Home Kesehatan Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

25
SHARE
Manfaat Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Matahari pagi muncul dengan terang benderang di ufuk timur pada jam tujuh hingga jam 8 pagi. Jadi, setelah atau diatas jam 8 pagi sebaiknya anda menghindari sinar matahari karena sudah mengandung sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kesehatan. So, untuk mendapatkan sinar matahari pagi anda harus keluar dari rumah di pagi hari baik untuk beraktivitas biasa atau untuk jogging sambil mengeluarkan keringat.

Beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Untuk kesehatan tulang

Matahari pagi mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot. Jadi, untuk mendapatkan manfaat ini anda diharuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari sekitar 30 menit di pagi hari. Cara terbaik adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau jogging dengan teman-teman anda.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis atau kerapuhan tulang. Biasanya masalah ini di derita oleh mereka yang lanjut usia, namun juga tidak tertutup kemungkinan di alami oleh mereka yang masih dewasa. Jadi, dapatkan manfaat sinar matahari pagi dengan berjemur di pagi hari.

Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

2. Mencegah diabetes

Manfaat sinar matahari pagi lain adalah mencegah diabetes. Ini adalah penyakit gula yang terjadi akibat banyaknya penumpukan gula dalam darah. Keadaan ini terjadi karena terganggunya kerja insulin dalam tubuh. Berjemur dibawah matahari pagi dan melakukan berbagai aktivitas bisa menurunkan kadar gula darah. Salah satu faktor lain yang menyebabkan diabetes adalah kurang gerakan fisik dan gaya hidup tak sehat.

Memulai makan makanan sehat seperti buah dan sayuran adalah cara tepat mengubah gaya hidup tak sehat. Selain itu berjemur yang disertai dengan gerak fisik seperti olahraga di bawah sinar matahari pagi adalah alternatif terbaik.

3. Mencegah kanker

Sinar matahari pagi tak dapat disepelekan karena manfaatnya kadang luarbiasa. Diantaranya adalah mencegah kanker yaitu kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan vitamin D pada sinar matahari pagi baik untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Sel kanker muncul karena adanya zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan terganggunya sel sel normal.

Olaharag teratur di bawah sinar matahari pagi mampu memompa kinerja tubuh semakin baik dan sehat sehingga tubuh kebal dan kuat terhadap serangan sel kanker. Apalagi anda memadukan tips ini dengan makanan sehat dan menghindari makan sampah atau junkfoods yang banyak mengandung lemak teroksidasi atau lemak jenuh.

Baca juga: Minum kopi sebelum Olahraga

4. Baik untuk sirkulasi darah

Sirulasi darah sangat penting untuk tubuh karena darah bekerja untk menyampaikan sari makanan dan oksigen keseluruh tubuh. Ketika sirkulasi darah baik maka jantung akan mendapatkan oksigen dengan cukup dan otak juga akan mengalami hal yang sama sehingga organ tubuh berfungsi dengan baik. Olahraga dan paparan sinar matahari pagi bagus untuk meningkatkan kesehatan peredaran darah.

5. Mengobati depresi

Depresi adalah kondisi tidak menentu dalam kejiwaan seseorang. Mereka cendrung tidak mempunyai arah dalam hidup dan ini berbahaya untuk kesehatan. Salah satu cara mengobati depresi adalah dengan mengunjungi psikiater. Cara lain yang sederhana dan mudah di lakukan adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Manfaat berjemur dibawah sinar matahari pagi adalah merangsang kelenjar endorfin yang berguna untuk memberikan rasa santai dan bahagia sehingga stres atau depresi bisa di minimalisir.

Baca: Fungsi asam mefenamat

6. Memberikan tidur nyenyak

Tidur adalah bentuk istirahat yang paling baik bagi tubuh. Setelah tubuh seharian bekerja kini waktu mengistirahatkan semua organ tubuh untuk mengatur ulang semua hal yang harus di lakukan tubuh. Namun demikian tidak semua orang mampu mengistirahatkan tubuhnya dengan baik atau disebut dengan dimentia. Cara sederhana untuk mendapatkan tidur nyenyak adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Manfaat luarbiasa berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah mengaktifkan hormon melatonin yaitu hormon yang berfungsi mengatur tidur dan terletak di dasar otak.

7. Meningkatkan imunitas tubuh

Sinar matahari pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Maka, seringlah anda berjemur pada jam 8 pagi agar mendapatkan manfaat ini. Ketika tubuh terpapar matahari pagi maka ia akan menghasilkan banyak sel darah putih yang bermanfaat untuk membentengi tubuh dari penyakit dan benda jahat yang menyebabkan kerusakan tubuh. Sel darah putih memiliki fungsi untuk melawan bakteri dan virus sehingga tubuh yang memiliki banyak sel darah putih akan lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.

8. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Kita selalu mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang tak terlepas dari racun. Makanan berpengawet dan berpewarna adalah biang bagi racun dalam tubuh kita. Dari hari kehari terus menumpuk dan mengakumulasi sehingga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Satu-satunya cara yang harus di lakukan adalah mengeluarkan racun tersebut dari tubuh.

Pengeluaran racun dalam tubuh dikenal denan detoksifikasi dan salah satu cara yang paling mudah adalah dengan merangsang kinerja hati untuk mengeluarkan racun. Berjemur dibawah sinar matahari pagi mampu meningkatkan kerja hati untuk mengeluarkan racun melalui keringat dan urin.

9. Memberikan kebahagiaan

Selanjutnya, manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan adalah memberikan kebahagiaan kepada anda. Apa hubungannya? Perlu diketahui bahwa setiap tubuh kita terpapar sinar matahari pagi maka ia akan merangsang homron yang disebut dengan endorfind an serotonin. Kedua hormon ini memberikan perasaan rileks dan bahagia. Maka, setiap kali anda merasa jenuh dan depresi ambillah satu waktu yaitu di pagi hari untuk melakukan aktivitas seperti olahraga dan berlari atau jogging.

Itulah beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh kita. Jadikan pagi sebelum jam setengah semebilan sebagai waktu untuk berolahraga atau beraktivitas yang bisa mengeluarkan keringat anda. Ini sangat baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here