Home Nutrisi Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

79
SHARE
manfaat vitamin C
@konsultankolesterol.com

Manfaat vitamin C bagi tubuh – Vitamin c termasuk vitamin yang bisa larut dalam air. Lebih lanjut, vitamin C merupakan sumber zat bagi kekebalan tubuh, dan sebagai anti oksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari langsung. Dengan terpenuhinya vitamin c dalam tubuh maka manfaat vitamin c akan dapat dirasakan. Salah satu manfaat nvitamin c yang bisa dirasakan langsung adalah kulit sehat becahaya, cepat sembuh ketika terkena benda tajam dll.

Bahan makanan seperti buah-buahan yang banyak mengandung vitamin adalah jeruk, jambu, pepaya, lemon dan buah kiwi. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi jauh lebih besar dibandingkan dengan vitamin C dalam buah jeruk. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, maka vitamin C adalah hal penting untuk dipenuhi. Untuk lebih jelas, berikut kami berikan info tentang manfaat vitamin c bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

1. Vitamin C sebagai anti oksidan

Anti oksidan adalah zat yang mampu melambatkan dan mampu mencegah proses oksidasi. Sehingga dengan banyaknya anti oksidan tubuh akan tetap muda dan awet, karena proses oksidasi dari tubuh tidak terjadi atau lambat. Vitamin C memegang peranan penting dalam menjaga kulit seseorang tetap sehat dan kencang, serta menjaga kerusakan jaringan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain dari vitamin C adalah menigkatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang cukup dan terpenuhi vitamikn c maka akan terhindari dari berbagai bentuk serangan virus, seperti flu, batuk, dll. Dengan mengkonsumsi banyak vitamin C maka tubuh akan terjaga dari berbagai virus, bakteri dan cuaca buruk.

Baca: Manfaat buah kurma untuk kesehatan

3. Mencegah katarak

Vitamin c tidak hanya bermanfaat sebagai zat aktif dalam melawan penuaan dini, tetapi juga bermanfaat sebagai zat penting dalam menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi vitamin setiap harinya, maka resiko katarak bisa hindari.

4. Menjaga tubuh dari kanker

Manfaat Vitamin C selanjutnya adalah mampu menjadi penghlang bagi tumbuhnya sel-sel tubuh yang upnormal yang disebut dengan kanker. Vitamin c tidak hanya harus didapatkan dari suplemen, tetapi juga banyak terdapat pada buah-buahan. Konsumsilah makanan atau buahan yang banyak mengandung vitmain C agar tubuh sehat dan kebal terhadap bermacam jenis penyakit.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan jumlah vitamin c dalam sehari yang harus dikonsumsi adalah 45 mg, Food Standard Agency di Inggris menetapkan 40 mg per hari, dan National Academy of Sciences di Amerika Serikat menetapkan antara 60 – 95 mg per hari.

Sumber terbaik vitamin C berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Setengah cangkir (125 ml) jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Selain jeruk, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah lainnya, yaitu kiwi, strowberri, paprika, dan sayuran brassica seperti brokoli dan kubis.

Demikianlah artikel singkat tentang manfaat vitamin c bagi tubuh. Konsumsilah banyak vitamin c karena manfaatnya luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here