Home Ibu Hamil Pentingnya Yodium bagi Ibu Hamil

Pentingnya Yodium bagi Ibu Hamil

67
0
SHARE
manfaat manggis untuk ibu hamil

Pentingnya Yodium bagi Ibu Hamil. Ibu hamil selalu akrab dengan yang namanya makanan dan buah-buahan yang bernutrisi, kandungan asam folat dan zat besi menjadi pembicaraan rutin diseputar kehamilan. Tetapi jarang mendengar bahwa ibu hamil harus cukup mengkonsumsi yodium. Padahal peranan yodium sangat penting, terutama bagi ibu hamil.

Yodium adalah zat yang memproduksikan hormon tiroid, dan ini adalah komponen penting bagi perkembangan otak bayi. Yodium didapat dari garam fortifikasi yodium.

Pentingnya yodium bagi ibu hamil berhubungan dengan pertumbuhan andak lebih lanjut, kalau ibu hamil kekurangan zat ini maka anak berpotensi besar tumbuh pendek, keterlambatan mental dan kurangnya kinerja otak.

Berdasarkan studi yang dilakukan di American Academy of Pediatrics, mengungkapkan bahwa berkembanganya makanan olahan dan banyaknya masyarakat mengkonsumsi makanan olahan menjadi pemicu kurangnya yodium pada ibu hamil. Karena makanan olahan tidak mengandung yodium.

Jadi, ibu hamil dan ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung 150 mikrogram yodium, dan menggunakan garam beryodium dalam makanan sehari-hari. Ibu hamil dan menyusui juga perlu mengasup yodium dari makanan, sehingga total konsumsi mereka di antara 290 hingga 1.100 mikrogram per harinya.

Pentingnya yodium bagi ibu hamil tidak hanya untuk perkembangan pertumbuhan bayi seperti otak, tetapi juga bermanfaat untuk memprotek bayi dari berbagai gangguan dan ancaman lingkungan tertentu. Seperti ancaman asap rokok bayi bayi dan air dengan kandungan nitrat yang tinggi. Demikian dikutip kompas.COM.

Baca: Manfaat manggis untuk ibu hamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here