BERBAGI
manfaat pinang muda

Manfaat pinang muda – Pinang adalah tumbuhan sejenis dengan kelapa dengan akar serabut. Batangnya juga mirip dengan pohon kelapa namun memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan kelapa. Sementara daunnya menempek pada batang seperti kelapa namun lebih pendek tangkai daunnya, juga memiliki dua sisi seperti daun kelapa. Batang kelapa tumbuh lurus ke atas hingga mencapai 25 meter.

Buah pinang juga hampir sama kelapa dari sisi pertumbuhnnya, namun buah pinang tentu lebih kecil atau hanya sebear kepalan tangan bayi. Tanaman pinang bisa tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indoesia, Amerika Tengah dan lain-lain.

Manfaat pinang sangat banyak sekali mulai dari batang, hingga buahnya dan terutama adalah pinang muda. Namun yang paling terkenal adalah manfaat buah pinang, dan kali ini kita akan menjelaskan beberapa manfaat buah pinang untuk manusia. Manfaat dan khasiat pinang tidak terlepas dari kandungan arecaidine, arecolidine, guracine, dan guvacoline. Berikut kita lihat manfaat pinang muda untuk manusia.

Baca juga: Manfaat Kunyit Putih

Manfaat Pinang Muda dan Efek Sampingnya

1. Obat cacingan

Salah satu manfaat piang adalah untuk mengobati cacingan. Untuk membuat herbal ini, siapkan 1/4 pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari. Gabungan bahan ini direbus dengan baik dan tunggu hingga matang, saring airnya dan minum. Air rebusan ini akan mematikan dan melawan cacingan. Biasanya ramuan ini di gunakan untuk ayam petelur agar terhindar dari cacingan sehingga mereka bisa bertelur terus menerus.

2. Mengatasi mulut kering

Bila anda mengalami masalah mulut kering, atasi dengan menggunakan pinang. Itulah sebabnya orang yang mengunyah sirih dengan pinang bisa membuatnya selalu sehat. Pinang membuat kelenjar ludah selalu menghasilkan liur sehingga mulut tidak kering.

3. Menguatkan gigi dan gusi

Menguatkan gigi dan gusi adalah manfaat lain dari mengunyah pinang pinang bagi kesehatan. Tekanan pinang pada gigi akan membuat gigi rapat dan kuat serta tidak mudah lepas.

4. Mengobati rabu mata

Rabun mata adalah masalah yang di alami oleh hampi semua orang. Padahal ada obat yang sangat baik untuk itu. Pohon pohon pinang yang dikunyah dan menelan airnya baik untuk mengtatasi rabun mata. Pilih bagian ujung pohonnya (pohon muda) agar bisa anda kunyah.

5. Menogbati luka kulit

Tumbuk pinang muda hingga halus dan tempelkan hasil tumbukan itu pada kulit yang luka. Lakukan beberapa kali dan luka anda akan segera sembuh.

Baca juga: Manfaat Bunga Kaca Piring

6. Baik untuk Mengencangkan vagina

Seorang herbalife Dian Gantini mengatakan bahwa buah pinang yang agak sepat asam ini menjadi obat terbaik untuk mengencangkan vagina setelah melahirkan. Cara membuat obat ini sangat mudah, cukup merebus pinang dan saring airnya, minum secra teratur setelah melahirkan.

7. Meningkatkan vitalitas

Selanjutnya, manfaat pinang muda adalah meningktkan keperkasaan kaum pria serta bisa menstimulasikan hormon gairah seksual. Ini berkat senyawa yang mampu meningkatkan kinerja jantung sehingga terjadilah peningkatan vitalitas. Namun pinang harus di batasi karena jika berlebihan bisa menimbulkan efek samping.

Efek Samping Mengkonsumsi Pinang Muda

Diantara sefek yang bisa muncul jika berterusan mengkonsumsi pinang muda adalah kemungkinan terjadi kanker. Maka, jika penyakit yang dialami sudah sembuh akibat pinang muda, segera hentikan mengkonsmsinya. Selain itu, pinang yang dikosnumsi secara berlebihan juga bisa menyebabkan jantung tidak teratur, so bijaklah mengkonsumsi pinang muda untuk mendapaktan manfaat untuk kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here