X

12 Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Sebagai sayuran penyedap masakan, manfaat seledri untuk kesehatan sangat luarbiasa. Ada nilai plusnya dalam seledri, selain memberikan rasa sedap pada masakan seperti sup dll, seledri juga menyimpan banyak manfaat kesehatan yang teruji. Selain digunakan sebagai penyedap, seledri juga mempunyai manfaat lain seperti memperindah masakan dalam penyajiannya.

Mengenal Nutrisi dalam Seledri

Sebelum kita melirik lebih jauh tentang manfaat seledri untuk kesehatan mari terlebih dahulu kita lihat apa saja zat yang dalam seledri sehingga keberadaannya sangat penting bagi kesehatan. Sebagaimana yang dikutip dari manfaat.co.id, seledri mengandung beberapa zat penting seperti:

Baca juga: 30 Makanan Pencegah Kanker

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Setelah kita mengetahui apa saja kandungan nutrisi dalam seledri, berikut kita lihat apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa daun seledri rendah kalori dan tinggi nutrisi. Satu cangkir jus seledri dari 2 cangkir seledri cincang mengandung 2.8 protein, 0,7 lemak dan 65 kalori. Ini sangat cocok sebagai jus untuk kesehatan keluarga. Berikut kita simak manfaatnya.

1. Mengatur basa dan menjaga jantung

Jus atau daun seledri mengandung elektrolit dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan karena mengatur keseimbangan basa dan menjaga kesehatan jantung. Kalium juga berfungsi untuk memecah karbohidrat yang berguna untuk pembangunan otot dan protein.

2. Kalsium

Manfaat seledri untuk kesehatan juga tidak terlepas dari kandungan kalsiumnya yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga bermanfaat untuk mengirimkan informasi ke saraf sert mencegah penyempitan pembuluh darah.

Anjuran mengkonsumsi kalsium adalah: 1000 mg untuk pria usia 70 tahun, 1200 untuk wanita. 1000 mg per hari bagi pria hingga 50 tahun dan 1200 mg per hari untuk wanita hingga usia 50 tahun. Jus seledri dalam satu porsi menyediakan 162 mg kalsium. Jumlah ini lebih dari 16% RDA untuk dewasa dan 13.5% untuk wanita.

3. Mengandung Viamin K

Kekurangan vitamin K dalam tubuh bisa menyebabkan sulitnya pembekuan darah dan kurang optimal penyerapan kalsium. Kadi, manfaat seledri untuk kesehatan adalah membantu pemulihan dari luka dan memar dengan mempercepat pembekuan darah. Disamping itu, ia juga memaksimalkan manfaat kalsium.

Baca: Gejala kanker tenggorokan

4. Mengandung folat

Mengkonsumsi seledri membantu tubuh memprodksi protein dan memcahnya, ini dikarenakan folat adalah salah satu jenis vitamin B. Selai itu, mengkonsumsi sayuran dan makanan yang mengandung folat bisa mencegah sariawan, diare, rambut beruban, dan anemia.

5. kaya anti oksidan

Seledri juga makanan kaya antioksidan yang memberikan manfaat ganda bagi ksehatan terutama dalam mencegah kanker. Diantara jenis antoksdan adalah asam fenolik, stilbenoids dihidro, flavonoid, furanocoumarins, flavon, dan pitosterol.

6. Serat

Selanjutnya, manfaat seledri untuk kesehatan adalah berkat banyaknya serat. Sekalipun seledri termasuk jenis yang kaya air namun ia mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan.

Categories: Sayuran