SHARE
Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara bisa bermacam jenisnya, ada yang bisa di cegah dan ada juga penyebab kanker yang tidak bisa dicegah karena ini berkaitan dengan genetika. Namun, wanita bisa berhati-hati dan mewaspadai segala penyebab yang mungkin dicegah. Berikut kita lihat apa saja penyebab umum kanker payudara wanita.

Penyebab Kanker Payudara Secara Umum

Secara umum penyebab kanker payudara 8 ada delapan macam yang berkaitan dengan genetika, sebagiannya bisa dicegah dan yang lainnya tidak bisa. Ini harus di ketahui oleh setiap wanita untuk mengurangi resiko kanker.

1. Faktor Kelamin

Faktor ini sudah semua mengetahuinya dan wanita adalah makhluk yang paling beresiko terhadap penyakit ini. 100% penderita kanker ini adalah dari kalangan wanita.

2. Faktor usia

Selanjutnya, yang menjadi penyebab kanker payudara adalah faktor usia. Penyakit ini mayoritas menyerang wanita di atas usia 50 tahun. Perbandingannya adalah 8 dari 10 orang penderita berasal dari usia di atas 50 tahun. Inilah yang menyebabkan wanita di Inggris melakukan screening terhadap payudara setiap tiga tahun sekali.

Baca juga: Penyebab muntah darah

3. Riwayat kanker dalam keluarga

Bila anda mempunyai riwayat kanker dalam keluarga seperti ibu atau kakak atau anak anda yang mengalaminya. Maka resiko terkena kanker bagi anda lebih besar. Memang sebagian penderita tidak menurunkan gen yang mengakibatkan ini namun sifat gen tertentu dalam tubuh bisa menyebabkan kanker.

Solusinya adalah melakukan screening setiap setahun atau 3 tahun sekali untuk mengetahui kondisi dan keadaan kesehatan payudara anda.

4. Faktor Ras

Mungkin ini agak aneh dan bisa di pertimbangkan. Berdasarkan informasi dari National Breast Cancer bahwa “bule” lebih dominan terkena kanker payudara dibandingkan dengan ras lainnya.

5. Riwayat kesehatan pribadi

Ini berkenaan dengan kesehatan anda sendiri, jika anda sudah pernah diserang kanker payudara dan sudah sembuh. Maka kemungkinan untuk mengenai pada payudara yang lain sangat besar. Jadi, bagi yang sudah sembuh dari kanker payudara sebaiknya selalu mengontrol dan menjaga kesehatannya.

6. Masa reproduksi dan menstruasi

Selanjutnya, penyebab kanker payudara adalah masa reproduksi dan menstruasi. Jika anda sudah mengalami menstruasi di usia dini seperti pada usia 12 tahun misalnya dan mendapatkan masa menopause di usia lebih dari 50 tahun atau 55 tahun, maka anda lebih besar resiko terhadap kanker payudara.

Selain itu, wanita yang tidak punya anak dan melahirkan pada usia senja juga mengalami peningkatan terhadap resiko kanker payudara.

7. Perubahan gen

Jika dalam keluarga anda mempunyai riwayat kanker payudara maka anda harus mengambil tes genetika. Jika diketahui bahwa gen BRCA1 dan BRCA2 mengalami perubahan maka anda lebih beresiko terhadap kanker payudara.

8. Padat tidaknya payudara

Payudara yang lebih padat adalah mengandung jumlah sel payudara yang lebih banyak. Ini lebih tinggi resiko untuk terjadi perubahan sel dalam payudara tersebut. Beda dengan mereka yang tidak payudaranya, tentu sel-sel yang ada didalamnya juga lebih sedikit.

Baca: Ciri kanker mulut

Dari beberapa penyebab kanker payudara yang telah kita sebutkan diatas beberapa diantaranya adalah tidak mungkin di cegah. Yang masuk kedalam kategori ini adalah usia, ras, riwayat keluarga, menstruasi dini, telah menopause.

Selain dari faktor genetika seperti diatas, ada juga faktor yang menyebabkan kanker payudara berasal dari lingkungan hidup masing-masing. Berikut ulasannya!

9. Akibat radiasi

Salah satu faktor di luar genetika adalah radiasi. Radiasi seperti sinar-X dan computerized tomography (CT) scan beresiko terhadap kanker payudara. Jadi, kalau anda mengobati penyakit dengan menggunakan sinar radiasi tersebut, lebih-lebih jika di lakukan pada area dada sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter.

10. Berat badan

Maksud berat badan ini adalah kelebihan berat wanita dimasa menopause yang menyebabkan tubuh banyak memproduksi hormon estrogen. Kelebihan hormon ini dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya sel kanker payudara.

11. Implan payudara

Sebuah penelitian yang di muat dalam BMJ (British Medical Journal) May 2013 mengatakan bahwa wanita yang menggunakan implan sangat beresiko terhadap kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya. Kalau anda ingin meminimalisir penyebab kanker payudara maka hindari melakukan implan terutama pada area dada.

12. Minum alkohol

Alkohol adalah minuman yang tidak ada kebaikan padanya. Mereka yang suka menenggak minuman keras dan minuman beralkohol lainnya lebih besar resiko terhadap kanker payudara. Alkohol adalah zat yang bisa merangsang munculnya sel tidak normal dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa dari 200 wanita yang setiap harinya minum alkohol ditemukan 3 orang yang terjangkit kanker payudara. Ini beda dengan 200 wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali.

13. Pekerjaan tertentu

Selanjutnya faktor penyebab kanker payudara adalah pekerjaan. Sebuah penelitian di Perancis menyebutkan bahwa wanita muda yang belum hamil dan bekerja di malam hari lebih beresiko terhadap mereka yang sudah punya anak. Selain itu, beberapa bentuk pekerjaan juga bisa menyebabkan kita terkontak dengan zat pemicu kanker yaitu karsinogen. Diantara pekerjaan tersebut adalah bekerja di bar, perusahaan plastik, atomotif dan bekerja di perusahaan pengemasan makanan kaleng.

Penyebab kanker payudara bisa muncul dari berbagai hal, baik dengan sebab genetika yang tidak bisa di atasi atau dengan penyebab lainnya yang bisa di kontrol dan dijaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here