SHARE
Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat teh hijau bagi kesehatan – Ketika tibanya musim hujan seperti sekarang ini, terasa sangat nikmat menikmati secangkir teh hijau untuk menghangatkan tubuh. Tenryata tidak hanya itu yang anda dapatkan dari secangkir teh  hijau, melainkan seribuan manfaatnya untuk kesehatan.

Teh hitam misalnya, mengandung banyak manfaat untuk tubuh, sebagaimana penelitian terbaru dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa mengkonsumsi teh hijau bisa mengurangi resiko kanker ovarium.

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Teh hijau juga bagus untuk diet dan sejumlah manfaat lainnya untuk tubuh. Di antara manfaatnya adalah:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi teh hijau diketahui bagus untuk darah, bisa menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah studi yang di terbitkan dalam British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi teh selama 12 minggu, memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan dengan orang yang lebih sedikit mengkonsumsi teh. Namun diketahui bahwa teh hijau lebih besar efeknya dalam menurunkan tekanan darah dibandingkan teh hitam.

2. Mengurangi Resiko Kanker Pangkreas

Sebagai studi yang ada dalam jurnal Cancer Epidemiology mengatakan bahwa ada hubungan antara teh hijau dan kanker pankreas pada orang dewasa Cina. Para peneliti mengumpulkan informasi dari hampir 2.000 orang (908 di antaranya menderita kanker pankreas) tentang jenis teh yang mereka sukai, seberapa sering mereka minum. Hasilnya, mereka yang secara teratur minum teh hijau, terutama perempuan memiliki risiko 32% lebih rendah terkena kanker pankreas.

Baca: Manfaat jengkol basmikan kanker

3. Mengurangi Stres

Manfaat lain dari teh hijau adalah menghilangkan stres. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa teh bermanfaat dalam menurunkan stres. Maka, ketika anda minum teh dan santai, anda pasti akan merasakan perasaan yang lebih rilek dan santai.

4. Menyembuhkan Alergi

Apakah anda salah satu orang yang Alergi, ini sungguh sangat menyusahkan karena anda harus membatasi diri anda terhadap sesuatu yang menjadi sumber alergi. Ternyata dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur anda bisa menyembuhkan Alergi. Ini disebabkan Teh hijau mengandung zat yang disebut dengan EGCG. Inilah zat yang mampu menurunkan resiko alergi pada anda.

5. Mencegah Kerusakan Gigi

Gigi perlu di bersihkan secara teratur karena rentan terhadap kerusakan seperti berlobang, atau berkarang. Mengkonsumsi teh hijau bermanfaat untuk mencegah kerusakan ini karena teh hijau mengandung anti virus dan bakeri penyebab kerusakan gigi. Selain itu, air yang digunakan untuk membilas teh bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

6. Menghambat Penyebaran HIV

Memang, penyakit menakutkan ini belum diketahui obatnya hingga kini, tetapi dikatakan bahwa HIV bisa di lambatkan proses penyebarannya. Kandungan EGCG dalam teh hijaulah yang bertindak untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran HIV. Jadi, minum teh hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi mereka yang terkena HIV.

7. Obat Herpes

Selanjutnya, manfaat teh hijau untuk kesehatan adalah menyembuhkan herpes. Ini adalah penyakit berbahaya yang bisa menular atau menyebar dari satu orang ke orang lain. Untuk mempercepat penyembuhan herpes, gunakan air seduhan teh hijau secara teratur setiap hari sekali untuk mengkompres. Diamkan selama 15 menit setiap kali mengompres. Baca juga: Bahaya Es teh bagi Kesehatan

8. Mengobati Asma

Asma adalah penyakit pernapasan yang menghambat proses anda bernapas. Mengkonsumsi teh hijau bermanfaat untuk kesehatan pernapsan berkat adanya kandungan theophyline didalamnya. Zat ini bekerja melemaskan otot-otot pada saluran bronkial sehingga mengurangi masalah asma.

9. Menyembuhkan Flu

Teh hijau juga bermanfaat untuk melawan flu yang disebabkan oleh virus influenza. Teh hijau mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melawan virus. Jadi, kalau flu dan pilek menyerang anda segera mengkonsumsi teh hijau hangat, tambahkan sedikit madu untuk memberikan efek yang lebih baik.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat mengkonsumsi teh hijau juga berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Antioksidan yang disebut dengan Flavanoid dalam teh hijau bertindak untuk meningkatkan kekebalan. Jadi, mengkonsumsi teh hijau secara teratur dan dalam batas tidak berlebihan baik untuk kesehatan dan mampu mencegah tubuh dari berbagai penyakit karena sistem tubuh menjadi kuat.

11. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tahukah anda kalau teh hijau mengandung polisakarida dan polifenol. Kedua zat ini bertindak menjaga kadar gula darah tetap normal. Itulah kenapa orang diabetes tidak perlu takut mengkonsumsi teh hijau.

Gula darah yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes yaitu penyakit berbahaya yang sangat ditakuti hari ini dan menyerang sebagian besar orang yang hidup di zaman modern. Teh hijau bisa menjadi alternatif minuman sehat, namun tetap harus dalam batas wajar.

12. Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan adalah masalah serius yang harus mendapatkan penanganan yang benar. Kalau tidak, bisa saja keracunan menjadi fatal. Manfaat teh hijau untuk kesehatan bisa mencegah keracunan makanan karena ia mengandung catechin. Inilah zat penting dalam teh berwarna hijau yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab keracunan pada makanan.

13. Mengurangi Resiko Kerusakan Hati

Hati memegang peranan penting bagi kesehatan, manakala fungsi hati menurun maka organ tubuh akan berkurang fungsinya dan ini sangat buruk bagi kesehatan. Teh hijau dengan kandungan antioksidannya terbukti melawan radikal bebas yaitu salah satu penyebab kerusakan hati.

14. Mencegah Alzheimer

Selanjutnya, manfaat teh hijau bagi kesehatan adalah mencegah penyakit pikun atau dikenal dengan Alzheimer. Ini penyakit yang sering menimpa orang lanjut usia tetapi bukan mustahil menimpa mereka yang masih muda. Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan otak susah mengingat dan berkonsentrasi. Ia disebabkan oleh rusaknya sel-sel otak. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau secara teratur, maka resiko kerusakan sel otak bisa di minimalkan.

15. Mencegah Parkinson

Selain Alzheimer ada penyakit lain yang terjadi karena kerusakan sel saraf otak yaitu Parkinson. Ini adalah penyakit yang disebabkan karena kerusakan sel otak bagian tengah yang mengatur tentang pergerakan bagian tubuh. Gejala penyakit Parkinson bisa di tandai dengan adanya gemetar dan tremor.

Teh hijau yang hadir dengan sejumlah antioksidan mampu mencegah kerusakan sel otak ini sehingga gejala Parkinson bisa di cegah.

16. Menguatkan Tulang

Teh hijau mengandung flouride yang berguna baik untuk tulang. Jadi, salah satu manfaat teh hijau bagi kesehatan adalah menguatkan tulang dan mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Artinya, mengkonsumsi teh hijau secara teratur baik untuk mencegah osteoporosis.

17. Mencegah Rheumatoid Arthiritis

Ini adalah penyakit radang sendi yang terjadi akibat ada peradangan pada persendian. Peradangan ini disebabkan oleh kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Anda bisa mencegah masalah kesehatan ini dengan rajin mengkonsumsi teh hijau dalam batas normal (tidak berlebihan). Jadi, teh hijau akan mencegah enzim menghancurkan tulang rawan yang biasanya ada pada persendirian.

18. Mencegah Kebotakan

Teh hijau ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala sehingga mampu mencegah kebotakan. Kebotakan adalah kondisi kesehatan yang terjadi karena berbagai hal seperti stres, gen ataupun cuaca. Teh hijau yang dikonsumsi secara rutin bisa mencegah masalah kebotakan secara efektif.

19. Menurunkan Berat Badan

Ini adalah manfaat teh hijau bagi kesehatan yang sangat menarik di perbincangkan. Soalnya, hampir semua wanita di dunia ini ingin menurunkan berat badannya untuk kesehatan dan penampilan yang lebih baik. Beragam pola diet dan olahraga teratur harus di terapkan demi mendapatkan tubuh yang ramping dan berat badan normal.

Salah satu pola diet yang bisa ditempuh adalah mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Teh hijau bermanfaat dalam memperbaiki metabolisme tubuh sehingga lemak akan bisa di keluarkan secara optimal dari tubuh anda.

Selain manfaatnya untuk kesehatan, ternyata teh hijau juga menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat teh Hijau Untuk Wajah

20. Mengatasi Jerawat

mengobati jerawat butuh cara tersendiri dan rapi sehingga tidak menimbulkan jerawat baru atau bekas jerawat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker rteh hijau asli. Disamping itu, anda juga harus sering mengkonsumsi air seduhan teh hjau.

21. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Kulit yang keriput memang sudah menjadi siklus kehidupan kita,tetapi kita bisa melambatkan proses keriputan atau penuaan dini. Antioksidan dalam teh hijau aktif menjaga kulti tetap bercahaya dan bebas keriputan sehingga anda tidak terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.

Demikianlah 21 manfaat teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan. Sebenarnya teh hitam juga mempunyai manfaat yang sama, hanya saja teh hijau mengandung antioksidan yang lebih besar, sehinga manfaat yang dirasakan juga akan lebih maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here