Home Diet 6 Manfaat Terbaik Ubi Jalar bagi Kesehatan, Anda Harus Tahu!

6 Manfaat Terbaik Ubi Jalar bagi Kesehatan, Anda Harus Tahu!

37
Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar adalah tanaman umbian yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat ubi jalar sungguh luarbiasa. Mengkonsumsi ubi jalar tidak hanya mengenyangkan namun memberikan lebih 400% kebutuhan kita terhadap vitamin K, vitamin A, serat dan potasium. Berbagai sumber menyebutkan bahwa mengkonsumsi ubi jalar bisa menghindari banyak penyakit, maka disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan dari alam ini secara rutin. Anda mungkin makin penasaran dengan manfaat ubi jalar, baiklah berikut kita lihat apa saja  manfaat ubi jalar bagi kesehatan.

Manfaat Ubi Jalar untuk Memerangi Penyakit

1. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu cara mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan menjaga agar asupan natrium tidak berlebihan. Namun, mendapatkan asupan kalium yang tinggi juga perlu untuk kesehatan darah, maka pertimbangkan makanan ini agar tidak membuat kalium berlebihan. Mengkonsumsi ubi jalar bisa memberikan banyak kalium. Dalam satu ubi jalar ukuran sedang sudah terdapat kalium sebanyak 542 mg. Di Amerika, sekitar 2% dari penduduk disana sudah mendapatkan asupan kalium hingga 4700 mg per harinya. Demikian di katakan National Health and Nutrition Examination Survey. Manfaat dahsyat dari kalium adalah mengurangi kematian, dikatakan bahwa mengkonsumsi kalium dalam jumlah tinggi setiap harinya bisa mengurangi resiko kematian hingga 20% yang di akibatkan oleh faktor apapun.

Baca juga: 32 Makanan Penambah Trombosit

2. Mengobati diabetes

Salah satu makanan terbaik untuk penderita diabetes adalah ubi jalar. Ubi jalar adalah makanan kaya serat dan memiliki indek glikemik rendah. Artinya, ubi jalar tidak cepat di proses menjadi gula dalam tubuh sehingga aman dikonsumsi bagi yang menderita diabetes. Selain itu, manfaat ubi jalar juga baik untuk menurunkan resistensi darah tinggi dan insulin.

Berdasarkan hasil penelitian, penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi dan makan makanan dengan kadar serat tinggi akan mengalami penurunan glukosa. Sementara bagi penderita diabetes TIPE 2, maka mereka akan mengalami perbaikan dari sisi lipid, insulin dan gula darah. Serat adalah zat yang harus di penuhi dalam makanan sehari-hari. Pria membutuhkan lebih banyak serat dibandingkan dengan wanita. Berdasarkan data dari The Dietary Guidelines for Americans, wanita hanya butuh sebanyak 21-25 gram serat per harinya. Sementara pria mebutuhkan 30-38 gram serat perhari, perlu anda tahu bahwa jumlah ini banyak tidak di capai oleh kebanyakan pria.

3. Meningkatkan imunitas

Selanjutnya, manfaat mengkonsumsi ubi jalar adalah baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ubi jalar mengandung betakarotin dan vitamin C yang sangat baik untuk kekebalan tubuh. Dan salah satu fungsi vitamin C dari ubi jalar adalah untuk menyerang virus flu.

4. Mengatasi masalah peradangan

Ubi jalar adalah umbian yang kaya kolin, ini adalah sumber mineral yang berfungsi untuk menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur, membantu memory, membantu belajar, dan juga berfungsi untuk menjaga struktur membran sel. Manfaat lain dari kolin adalah membantu proses penyerapan lemak dan mencegah terjadinya peradangan.

Konon ubi jalar ungu memiliki nilai plus karena tidak hanya mencegah peradangan namun juga bisa berfungsi sebagai antilipogenic positif.

5. Baik untuk kesehatan mata

Seorang dokter mata Jill Koury, MD, mengatakan bahwa kekurangan vitamin A bisa memperburuk kondisi mata karena bisa merusak bagian luar fotoreseptor mata. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya dengan beta karoten. Selain vitamin A, dalam ubi jalar juga mengandung vitamin C dan vitamin E, keduanya bisa membantu masalah yang di alami oleh mata.

6. Manfaat ubi jalar untuk pencernaan

Ubi jalar juga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar sangat mendukung untuk kesehatan saluran pencernaan.

7. Sebagai sumber energi

Salah satu manfaat ubi jalar adalah sebagai sumber kekuatan dan energi. Ubi jalar banyak mengandung magnesium, zat besi sebagai sumber tenaga. Maka, dengan mengkonsumsi ubi jalar di pagi hari sudah cukup untuk menjaga stamina dan enrgi hingga siang hari. Semakin sehat karena ubi jalar tidak mengandung lemak, karena kelebihan lemak bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Itulah beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan, ini sangat penting di ketahui karena ubi jalar termasuk umbi yang mudah di temukan dan sangat mudah di tanam ditanam baik di polibag atau di tanah terbuka.