SHARE
obat radang tenggorokan

Banyak orang sudah menyediakan obat radang tenggorokan dengan berbagai macamnya. Melon, madu, garam adalah beberapa di antar sekian banyak obat untuk mengobati radang tenggorokan. Jadi, menggunakn bahan alami untuk obat sama mujarabnya dengan menggunakan obot modern bahkan dalam beberapa keadaan obt modern jauh lebih baik karen bebas efek samping. Kecuali jika tenggorokan yang di derita sudah merupakan komplikasi berat, ini tentu harus mendapatkan penangan medis dengan baik.

Sakit tenggorokan di sebabkan oleh beberapa penyebab seperti infeksi kuman dan alergi. Jika penyakit tenggorokan anda di sebabkan oleh infeksi kuman seperti virus, anda tidak perlu menggunakan antibiotik. Maka, obat radang tenggorokan cukup dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah.

Baca juga: Ciri Ciri Penyakit Ablasio Retina

Daftar Obat Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan sangat menysusahkan dan membuat bayak aktivitas tidak bisa di lakukan dengan baik. Untungnya sakit tenggorokan masih bisa di obati dengan banyak obat alami yang tersedia di rumah. Berikut beberapa obat radang tenggorokan yang bisa menghilangkan gejala tenggorokan.

1. Cengkeh

Salah satu obat alami untuk mengobati tenggorokan adalah cengkeh. Cengkeh adalah rempah yang kaya anti peradangan dan anti bakteri sehingga bagus untuk mengobati peradangan secara perlahan. Cara membuat obat sangat mudah, anda cukup menumbuk cengkeh atau membeli cengkeh bubuk yang tersedia di pasar tradisional. Kemudian larutkan dengan segelas air hangat. Gunakan air larutan bubuk cengkeh untuk berkumur-kumur.

2. Jeruk Lemon

Selnjutnya adalah jeruk lemon, sama halnya dengan jeruk nipis, buah ini kaya antioksidan, astringen dan anti bakteri. Jeruk lemon bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam lambung, sesak napas, dan bisa bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan. Cara membuat ramuan untuk menghilangkan sakit tenggorokan sangat mudah. Campurkan sesendok jeruk nipis dengan segelas air hangat.

Minuman ini akan membunuh kuman di tenggorokan dan bisa menghilangkan peradangan. Minum segelas air larutan lemon hangat juga bisa menghilangkan dahak dan lendir pada tenggorokan sehingga membuat tenggorokan menjadi lega kembali.

3. Mengkonsumsi madu

Madu adalah minuman dari alam yang terjadi lewat proses lebah. Cairan madu mengandung banyak nutrisi penting sehingga madu dikenal sebagai obat untuk segala penyakit. Madu telah di teliti mengandung anti bakteri, anti virus, dan anti jamur sehingga mampu melawan infeksi jamur, kuman di tenggorokan.

Cara membuat ramuan dari madu sangat mudah, campurkan sesendok makan madu dengan secangkir air hangat, bisa juga dicampurkan kedalam air teh atau minuman perasan jeruk nipis. Namun, perlu di perhatikan bahwa madu tidak boleh di campurkan kedalam air panas karena bisa merusak nutrisinya. Campurkan saja dengan air hangat.

4. Menggunakan Garam

Garam adalah bumbu msakan yang selalu digunakan, masakan tanpa garam sungguh tidak punya rasa dan hambar. Jadi garam merupakan bumbu luarbiasa yang tidak hanya baik untuk masakan namun juga sangat bermanfaat sebagai obat radang tenggorokan.

Cara membuat obat radang tenggorokan adalah dengan menyediakan segelas air hangat dan 1/4 sendok garam. Jangan menggunakan air dingin karena hasilnya tidak akan efektif. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan juga 1 sdm listerine. Gunakan obat sederhana ini untuk berkumur-kumur bukan untuk di minum. Lakukan beberapa kali hingga radang tenggorokan menjadi sembuh.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Putih

5. Sop Ayam

Salah satu makanan enak yang bisa mengobati tenggorokan adalah sop ayam. Sop ayam mengandung natrium yang berguna untuk meredakan sakit radang pada tenggorokan. Ini sangat baik karena selain berguna untuk obat juga bisa menjadi menu masakan yang enak buat keluarga. Sop ayam juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan nafsu makan keluarga sehingga nutrisinya tercukupi.

6. Segelas teh hangat

Siap sangka kalau teh hangat juga ampuh sebagai obat radang tenggorokan. Teh mengandung anti oksidan dan menyegarkan bagi tenggorokan manakala diminum dalam keadaan hangat. Akan lebih nikmat dan optimal, jika teh hangat di campurkan dengan perasan lemon dan madu, karena semua kombinasi ini mengandung anti bakteri untuk menyembuhkan peradangan pada tenggorokan.

Tips Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat

Walaupun ini bukan penyakit serius namun perlu penanganan yang serius agar penyembuhan cepat dan tidak berubah menjadi penyakit serius. Diantara hal yang harus anda lakukan adalah menjauhkan diri dari debu, asap, asap rokok karena ia bersifat iritatif. Jadi, jika anda salah satu perokok segera berhenti dari kebiasaan itu untuk sementara waktu. Tapi jika ingin penyakitnya tidak kambuh, berhentilah secara total. Itulah beberapa obat radang tenggorokan yang harus di coba untuk segera mendapatkan peyembuhan dari penyakit esofagus atau tenggorokan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here