SHARE
migrain sebelah kanan

Migrain adalah sakit kepala sebelah yang biasanya di awali sebelah kanan terlebih dahulu. Penyakit ini bisa juga terjadi sebelah kiri, bagian depan kepala atau bagian belang kepala saja. Migrain sebelah kanan yang tidak kunjung sembuh bisa berbahaya dan menyebabkan penyakit serius.

Sakit kepala sebalah kanan bila kemudian menjalar ke bagian lain tetap saja sangat menyakitkan. Karena ia hanya berpindah dari satu sisi ke sisi lain bukan sakit ke seluruh kepala. Bila anda mengalami migrain sebelah kanan atau migrain sebelah kiri dalam waktu lama sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Bila tidak di obati dalam masa lama penyakit ini bisa berubah menjadi penyakit berbahaya. Berikut kita lihat apa saja penyebab migrain sebelah kanan sebagaimana yang dirangkum dari berbagai sumber.

Lihat juga: Cara Menghilangkan Ketombe

Penyebab Migrain Sebelah Kanan

1. Hermicrania Continua

Sakit kepala sebelah ini ditandai dengan sakit yang terus menerus dari hari kehari tanpa ada perubahan dan berkurang. Biasanya migrain ini hanya terjadi pada kepala sebelah kanana saja dan disertai dengan mata yang memerah, sakit yang begitu menyakitkan, bola mata mengecil dan juga di tandai dengan hidung tersumbat, dan berair.

Bila anda mengalami gejala seperti ini dengan sakit kepala sebelah kanan segera menghubungi dokter karena ini bukan sakit kepala bisa, bahkan bisa berbahaya jika segera mendapatkan pertolongan.

2. Sakit Kepala Kluster

Lain halnya dengan sakit kepala kluster. Migrain sebelah kanan ini berkaitan dengan aktivtas otak yang disebut dengan hipotalamus. Biasanya sakit kelapa sebelah ini menjalar ke mata. Hipotalamus bagian otak yang memiliki beberapa nukleus dengan fungsi masing-masing. sakit kepala sebelah ini biasanya di sebabkan karena banyak menenggak minuman memabukkan, olahraga berlebihan atau karena efek bahan kimia pada parfum.

Sakit kepala kluster biasanya menimbulkan gejala seperti bengkak pada kelopak mata, hidung tersumbat, berair, telinga memerah, wajah sering berkeringat, pupil mengecil di salah satu bagian mata, mata terasa perih dan merah.

3. Gejala Migrain kronis

Migrain sebelah kanan kronis adalah penyakit sakit kepala sebelah yang tak kunjung sembuh, biasanya terjadi berulang-ulang disertai dengan sakit yang tak tertahankan. Migrain jenis ini banyak terjadi karena mereka yang tidak memiliki cukup waktu istirahat. Jadi, anda tidak boleh menganggap enteng migrain kronis ini karena bia membahayakan tubuh anda.

Penyakit migrain kronis biasanya di tandai dengan gejala seperti rasa yang semakin parah jika tidak beristirahat total, tingkat sensitifitas pada tubuh berlebihan terutama terhadap suara dan cahaya, mual dan bahkan muntah, dan terjadi nyeri dan kepala berdenyut dengan sakit yang tak tertahankan.

Baca juga: Cara menghilangkan kantung mata

4. Infeksi pada jaringan otak

Sakit kepala sebalah kanan atau migrain sebelah kanan juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada jaringan otak. Bahasa medis disebut dengan meningitis, ini sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan penderita meninggal. Penyakit ini menyerang saraf otak dan tulang belakang.

Penderita mengalami pembengkakan pada tulang belakang dan sakit kepala yang tak tertahankan bahkan ada pasien yang pingsan karena tak mampu menahan sakit. Penyakit meningitis atau sakit kepala jenis ini biasanya memiliki gejala sebagai berikut:

  • Sakit kepala sebelah yang tak tertahankan
  • Leher tidak dapat digerakkan
  • Muntah dan mual-mual
  • Napas tersengal-sengal seperti orang yang habis berlari (ini akibat paru-paru tidak berfungsi dengan baik)
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Ruam pada kulit seperti bintik-bintik
  • Dalam beberapa kasus ada ruam besar seperti gondok pada leher
  • Demam tinggi, bahkan ada yang kejang-kejang.

5. Meningkatnya tekanan pada rongga kepala

Selanjutnya, penyebab migrain sebelah kanan adalah adanya tekanan pada bagian rongga kepala. Ini terjadi karena kurang istirahat dan akibat dari nutrisi yang tidak bisa mengimbangi aktivitas otak. Tekanan ini bisa juga terjadi karena stres atau pikiran yang tak terkontrol. Pasien dengan gejala ini harus di istirahatkan secara totol.

6. Cidera pada Otak

Migrain sebalah kanan juga bisa terjadi akibat cidera otak. Misalnya seseorang terjadi kecelakaan dan mengalami penggumpalan darah d otak, namun lema-kelamaan ia sembuh sementara gumpalan darah tetap tidak bisa dikeluarkan. Hingga suatu saat ia mengalami rasa sakit dikepalanya. Jadi, sakit kepala sebelah ini adalah akibat kecelakaan masa lalu.

Jadi, cidera pada bagian otak sangat berbahaya tak sedikit korban meninggal dunia, namun ada juga yang sembuh tetapi persentasenya sedikit.

7. Gejala Tumor Otak

Tumor adalah penyakit mematikan dan sangat berbahaya. Biasanya pasien di berikan obat penenang dalam dosis tinggi untuk menghilangkan rasa sakit. Sakit kepala jenis ini tak tertahankan maka banyak penderita yang di berikan obat penghilang rasa sakit.

Kalau anda mengalami migrain sebelah kanan jangan disepelakan karena gejala tumor juga bisa terjadi seperti itu. Jangan biarkan migrain sebelah kanan ini sembuh dengan sendirinya, apalagi kalau anda menderita sakit yang tak kunjung sembuh. Ini harus di tangani oleh doker yang berkompeten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here