian tulang didekatnya. Tumor ganas, jika sudah parah, maka ia akan menyerang bagian tubuh lainnya tau membesar.

Berikut beberapa faktor penyebab kanker tulang

  • Pertumbuhan yang cepat pasa masa pubertas
  • Sering berobat dengan terapi radiasi atau pengobatan dengan obt tertentu
  • Faktor genetik, di wariskan dari keturunan di atasnya
  • Sering terpapar sinar radiasi
  • Pernah mengalami kanker tertentu, yaitu kanker mata sejak kecil yng disebut retinoblastoma
  • Mengalami penyakit hernia umbilitikus sejak lahir
  • Mengalami penyakit paget, melehanya tulang

Itulah beberapa penyebab kanker tulang yang biasa terjadi. Biasa terjadi karena beberapa faktor di atas atau karena salah satu keadaan di atas.

Setelah kita tahu penyebab kanker tulang, mari kita lihat apa saja jenis-jenis kanker tulang yang menakutkan itu.

Jenis-Jenis Kanker Tulang

Secara umum kanker tulang dibagi kedalam dua jenis yaitu kanker tulang skunder dan kanker tulang primer.

a. Kanker tulang primer

Ini adalah jenis kanker tulang yang terjadi langsung dari tulang itu sendiri. Kanker ini berkembang langsung didalam tulang atau penyebabnya langsung berasal dari tulang itu sendiri. Itulah alasannya disebut dengan kanker primer. Berdasarkan sifat kaner yang menyerang, maka kanker ini di kelompokkan kedalam 3 jenis.

  • Chondrosarcoma, ini adalah kanker tulang yang menyerang bagian atas kaki, panggul dan bahu. Sel kanker ini berasal dari tulang rawan.
  • Osteosarcoma, Ini adalah kanker yang terjadi dari sel osteoid dari tulang, ia terjadi pada lengan dan pada lutut
  • Ewing sarcoma, Ini adalah jenis kanker primer yang menyerang lengan, kaki, tulang panggul dan tulang punggung. Sel kanker tulang jenis ini berasal dari jaringan syaraf primitif pada jaringan lunak. Contohnya adalah pada jaringan fibrosa, lemak, pembuluh darah, dan jaringan otot.

b. Kanker Tulang Skunder

Kanker tulang skunder adalah kanker yang awalnya berasal dari bagian tubuh lain, kemudian kankernya menjalar hingga ke tulang dan menyerang bagian tulang. Itulah sebabnya di katakan dengan kanker tulang skunder karena sel kanker tidak berasal dari tulang itu sendiri.

Gejala Gejala Kanker Tulang

Setelah kita paham tenang penyebab kanker tulang dan jenis-jenisnya, kini kita juga perlu megetahui gejala kanker tulang sehingga penangannya bisa lebih cepat.

Secara umum gejala kenker tulang adalah timbul rasa nyeri pada tulang, bengkak, batuk-batuk, sakit pada dada dll. Untuk jelas tentang gejalanya, berkut kita lihat ulasan lebih lanjut.

1. Nyeri Tulang

Salah satu gejala kanker tulang adalah munculnya rasa nyeri pada tulang yang doserang oleh kanker. Semakin besar dan lama pertumbuhannya, maka sakit pada tulang akan semakin terasa terutama ketika malam hari dan ketika kaki atau bagian tubuh lain di gerak-gerakkan. Nyeri tulang tanda kanker ini bila terjadi pada orang dewasa kadang disalah artikan sebagai radang sendi. Namun, jika terjadi pada anak-anak juga bisa di salah artikan, karena sering di anggap sebagai nyeri akibat pertumbuhan tulang. Maka, jalan terbaik adalah memeriksa tulang anda pada ahlinya agar anda tahu apa sebenarnya yang sedang terjadi.

2. Kerapuhan tulang

Selanjutnya, gejala kanker tulang adalah mengalami kerapuhan tulang, bahkan hanya karena urusan kecil saja tulang bisa patah. Jadi, penyakit kanker yang menyerang akan membuat tulang menjadi semakin lemah dan rapuh sehingga mudah patah karena tulang bisa tumbuh sebagaimana mestinya.

3. Tulang bengkak

Selanjutnyan yang termasuk dalam gejala kanker tulang adalah terjadi pembengkakan pada tulang dan sekitarnya. Biasanya pembengkakan ini akan nampak keluar karena kulit juga membengkak. Jika pembengkakan ini terjadi pada persendian maka akan sangat sulit di gerakkan.

4. Cepat Lelah

Cepat lelah juga bisa menjadi salah satu tanda dan gejala kanker tulang. Tulang sangat berperan terhadap berbagai aktivitas pada tubuh karena ia menopang tubuh. Jadi, ketika tulang dalam keadaan tidak sehat dan mengalami masalah seperti diserang kanker, maka tubuh akan sangat cepat lelah dalam berbagai aktivitas.

Baca juga: Benjolan di payudara

5. Berat badan menurun

Seseorang yang menderita kanker tulang maka tidak hanya tulang saja yang merasakannya, namun tubuh akan kehilangan nafsu makan sehingga tubuh sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan berat badan. Namun, menurunnya berat badan bukanlah satu-satunya gejala kanker tulang. Maka, perlu melakukan pemeriksaan pada dokter untuk mengetahui dengan jelas penyakit yang di derita.

6. Sering Mengalami Demam

Gejala kanker tulang selanjutnya adalah mengalami demam. Demam yang dirasakan akan sangat menggigil dan tak tertahankan. Demam yang merupakan tanda dan gejala kanker tulang adalah demam yang berkelanjutan atau mempunyai frekuensi yang sangat rapat. Jika anda sering mengalami demam menggigil hingga beberapa kali dalam sebulan, maka periksalah kesehatan anda agar anda tahu apa sebenarnya yang sedang di alami tubuh.

7. Sering berkeringat

Berkeringat sebenarnya hal yang wajar bahkan sering di anggap sebagai keadaan sehat bagi seseorang. Namun jika berkeringat sudah terlalu sering dan tanpa alasan apa2, maka patut di curigai. Berkeringat yang menjadi gejala kanker tulang berkeringat tanpa ada aktivitas terutama di malam hari. Jika anda seperti itu, sebaiknya anda memeriksa kedokter untuk mengetahui tepat penyakit apa yang anda derita.

Baca: ciri ciri kanker mulut

8. Terdapat benjolan pada tulang

Gejala yang sangat khas dan khusus adalah munculnya benjolan pada tulang. Kanker ini juga di katakan dengan tumor tulang sehingga tulang tersebut pasti memunculkan benjolannya.

9. Menurunnya Kepekaan

Ini juga termasuk gejala kanker yang sangat khas. Seseorang yang menderita kanker tulang ia akan mengalami penurunan pada indera peraba. Masalah ini terutama terjadi pada keadaan dingin atau panas, ia akan merasa kurang peka terhadap keadaan tersebut, begitu juga ketika seseorang meraba atau menyentuh suatu benda.

Diagnosis Kanker Tulang

Diagnosis di perlukan untuk mengetahui apakah seseorang itu mengindap kanker atau tidak. Ini adalah satu satunya cara tepat untuk memeriksa keadaan seseorang. Diagnosis kanker tulang bisa di lakukan dengan beberapa cara Yaitu:

1. Tes Darah

2. Sinar-X

3. Bopsi

4. CT Scan

Ini adalah diagnosis untuk megetahui apakah sel kanker sudah menyebar atau tidak

5. MRI Scan

Tes MRI dilakukan untuk mengetahui seberapa parah penyakit kanker yang diderita seseorang.

Categories: Kanker Tulang