Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus

Posted on

Penyakit yang disebabkan oleh virus – Penyakit ini sangat sering terjadi pada manusia bahkan sebagian besar penyakit manusia adalah disebabkan oleh virus. Maka pada kesempatan ini kami menghadirkan daftar penyakit yang terjadi akibat infeksi virus.

Perlu diketahui bahwa lingkungan kehidupan manusia ini berada dalam tempat hidup patogen. Jadi, sebaik apapun kita menjaga kebersihan agar terhindari dari virus dan patogen, tetap saja kehidupan kita berpotensi mendapatkan serangan patogen. Jadi, manusia ini tidak bisa menghindar dari patogen namun bisa melawan patogen itu. Lanjutkan bacaan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus.

Apa Itu Patogen

Berbicara tentang penyakit yang disebabkan oleh virus, maka kita harus tahu apa itu patogen. Patogen adalah agen biologis yang menjadi inang penyakit. Nama lain dari patogen biasa di sebut dengan mikroorganisme. Jadi patogen ini mempunyai banyak ragam dan macamnya. Diantara nama yang umum kita dengar adalah virus, fungi, bakteri, protozoa, cacing. Diantara sekian banyak patogen, yang berukuran kecil atau mikroskopik adalah virus.

Penyakit yang di sebabkan oleh virus terjadi karena ia ketika masuk kedalam tubuh manusia, ia akan berkembang biak. Kalau di luar tubuh makhluk hidup ia tidak bisa berkembang biak. Itu disebabkan virus itu adalah parasit, maka perkembangbiakannya membutuhkan inang.

Ironisnya, ketka virus berkembangbiak pada inang (tempat), ini akan merugikan inangnya. Virus masuk kedalam tubuh manusia akan membuat manusia itu merugi karena kesehatannya terancam. Jadi, jadi ini bukan simbiosis mutualisme karena yang di untungkan hanya satu pihak saja yaitu virus. Nah, sampai disini anda pasti sudah tahu tentang virus secara umum. Sekarang kita ulas lebih jauh tentang peyakit yang disebabkan oleh virus.

Baca juga: Penyebab Kanker Tulang

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus

Penyakit Karena Infeksi Virus

Anda perlu tahu apa saja penyakit itu, sehingga lebih waspada dengn lingkungan anda:

1. Penyakit Ebola

Ebola adalah penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian, ia disebabkan oleh virus, dan penderitanya akan mengalami pendarahan di seluruh tubuh. Hingga sekarang ebola belum ada obatnya. Itulah sebabnya di sebut penyakit mengerikan saat ini.

Penyakit ebola yang disebabkan oleh virus ini termasuk penyakit menular. Cara penularannya adalah denga terjadi kontak langsung antara penderita dengan orang lain. Rata-rata penderitanya meninggal dunia pada waktu 6 hingga 20 hari terinfeksi.

2. Penyakit Tifus

Selanjutnya, penyakit yang disebabkan oleh virus adalah tifus. Tifus termasuk penyakit yang kerapkali di alami orang Indonesia terutama mereka yang tidak menjaga kebersihan lingkungan. Tifus disebabkan oleh virus salmonella dan menyerang bagian pernapsan.

Diare, kram perut, muntah, mual, sakit kepala, dan demam adalah beberapa gejala tifus yang sering terjadi. Salah satu cara mencegah serangan tifus adalah dengan melakukan suntikan vaksin tifus pada usia balita dan akan di ulangi ketika dewasa nanti.

Baca: Penderita Ablasio Retina

3. Penyakit Enchepalis

Enchepalis juga termasuk penyakit yang terjadi gara-gara infeksi virus. Ini memang jarang di dengar, namun penyakit yang disebabkan oleh virus Semliki Forest benar adanya. Cara masuk kedalam tubuh adalah lewat saluran darah dan virus ini menyerang otak penderita. Infeksi bakteri meningitis juga bisa menjadi salah satu penyebab penykit enchepalis, kemungkinan lain adalah komplikasi banyak penyakit.

Efek mengerikan bagi penderita penyakit ini adalah otak mengalami bengkak dan akan penuh dengan cairan.

4. Penyakit HIV AIDS

Aids adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebut Human Immuno Deficiency Virus (HIV). Virus ini menyerang antibody seseorang sehingga penderita kehilangan kekebalan tubuh. HIV AIDS bisa menular melalui cairan tubuh penderita, jarum suntuk bekas menyuntik penderita, berhubungan badan, dan janin yang dikandung wanita penderita aids. Virus HIV termasuk virus yang perkembangannya sangat cepat, sehingga menular dengan cepat.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus belum ditemukan vaksinnya hingga kini, namun ada juga yang sudah ada obatnya. Maka, setiap ada kelaian yang dirasakan pada tubuh, segeralah melakukan pemeriksaan agar masalah anda diketahui dengan pasti.