Home Sayuran 25 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan

25 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan

577
0
SHARE
Manfaat petai cina bagi kesehatan
@pikiran-rakyat.com

Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan – Petai Cina sering disebut juga dengan lamtoro yang dalam bahasa latin dikatakan Leucaena leucocephala L. Ini adalah tanaman perdu yang bisa tumbuh baik di daerah tropis. Biasanya petai cina dibuat sebagai kudapan yang di gabungkan dengan mentimun, kemangi, kenikir dan parutan kelapa.

Petai Cina adalah buah dengan kandungan berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Diantaranya mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1. Selain itu, petai cina juga mengandung kabohidrat, zat besi, lemak, kalsium, fosfor, dan protein. Kandungan lain adalah senyawa luarbiasa yaitu tanin, flavonoid, dan saponin yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Setelah kita lihat aneka nutrisi yang ada dalam petai Cina tentu kita percaya bahwa petai sungguh bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelas tentang kegunaan petai cina, berikut kita lihat satu persatu manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Petai Cina bagi Kesehatan dan Berbagai Keperluan

1. Sebagai Sayuran

Petai Cina memang menjadi makanan enak kalau di olah dengan benar. Jadi, wajar saja kalau banyak yang menggunakan daun dan biji petai sebagai sayuran yang enak di makan.

2. Sebagai Pakan Ternak

Manfaat petai cina selanjutnya adalah sebagai pakan ternak terutama kambing. Untuk makanan kambing bagian yang digunakan adalah ranting petai cina dan daunnya.

3. Bahan Furniture

Batangnya juga bermanfaat untuk berbagai keperluan baik sebagai kayu bakar atau sebagai keperluan lainnya. Salah satu keperluan yang mengagumkan adalah untuk dibuat furniture rumah yang cantik.

4. Sebagai Pengganti kopi

Biji petai cina selain bermanfaat sebagai makanan lalapan juga bisa di sangrai hingga mengering. Kemudian di giling halus yang akan dimanfaatkan sebagai bubuk pengganti kopi. Juga, petai Cina sering digunakan sebagai campuran dalam bubuk kopi.

5. Mencegah Osteoporosis

Mengkonsumsi biji petai cina bermanfaat untuk mencegah masalah kesehatan yang berhubungan dengan tulang. Kerapuhan tulang atau osteoporosis adalah penyakit yang terjadi karena hilangnya kepadatan tulang. Petai Cina adalah makanan yang padat kasium dan fosfor yang sangat berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang kembali. Baca juga: Manfaat jengkol untuk kesehatan

6. Menguatkan Gigi

Selanjutnya, manfaat petai cina bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan gigi. Kandungan kalsium dna fosfor dalam petai bisa juga menguatkan gigi gigi sehingga tidak mudah rusak.

7. Mencegah insomnia

Dewasa ini insomnia atau penyakit tidak bisa tidur menjadi hal menakutkan bagi kebanyakan orang. Rasa susah dan mood tidak karuan terjadi manakala seseorang didera penyakit tidak bisa tidur. Manfaat petai adalah mengatasi masalah ini secara perlahan. Jadi, bila anda mengalami masalah tidur konsumsi lah petai cina secara teratur.

8. Meningkatkan Mood

Mood atau suasana hati adalah keadaan tidak bahagia dari seseorang yang terjadi karena kakurangan vitamin C. Maka, mengkonsumsi petai cina bisa mencukupkan vitamin C sehingga masalah pada mood bisa di hilangkan. Baca juga:

9. Mencegah tekanan darah tinggi

Petai cina mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Maka, manfaat mengkonsumsi petai cina bagi kesehatan adalah mampu mengontrol darah sehingga tidak terjadi hypertensi.

10. Mencegah Stroke

Lagi-lagi berkenaan dengan vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C bisa menekan munculnya stroke. Maka, petai cina yang kaya dengan vitamin C bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan tetap baik dan terhindar dari stroke. Baca: Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

11. Baik untuk Kesehatan Mata

Selanjutnya, manfaat petai cina bagi kesehatan adalah meningkatkan kesehatan mata. Ini berkenaan dengan vitamin A yang ada dalam petai Cina. Jadi, mengkonsumsi petai Cina bisa memenuhi banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

12. Menghindari Trombus

Flavonoid juga salah satu senyawa penting yang ada dalam petai cina. Kegunaannya adalah mencegah penyumbatan darah sehingga aliran darah lancar. Jadi, manfaat petai cina adalah menghindari dan mencegah penyakit trombus.

