Home Umum Pantai Siung, Keindahan Alam Indonesia, Yogyakarta

Pantai Siung, Keindahan Alam Indonesia, Yogyakarta

62
keindahan pantai siung
pantainesia.com

Pantai siung, demikian namanya. Objek wisata pantai Yogyakarta ini masih sedikit yang tahu. Padahal keindahannya mampu memikat siapa saja yang datang. Jika anda berpikir jogja hanya kota seni yang kaya budaya, anda salah besar karena keindahan alam Yogyakarta tidak hanya melulu tentang budaya, candi borobudur atau prambanan. Tetapi, keindahan pantainya juga bisa memukau anda, salah satunya adalah pantai siung ini.

pantai siung
jejakpiknik.com

Mengenal Pantai Siung

Sebelum kita menelisik lebih jauh tentang pantai siung, mari kita kenal lebih jauh tentang Yogyakarta. Namanya berasal dari bahasa jawa yaitu Yogjakarta, namun aksen ini berubah menjadi jogja karena orang jawab biasa mengubah huruf Y menjadi J. Jogjakarta berada di tengah tengah jawa dan kota ini terkenal dengan seninya dan budaya yang beragam.

Pantai siung yang kita bicarakan ini berada di daerah Gunung kidul Jogjakarta, sekarang jalan menuju kesana sudah sangat bagus. Kendaraan juga sangat mudah bahkan anda bisa memiliki kendaraan apa yang ingin anda gunakan. Pantai siung ini adalah hanya salah satu keindahan pantai di yogyakarta, dan masih banyak tempat lain memiliki keindahannya.

pantai siung pasir putih
jejakpiknik.com

Memang, pantai siung tidak terkenal sebagaimana parang tritis, namun bukan berarti pantai ini tidka indah. Bahkan, pantai siung juga temasuk pantai yang terkenal dengan kebersihannya. Jika anda ingin menghabiskan akhir pekan, sepertinya pantai yang nyaman ini bisa menjadi laternatif bagi keluarga. Tak hanya pantai saja yang anda nikmati, namun bebatuan besar di penggir pantai juga menambahka keindahan hari libur anda.

Lihat juga: 50 Gambar Pemandangan Indonesia

Asal Mula, Sejarah Nama Pantai Siung

Pantai siung sangat luas sekali, sehingga cocok untuk berbagai kegiatan termasuk kegiatan olahraga seperti sepak bola anak remaja. Pantai ini juga sangat indah dengan batu karang raksasa yang runcing-runcing. Bentuk batu karang yang menjorok ke arah laut dan seperti bergerigi-girigi ini dianggap seperti bentuk kera atau siung wanara. Inilah asal muasal pantai ini di namakan dengan siung. Ini adalah cerita warga setempat yang percaya dengan sejarah masa lampau pantai siung.

pantai siung pasir putih
jejakpiknik.com

Bongkahan karang rakasasa yang menjorok kepantai ini juga si manfaat sebagai tempat untuk panjat tebing. Awalnya tahun 1989 ada orang Jepang yang mencoba memanjat tebing patai siung ini, kemudian menarik warga setempat untuk menjadi karang besar itu sebagai tempat untuk memanjat tebing. Bahkan hingga sekrang tempat ini terus diminati untuk olahraga panjat tebing.

Ambil poto pantai siung
pantai siung bagus untuk dokumentasi keindahan alam
pantai siung pasir putih
jejakpiknik.com

Olahraga ini ternyata terus berkembang bahkan pantai siung menjadi lokasi indah untuk olahraga ini. Bahkan tak tanggung-tanggung, pantai ini menjadi tempat idola sebagai medan bagi Asian Climging Gathering yang di lakukan oleh 250 peserta dari dua benua, Asia dan Eropa. Orang luar menyebutnya dengan siung beach dan salah satu tempat panjat tebing terindah di Yogyakarta.

Sebelum dijadikan sebagai medan pnajat tebing, pantai siung tidak begitu ramai, apalagi jalan-jalan waktu itu belum terbarukan. Pantai kelihatan kotor dan tidka begitu menarik. Namun di tahun 2000 lalu, tempat ini resmi di jadikan sebagai tempat olahraga panjat tebing, sejak inilah banyak masyarakat yang ingin menikmati langsung aktivitas di pantai siung, dan sedikit demi sedikit kebersihannya pun terjaga. Sebenarnya, tak hanya warga setempat saja yang tertarik namun wisatawan asing juga tertarik untuk olahraga ini bahwa banyak bule yang datang dan menginap di pantai siung ini.