SHARE
Manfaat Puasa Daud bagi Kesehatan

Manfaat puasa daud – Pernahkah anda mendengar tentang puasa Daud? Ini adalah puasa yang dilakukan Nabiyullah Daud AS. Dimana puasanya adalah selang seling yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka. Sebagaimana di Firmankan oleh Allah yang maksudnya adalah ummat sebelum Nabi Muhammad SAW. juga di wajibkan puasa, namun kaifiat dan tata caranya berbeda dengan yang di syariatkan kepada Rasulullah SAW.

Puasa Daud adalah salah satu puasa yang sangat disukai Allah SWT. sebagaimana yang di sabdakan Rasulullah SAW.

Dari Abdullah bin Amr bin Al’ash, ia berkata bahwa Rasulullah S.A.W.

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” [HR. Bukhari no. 1131].

Sejarah Puasa Nabi Daud AS.

Sebelum kita ulas lebih lanjut tentang manfaat puasa Daud, mari kita lihat bagaimana sejarah puasa Nabi Daud As. Sebagaimana di sebutkan dalam hadist di atas bahwa nabi Daud As. adalah seorang rasulullah yang yang mempunyai ibadah shalat dan puasa yang di sukai Allah. Kehebatan Nabiyullah Daud as, ini dikabarkan Rasulullah SAW. kepad para sahabat dalam sebuah hadist yang bermakna.

Dikisahkan dalam hadits. Dimana seorang pengikut Nabi Muhammad SAW, menanyakan kepada Nabi tentang puasa sunnah yang baik. Nabi menjawab yang tersurat dalam sebuah hadist. Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun, yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” [Shahih Muslim, 1971]

“Nabi Daud As. biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” [HR Bukhari]

Manfaat Puasa Daud AS

Puasa nabi Daud sudah diteli dan ditemukan sangat banyak manfaat puasa daud untuk kesehatan. Setelah membuat peneltian ini, para ahli menyimpulkan beberapa manfaat puasa daud untuk kesehatan.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Salah satu manfaat kesehatn menjalankan puasa daud adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Ini sebagaimana yang dikatakan oleh Riyad Albiby dan Ahmed Ekadi setelah meneliti tentang puasa tersebut. Selama melakukan puasa daud limfa memproduksikan banyak sel limfosit T sehingga tubuh kebal terhadap penyakit.

Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Payudara

2. Memunculkan ketertarikan pada Tubuh

Manfaat puasa daud selanjutnya adalah berkaitan dengan kecantikan seseorang. Manfaat ini di kemukan oleh Alvenia M. Fultorn, dimana ia mengatakan bahwa berpuasa bisa menghasilkan daya pikat dan pesona seseorang. Seseorang yang berpuasa secara rutin seperti halnya puasa Daud maka tubuhnya akan semakin cantik karena fungsi fungsi kewanitaannya berfungsi dengan baik. Jadi, ladies yang ingin cantik, rajin-rajinlah melakukan puasa daud as.

3. Awet Muda

Selanjutnya, manfaat puasa daud as adalah memberikan kesegaran tubuh dan membuat tubuh menjadi awet muda. Manfaat ini dikemukakan oleh Dr. Yuri Nikolayev. Awet muda tidak hanya pada tubuh saja namun juga akan nampak pada mentak, dan spritual seseorang.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Sedangkan manfaat puasa menurut ahli lain yaitu Allan Cott adalah bisa meningkatkan mental seseorang. Aktivitas berpuasa seperti puasa daud memberikan kegunaan untuk kesehtan fisik, mental dan membersihkan tubuh. Manfaat lain adalah membersihkan darah, lemak jahat dan mengendorkan ketegangan jiwa, menajamkan indra serta melambatkan proses penuaan dini.

Baca juga: Ciri Ciri Penyakit Jantung

5. Mencegah Penyakit Jantung

Selanjutnya, berdasarkan Jalal Saour, mengatakan bahwa manfaat puasa daud as adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini berkat berkurangnya cairan dan makanan dalam tubuh yang berimbas pada berkurangnya kerja jantung. Akhirnya berefek pada terhindarnya seseorang dari penggumpalan darah pada jantung.

6. Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

Selanjutnya, berpuasa juga bermanfaat sebagai proses detoksifikasi tubuh, yaitu proses mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh melalui kencing, keringat dan kotoran. Proses akan membantu peremajaan sel kulit yang mati sehingga seseorang nampak segar dan awet muda.

7. Manfaat puasa daud untuk kecantikan kulit

Berpuasa secara umum mempunyai manfaat untuk meremajakan kulit, melembutkan kulit dan membuatnya menjadi kencang. Alasannya adalah ketika berpuasa, tubuh akan mengalami metabolisme tinggi sehingga setiap organ tubuh memanfaatkan cadangan energi. Nah, ketika energi simpanan itu dimanfaatkan oleh organtersebut maka bagian tubuh itu akan merasakan kelegaan akibat kosong dari energi cadangan.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Buka Puasa

8. Meningkatkan ketaqwaan

Manfaat hakikat dari melakukan puasa termasuk puasa Daud as adalah untuk meningkatkan level ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Ini akan mendekatkan Hamba atau orang yang berpuasa kepada Tuhannya. Puasa adalah ibadah yang sangat ikhlas karena ibadah ini tidak bisa di lihat oleh seseorang melainkan Allah. Jadi, ketika seseorang berpuasa pasti ia lakukan karena Allah bukan karena makhluk, karena makhluk tidak bisa melihat seseorang itu berpuasa.

9. Mempertajam perasaan

Diakui atau tidak, bahwa puasa Daud as bisa mempertajam ingatan, perasaan dan rasa awas. Puasa yang dilakukan setiap hari atau selang seling ini akan sangat bermanfaat bagi seseorang dalam meningkatkan rasa awas dan perasaan serta ketajaman indra.

10. Menjauhkan seseorang dari maksiat

Selanjutnya, manfaat puasa daud adalah menjauhkan seseorang dari maksiat. Namun ini harus di jalankan dengan ikhlas semata-mata karena Allah. Puasa adalah ibadah untuk mengendalikan hawa nafsu, maka dengan menjalankan puasa daud kita akan terjaga dari keburukan hawa nafsu dan menjadi dekat dengan Allah SWT.

11. Mampu mengendalikan Emosi

Rutin menjalan ibadah puasa Daud, maka seseorang akan di anugerahi kemampuan dalam mengendalikan emosinya serta mengambil kesimpulan dengan hati hati dan bijaksana. Jika anda sering marah dan tinggi emosi sebaiknya mencoba terpi puasa Daud As.

Itulah beberapa manfaat puasa daud as. Sebenarnya manfaatnya sangat banyak sekali dan yang kami rangkum ini hanya beberapa di antaranya untuk memudahkan kita memahami dan menghafal manfaatnya sehingga kita terbangkit untuk melakukan puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here