Home Bumil Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Ibua Hamil

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Ibua Hamil

42
SHARE
olahraga Bagi Kesehatan Ibu hamil
@sukalive.com

Olahraga Bagi Kesehatan Ibu hamil. Selama masa kehamilan olahraga adalah hal penting dilakukan ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil masih merasa takut dengan olahraga karena dikhawatirkan berbahaya bagi janin. Padahal Olah raga selama kehamilan penting dilakukan, disamping baik untuk kesehatan ibu juga baik untuk janin dan tidak membahayakan janin. Namun, jenis olahraga harus diperhatikan oleh dan sesuai dengan anjuran dokter atau bidan.

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan ibu hamil bisa menjaga tubuh tetap fit, mengontrol darah dari tekanan darah tinggi, menghindari diabetes gestational, mengontrol hormon dan bisa mempersiapkan kelahiran dengan baik. Berikut beberapa hal yang menyebabkan anda yang sedang hamil merasa penting untuk berolahraga.

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Ibu Hamil

1. Menstabilkan hormon

Selama masa kehamilan hormon dalam tubuh tidak stabil, sehingga ini bisa mempengaruhi suasa hati anda yang berubah-ubah, atau sering menyebabkan anda cepat marah. Untuk itu, anda bisa merilekkan tubu dan berolah raga ringan. Olahraga akan membuat anda tenang dan santai serta tidak ada perasaan cemas yang datang.

2. Bisa mengembalikan berat badan seperti waktu sebelum hamil

Wanita hamil yang telah melahirkan biasanya akan susuah untuk bisa kembali seperti semula waktu sebelum hamil. Maka sangat dianjurkan berolahraga selama kehamilan. Karena menurut pakar ini akan sangat memungkinkan anda bisa mengembalikan berat badan anda seperti semula. Karena dengan berolahraga kesehatan akan terjaga dan berat badan juga akan terjaga.

3. Bisa mengurangi resiko diabetes gestational

Ibu hamil yang mengalami penambahan berat badan yang berlebihan biasanya akan mengindap diabetes gestational. Untuk itulah pentingnya olahraga bagi kesehatan ibu hamil. Dengan rutin berolahraga, maka berat badan terjaga tetap dalam kondisi sehat, dan akan terjauh dari diabetes.

4. Mengatasi rasa nyeri punggung

Selama masa kehamilan sangat banyak orang merasakan sakit dipinggung atau nyeri punggung. Sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu hal yang disarankan adalah berolahraga selama kehamilan.

Nyeri punggung dengan adanya aktivitas fisik bisa dikurangi dan terkadang bisa dihilangkan.

5. Bisa Tidur Lebih Nyaman

Kalau sering susah tidur selama kehamilan, coba atasi dengan olahraga. Olahraga dengan beberapa gerakan fisik ringan bisa membuat anda lebih rilek dan enak tidur. Maka, jangan takur olahraga, hanya saja konsultasikan kedokter mengenai olahraga yang baik untuk anda.

6. Menguatkan tubuh dan pikiran

Kekuatan tubuh sangat penting dalam detik-detik menghadapi persalinan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa olahraga selama kehamilan bisa mengurangi waktu persalinan. Bukan hanya itu, pemulihan sakit setelah kehamilan juga bisa lebih cepat karena tubuh yang berolahraga selalu sehat dan fit.

Baca: Manfaat daun kemangi

7. Menguatkan pikiran janin

Pentingnya olahraga bagi kesehatan dalam masa kehamilan juga bisa menguatkan otak janin, jadi bukan hanya otak ibu hamil tetapi juga berpengaruh pada otak janin. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti di University of Montreal pada tahun 2013, disini menunjukkan bahwa 20 menit latihan moderat 3 kali seminggu mampu meningkatkan kekuatan otak bayi.

itulah beberapa alasan pentingnya berolahraga bagi kesehatan ibu hamil. Semoga informasi ini bisa mengubah paradikma kebanyakan orang yang beranggapan bahwa olahraga selama kehamilan berbahaya bagi janin. Tidak berbahaya karena olahraga yang dilakukan berbeda dengan olahraga yang kebiasaan dilakukan oleh orang tidak hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here