13. Meningkatkan kecerdasan

Petai cina mengandung vitamin B1 sehingga manfaatnya baik untuk meningkatkan kesehatan saraf.Nah, ketika kesehatan saraf baik maka kecerdasan juga bisa di tingkatkan.

14. Mencegah Gula Darah

Petai Cina adalah bijian yang mengandung saponin yang bermanfaat besar terhadap gula dalam darah. Jadi, manfaat petai cina adalah mampu mencegah diabetes yaitu penyakit menakutkan akibat pola hidup tidak sehat.

15. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Apakah anda sering menderita alergi? Kalau “ya” maka petai cina bisa mejadi solusi. Kandungan Flavonoid dan vitamin C serta A bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Maka, masalah alergi sedikit banyaknya akan teratasi dengan imunitas yang baik ini.

16. Mengandung Antioksidan

Selanjutnya, manfaat petai cina bagi kesehatan adalah menuai antioskidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Vitamin A vitamin C, flavonoid, saponin, dan tanin yang banyak dalam petai cina berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat penting dan utam adalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Baca juga: Makanan Penyebab Kanker

17. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah kondisi dimana penampilan seseorang nampak lebih tua dibandingkan dengan usianya. lebih detail, penuaan dini adalah terjadinya proses oksidasi yang lebih cepat dalam tubuh yang menyebabkan rusaknya sel-sel sehingga kulit menjadi keriput dan muncullah tanda penuaan.

Antioksidan dari vitamin C, vitamin A dan flavonoid dalam petai mampu mencegah percepatan proses oksidasi akibat radikal bebas sehingga tubuh tetap awet muda. Zat tanin dalam petai juga baik untuk hal ini karena ia menghaluskan kulit.

18. Mencegah Diare

Manfaat petai cina bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah diare. Flavonoid dalam petai cina serta tanin mampu mengeraskan dinding lambung. Ini bisa mengurangi proses masuk dan keluarnya cairan dalam usus yaitu diare.

19. Melancarkan Haid

Menstruasi adalah hal yang rutin di alami wanita namun banyak mereka mengeluh karena haid yang tidak lancar bisa menyebabkan rasa sakit dan perih. Salah satu manfaat petai cina adalah melancarkan Haid atau Menstruasi. Sementara Vitamin A dalam Petai bermanfaat untuk membersihkan darah.

20. Membersihkan racun

Tanin adalah zat penting yang bermanfaat untuk menawarkan racun dan membersihkannya. Petai Cina adalah biji yang mengandung Tanin, sehingga ia berkemampuan untuk menawar racun.

21. Anti Bakteri

Petai Cina adalah makanan anti bakteri akibat dari kandungan taninnya. Jadi, kalau seseorang menderita penyakti yang di akibatkan oleh bakteri maka segeralah mengkonsumsi petai atau Petai Cina.

22. Anti Kanker

Selain mengandung anti bakeri, petai cina juga mengandung anti kanker dan tumor yang di akibatkan oleh radikal bebas. Petai mengandung vitamin A, vitamin C, Saponin, tanin, flavonoid dan semua zat ini bekerja melawan kanker. Maka, tidak salah kalau petai cina dikatakan sebagai makanan anti kanker.

23. Anti Virus

Berikutnya, manfaat petai cina bagi kesehatan adalah sebagai obat anti virus. Flavonoid dan vitamin C berguna untuk mengusir virus yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, petai cina adalah obat alami untuk membunuh virus.

24. Anti Radang

Petai Cina juga berfungsi sebagai obat alami anti radang. Ini berkat adanya saponin yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau nati radang.

25. Anti Nyeri

Selain manfaat-manfaat diatas, petai cina ternyata juga menjadi makanan anti nyeri. Lagi-lagi yang bertindak disini adalah saponin. Jadi, disamping sebagai anti radang ia juga bertindak sebagai anti nyeri.

Itulah 25 manfaat petai cina bagi kesehatan yang sangat mengagumkan. Anda bisa mengkonsumsi petai secara langsung atau dengan cara menambahkannya kedalam mie goreng atau salad. Selain cara ini ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan seperti membuat bubuk kopi, mencampur kedalam bubuk kopi dan lain-lain. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya, salam sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here