SHARE
membedakan batu akik asli dan palsu

Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu – Sekarang bisa dikatakan zamannya batu giok, akik, hampir semua orang tertarik membicarakan batu giok atau batu akik ini. Namun demikian banyak orang yang tidak bisa membedakan batu akik asli dan palsu sehingga banyak mereka yang membeli batu akik seringkali tertipu. Cara paling sederhana agr tidak tertipu adalah dengan membawa teman yang paham batu akik ketika hendak membeli batu akik.

Batu akik palsu kini bisa dibuat sedemikian rupa sehingga nyaris sama dengan batu akik asli, sehingga harganya pun di buat sama dengan harga batu akik asli, padahal palsu, Asli tapi palsu (ASPAL). Mengingat banyak terjadi penipuan batu akik sedemikian rupa, maka ada baiknya kita mengetahui jenis batu akik asli dan palsu. Dalam postingan ini kami akan memberikan perbedaan antara keduanya sehingga orang tidak mudah dibohongi.

Tips Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

1. Cara pembuatannya.
Batu akik asli terbentuk secara alami lewat proses alam kemudian dibentuk dan dihaluskan agar nampak menawan dan indah. Semetara batu akik sintesis atau buatan adalah batu yang dibentuk melalui proses radiasi, pemanasan, pewarnaan, termasuk penggunaan bahan bahan kimia sehingga menghasilkan batu yang indah.

2. Batu akik asli berserat
Cara membedakan batu akik asli dan palsu adalah dengan cara melihat bagian dalamnya, batu akik asli berserat dan lebih gelap sementara batu akik palsu lebih terang dan tidak berserat. Berserat sehingga batu nampak seperti retak

3. Terlihat noda.
Batu akik asli kalau di senter atau dilihat dengan kaca pembesar akan terlihat seperti bernoda, sementara batu palsu tidak bernoda dan nampak lebih bersih. Anda bisa juga menggunakan kaca pembesar untuk melihat serat pada batu akik.

4. Batu Akik bisa menggeserkan smartphone
Cara lain membedakan batu akik asli dan palsu adalah dengan mencobanya pada smartphone atau tablet. Biasanya batu akik asli bisa menggeserkan layar smartphone atau tablet anda, sementara batu mulia atau akik palsu tidak bisa.

5. Bisa disertifikasi.
Batu akik yang asli sekarang sudah bisa disertifikasi. Jika anda ragu dengan keaslian batu akik yang anda dibeli, cobalah untuk minta sertifikat keaslian dari batu tersebut. Kalau ada sertifikat berarti benar bahwa batu itu memang asli.

6. Batu akik asli lebih berat.
Kalau dari sisi massa, batu akik asli mempunyai berat yang lebih berat ketimbang batu sintesis. Namun kini batu palsu juga sudah bisa dibuat dengan berat yang sama dengan batu asli.

7. Uji laboratorium
Cara membedakan batu akik asli dan palsu yang paling meyakinkan adalah dengan uji laboratorium.

8. Dengan menggigit
Anda bisa juga membedakan batu akik asli dan palsu dengan cara menggigitnya atau membanting, membakar dll. Batu akik asli kuat dan tidak akan pecah, bisa juga anda gores dikaca, kalau batu itu asli maka kaca akan tergores.

Itulah tips membedakan batu akik asli dan palsu, mengingat ini zamannya batu akik, maka hal ini seharusnya diketahui terutama bagi mereka yang hendak membeli batu akik dari pedagang yang tidak terferifikasi kejujurannya.

Save

Save