SHARE

Menghilangkan Ketombe – Kelihatan memang sepele, namun masalah ketombe bisa mengakibatkan hal fatal seperti kebotakan. Ketombe adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh jamur, jamur merusak dan mematikan sel kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala terasa gatal dan mengganggu aktivitas. Bukan hanya itu saja, ketombe juga menjadi biang kerok bagi kerusakan rambut seperti kerontokan, patah atau rambut bercabang dan kalau tidak di atasi bisa mengakibatkan kebotakan. Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe tidak terlepas dari cara menghilangkan jamur sebagai penyebabnya. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe, namun kami lebih suka cara natural dan alami. Maka, dalam postingan ini kami akan mengulas lebih lanjut cara alami menghilangkan ketombe.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

1. Listerine Mouth Wash

Pernahkah anda menggunakan Listerine Mouth Wash untk menghilangkan bau mulut di pag hari. Selain, kemampuannya menghilangkan bau mulut ternyata obat kumur ini juga bisa menghlangkan ketombe di kulit kepala.

Bahan yang anda butuhkan hanya Listerine Mouth Wash dan Air. Campurkan Listerine Mouth Wash dan air dengan perbandingan 2:1. Aduk kedua campuran ini hingga menyatu dan gunakan pada kulit kepala setelah keramas. Kalau sudah, pijat lembut kepala anda dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas kulit kepala dengan air bersih.

2. Menggunakan Daun Neem

Neem, terutama batangnya biasa digunakan untuk memutihkan gigi. Namun ternyata daun neem baik untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Anda bisa memetik daun ini langsung dari pohonnya atau membeli di pasar. Daun ajaib ini bisa menghilangkan ketombe di kepala anda secara permanen.

Bahan yang anda butuhkan hanya daun neem, air panas dan air bersih. Panaskan air bersih, kemudian rendamlah daun neem selama 24 jam. Setelah itu gunakan air tersebut sebagai bahan keramasan seperti menggunakan shampoo. Ulangi menggunakan bahan alami ini hingga ketombe benar-benar menghilang.

4. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh juga salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi ketombe serta gatal akibat jamur.

Bahan yang dibutuhkan hanya tea tree oil dan air saja. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, masukkan bahan tadi kedalam semprotan kecil atau wadah yang memiliki semprot. Semprotkan cairan tersebut ke kulit kepala secara merata setiap anda selesai keramas.

5. Menggunakan Garam

Garam adalah penyedap masakan didapur. Semua masakan harus ada garam agar rasanya enak dan tidak hambar. Begitulah pentingnya garam. Tetapi manfaat garam tidak hanya untuk masalah memasak saja, namun juga untuk masalah lain seperti menghilangkan ketombe.

Garam mengandung Kristal abrasive yang berfungsi sebagai exfoliator alamiah. Maka ia bisa mengatasi ketombe dengan cepat.

Anda hanya perlu menyediakan garam dan air bersih. Basuh kulit kepala dan rambut dengan air bersih, kemudian gunakan garam secara merata pada kulit kepala, pijat lembut untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi garam. Diamkan selama 7 menit dan basuh kembali dengan air bersih.

6. Baking soda

Selanjutnya, bahan alami untuk menghilangkan ketombe dengan cepat adalah baking soda. Pada artikel sebelumnya kita telah bahas tentang cara memutihkan gigi dengan baking soda. Kini kita akan memanfaatkan baking soda untuk keperluan lain yaitu mengatasi ketombe yang membandel.

Bahan-bahanya adalah baking soda, air bersih dan air hangat. Campurkan baking soda dan air bersih dengan perbandingan yang sama. Kemudian aplikasikan ke kulit kepala seperti menggunakan garam tadi. Diamkan selama beberapa menit untuk proses penyerapan baking soda di kulit kepala. Kemudian bilas kulit kepala dengan air hangat, ulangi perawatan ini setiap hari.

7. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera adalah tanaman perdu dengan daun tebal tersusun rapi, daun ini mengandung gel dingin dan segar. Gel lidah buaya, selain bermanfaat untuk mencegah jerawat secara alami juga baik untuk mengatasi ketombe. Ini adalah berkat adanya asam amino dan vitamin dalam lidah buaya.

Bahan yang diperlukan adalah pisau, lidah buaya, air hangat, dan wadah. Ambil beberapa helai lidah buaya dan potong dengan pisau untuk mengeluarkan gelnya. Gel lidah buaya ditampungkan dalam wadah dan hancurkan hingga lembut. Kemudian gunakan sebagai shampo pada kulit kepala. Biarkan meresap kedalam kulit kepala sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat, ulangi perawatan ketombe dengan lidah buaya untuk hasil yang memuaskan. Gunakan saat pagi dan sore.

8. Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan sekaligus menyedapakan masakan. Kali ini kita akan menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala.

Lemon atau jeruk nipis mengandung asam dan vitamin C yang bisa mengusir ketombe dengan cepat. Siapkan bahan seperti pisau, jeruk nipis dan air hangat.

Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, peras airnya dan gunakan pada kulit kepala secara menyeluruh. Tunggu hingga mengering sekitar 30 menit dan bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan rambut dengan air perasan jeruk nipis untuk menemukan manfaat luarbiasa.

Baca juga: Manfaat buah ciplukan

9. Mengatasi ketombe dengan cuka apel

Cuka apel mengandung asam yang baik untuk mengusir ketombe di kulit kepala. Ambil cuka apel dan air bersih dengan perbandingan yang sama. Campurkan kedua bahan dan terapkan ke kulit kepala secara merata. Tinggalkan selama 8 jam-an atau bisa juga menggunakannya di malam hari ketika hendak tidur.

Demikianlah cara alami meghilangkan ketombe di kulit kepala dengan aman dan sederhana. Lakukan perawatan alami ini secara maksimal untuk hasil yang mengembirakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here