manfaat pisang untuk ibu hamil

15 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Posted on

Salah satu makanan yang harus di makan ibu hamil adalah pisang. Manfaat pisang untuk ibu hamil sangat besar sekali karena beragam nutrisi didalamnya. Dalam satu buah pisang ukuran sedang sudah mengandung kalori sebanyak 105 kal. Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan ibu hamil dan janinnya. Berdasarkan National Institutes of Health, rekomendasi pisang bagi ibu hamil adalah 2-4 porsi pisang per harinya. Selain nikmat, pisang jug bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya. Berikut kita lihat lebih detail manfaat pisang untuk ibu hamil.

Manfaat dan Khasiat Pisang Untuk Ibu Hamil

1. Mendapatkan asupan asam folat yang cukup

Pisang adalah buah yang mengandung banyak asam folat. Ini adalah zat yang sangat penting untuk ibu hamil karena kegunaannya sangat besar untuk janin. Bila kekurangan asam folat maka janin bisa lahir prematur atau berpotensi cacat. Asam folat bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan otak, saraf dan susmsum tulang belakang bayi. Untuk itu ibu hamil sangat penting mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat dan ternyata pisang adalah salah satunya.

Baca juga: Manfaat makan satu pisang setiap hari

2. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang sering di alami ibu hamil. JIka ini terjadi maka ibu hamil akan mengalami kesulitan untuk melahirkan karena lemah dan komplikasi berbagai masalah kesehatan. Ini sangat umum terjadi pada wanita hamil, untuk itu mereka harus mewasapdai masalah ini dengan mengkonsumsi makanan kaya zat besi. Pisang adalah salah satu makanan yang mengandung zat besi dimana dalam satu pisang 225gram rata-rata mengandung 3% zat besi. Sebagaimana kita sebutkan dalam postingan “makanan setelah donor darah” makanan yang mengandung zat besi akan menjaga dan menghasilkan hemoglobin yang pada guilirannya akan menghasilkan sel darah merah.

3. Mengandung vitamin B6

Pisang juga termasuk makanan yang kaya vitamin B6. Salah satu manfaatnya untuk ibu hamil adalah mencegah mual di pagi hari atau morning sickness. Selain itu, pisang juga baik untuk perkembangan kesehatan saraf pusat janin. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6 harian sebanyak 1.9 mg, sementara dalam sat pisang sudh mengandung 4 mg vitamin B6.

Baca juga: 10 manfaat daun pisang

4. Mengatasi gangguan sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah masalah yang umum terjadi pada ibu hamil. Salah satu cara mengatasi sembelit pada ibu hamil adalah dengan makan pisang. Pisang mengandung banyak serat yang baik untuk pergerakan usus sehingga mudah mengeluarkan tinja. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk menghilangkan perut kembung atau gas.

5. Membantu pencernaan

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah memperbaiki pencernaan dan membantu mengurangi asam lambung. Masalah pencernaan seperti ini kadang juga bisa mengganggu janin dalam kandungan. Maka, ibu hamil tidak boleh menganggap ini sebagai hal yang sepele. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi pisang. Pisang mengandung antacid yang bisa menekan produksi asam dalam lambung. Manfaat lain adalah menormalkan pergerakan usus berkat kandungan pektin didalamnya.

6. Mengandung kalsium

Selain baik untuk pencernaan, kalsium juga bagus untuk baik untuk ibu hamil danbuah pisang mengandung sejumlah kalsium alami. Dalam 200 gram pisang saja sudah mengandung 10 mg kalsium untuk baik untuk kesehatan tulang dan rangka. Namun, ada manfaat lain dari kalsium yaitu memudahkan konstraksi otot sehingga tidak menyebabkan sakit saat pergerakana janin dalam kandungan.

7. Manfaat antioksidan

Pisang juga termasuk dalam kelompok buah kaya antioksidan seperti jeruk dan apel. Bahkan, dalam satu pisang 33% adalah antioksidannya. Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas, penyebab penuaan dini. Manfaat lain adalah meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil sehingga taha terhadap serangan bakteri.

Lihat juga: Makanan Khas Sulawesi Selatan

8. Sumber energi instan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pisang adalah makanan yang bisa memberikan energi secara instan bagi yang mengkonsumsinya. Pisang mengandung gula alami yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa. Mengkonsumsi pisang bisa memberikan dan menambahkan tenaga secara instan. Dalam jumlah 225 gram pisang sudah mengandung 28 gram gula yang baik untuk menambah tenaga ibu hamil terutama dalam menghadapi trisemester terakhir kehamilan.

Manfaat Lain Pisang bagi Ibu Hamil

9. Kaya karbohidrat

10. Menyeimbangkan darah

11. Kaya kalium

12. Menjaga gula dan kolesterol dalam tubuh

13. Menurunkan berat badan setelah melahirkan

14. Meningkatkan nafsu makan

15. Sebagai sumber protein.