Home Kesehatan Manfaat Tidur Untuk Kesehatan yang Tidak Anda Duga

Manfaat Tidur Untuk Kesehatan yang Tidak Anda Duga

241
0
SHARE
Manfaat tidur untuk kesehatan
nova.grid.id

Manfaat tidur untuk kesehatan – Tidur adalah bagian terpenting dari kehidupan, tidur adalah mengistirahatakan seluruh anggota dan mengisi bahan bakar kembali setelah seharian bekerja atau belajar atau sibuk dengan beragam aktivitas.

Tidur yang cukup bisa mendapatkan keuntungan yang luarbiasa bagi tubuh, jantung, mengontrol berat badan, pikiran dan menghindari stres. Namun, tidur yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Membuat tubuh tidak bergerak dan beraktivitas juga sangat buruk bagi kesehatan. Jadi, tidurlah ketika tubuh telah memberikan sinyal untuk tidur. Jangan menunda tidur anda karena bisa merusak kesehatan. Berikut beberapa manfaat tidur untuk kesehatan sebagaimana yang telah di teliti oleh pakar kesehatan.

Baca: Bahaya tidur tidak teratur

Manfaat Tidur untuk Kesehatan

1. Meningkatkan memory

Belajar terus menerus tanpa istirahat sangat buruk bagi kesehatan. Begitu juga kalau anda hanya tidur sebenatr saja. Ini akan mengacaukan kesehatan anda. Tetapi tidur yang cukup itu sangat membantu pikiran anda dan membantu mengingat kembali apa yang telah anda pelajari sebelum tidur. Jadi, tidur ini disebut dengan proses konsolidasi, ia akan memperkuat ingatan tentang apa yang anda pelajari ketika terjaga.

Begitu juga kalau anda ingin mempelajari sesuatu yang baru, apakah itu bahasa perancis, atau belajar matematika. Anda akan merasa sangat tenang dan nyaman apabila dilakukan setelah tidur. Jadi, jangan coba-coba belajar keras tanpa tidur atau istirahat. Karena justru istirahat ini yang akan menyegarkan memory anda lebih baik.

2. Hidup lebih lama?

Tidur yang cukup mempunyai manfaat untuk kesehatan yang lebih baik sehingga seseorang yang mempunyai istirahat yang bagus ia akan hidup lebih lama. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit sering dikaitkan dengan usia pendek. Alasannya adalah penyakit yang terjadi pada tubuh sangat di pengaruhi oleh pola tidur.

Pernah dibuat sebuah penelitian tahun 2010, penelitian ini melibatkan wanita berusia 50 hingga 79 tahun. Lebih banyak kematian terjadi pada mereka yang tidur kurang dari lima jam atau mereka tidur lebih dari 6 jam setengah. Tidak hanya berkaitan dengan umur, tidur juga sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. “Kalau tidur anda bagus, pasti hidup anda lebih bagus, ini sangat jelas” demikian dikatakan Raymonde Jean, MD, director of sleep medicine and associate director of critical care at St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center in New York City.

3. Mencegah peradangan

Manfaat tidur untuk kesehatan juga mencegah peradangan. Peradangan adalah penyebab berbagai penyakit dalam tubuh. Peradangan serign di kaitkan dengan penyakit stroke, diabetes, penuaan dini dan arthritis.

Penelitian menunjukkan bahwa orang tidur kurang dari enam jam mengalami peradangan protein lebih tinggi pada tingkat darah ketimbang mereka yang cukup tidur. Penelitian yang dilakukan pada than 2010 menunjukkan bahwa mereka yang tidur 6 jam atau lebih, memiliki protein c reaktif dalam jumlah yang lebih tinggi. Kemudian, orang yang menderita sleep upnea mengalami peningkatan tekanan tekanan darah dan peradangan. Kata Dr. Rapoport.

4. Meningkatkan kreativitas

Selanjutnya, manfaat tidur untuk kesehatan adalah memicu kreativitas seseorang. Selain memperbaiki ingatan tentang suatu hal, tidur juga bisa merestrukturisasi ingatan sehingga seseorang yang kualitas tidurnya lebih baik, ia mampu melahirkan imajinasi dan kreativitas lebih baik.

Penelitian yang di lakukan di Harvard University and Boston College, menemukan bahwa orang yang menguatkan komponen emosional melalui tidur akan memiliki kemampuan kreativitas lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here