Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

Posted on

Minyak kelapa tidak asing lagi bagi kita, bahkan menjadi andalan untuk menggoreng ikan di dapur. Namun ternyata minyak ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat yang tidak hanya terbatas pada urusan dapur namun juga bisa untuk perawatan kecantikan. Manfaat minyak kelapa untuk wajah adalah salah satu hasil dari kandungan zat tertentu didalamnya. Maka, kini tidak salah jika perusahaan produk kecantikan mulaui melirik minyak kelapa sebagai salah satu bahan bakunya.

Salah satu manfaat minyak kelapa adalah sebagai masker wajah, anda bisa menggantikan masker berbahan kimia yang selama ini anda pakai. Minyak kelapa bersifat alami sehingga aman digunakan dan dipakai untuk wajah. Berikut langsung saja kita lihat kegunaan dan manfaat minyak kelapa untuk kecantikan wajah.

1. Mencerahkan Wajah

Bagi anda yang merasa memiliki wajah kusam atau tidak lembut dan mulus, coba gunakan minyak kelapa sebagai masker wajah dimalam hari. Ketika hendak tidur coba gunakan minyak ini sebagai masker dan rasakan manfaatnya keesokan harinya. Minyak kelapa murni dan alami bisa mencerahkan wajah dan membuatnya berseri-seri.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan secara rutin minyak kelapa pada wajah anda paling tidak selama dua minggu. Kemudian perhatikan bedanya. Untuk jelas perbedaannya, photokan wajah anda sekarang dan gunakan minyak kelapa sebagai masker secara rutin selama 2 minggu, kemudian photo lagi wajah anda dan lihat bagaimana bedanya “sebelum” dan “sesuadah”.

Note: Hindari menggunakan minyak kelapa di pagi hari atau siang untuk menghindari terkena debu. Jika terkena debu maka akan membuat pori-pori wajah anda tersumbat.

2. Minyak kelapa melembabkan Kulit

Minyak kelapa bersifat lembab seperti minyak zaitun maka sangat baik untuk melembabkan wajah dan menjaga kelembabannya. Jika anda tidak cocok menggunakan moituriser segera beralih ke pelembab alami yaitu minyak kelapa. Ini tidak khusus untuk penggunaan pada wajah semata tetapi juga baik untuk pada area kulit lainnnya.

Untuk melembabkan, ambil dua sendok makan minyak kelapa dan tempatkan di wadah kecil seperti piring kecil, bersihkan wajah anda atau bagian tubuh yang lain, gunakan minyak tersebut secara merata. Kemudian tidur atau menunggu kering, setelah kering atau ke esokan harinya bersihkan dengan menggunakan sabun wajah biasa.

Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan.

Baca juga: Manfaat Bunga Kaca Piring

3. Mengurangi Dampak Alergi

Selanjutnya, manfaat minyak kelapa untuk wajah adalah mengurangi dan mengobati dampak alergi. Diantara masalah wajah yang bisa anda rawat adalah eksim, dermatitis, dan kaligata. Penggunaan minyak kelapa secara rutin bisa mengobati masalah ini.

Ambil minyak kelapa dan oleskan pada kulit yang gatal dan diamkan beberapa menit, sementara menggunakan itu anda jangan menggaruknya dan diamkan saja agar penyakit itu berangsur sembuh.

4. Mengencangkan Kulit

Siapa yang tidak ingin kulit wajahnya kencang dan menarik? Tentu semua kita menginginkan ini. Jangan susah, karena anda bisa menggunakan minyak kelapa alami untuk mengencangkan kulit anda. Menggunakan secara rutin akan membuat wajah anda menjadi bersinar dan kencang sehingga nampak awet muda.

5. Mengobati jerawat

Selanjutnya manfaat dan khasiat minyak kelapa adalah mengobati jerawat yang membandel di wajah anda. Jerawat terjadi karena akumulasi kotoran dan bakteri pada wajah. Maka anda bisa mengobatinya dengan melawan dan membunuh bakteri tersebut. MInyak kelapa mengandung antibakteri dan anti virus yang bisa mencegah dan mengobati jerawat di pipi.

Untuk mengusir jerawat anda bisa menggunakan beberapa tetes minyak kelapa dengan bantuan bola kapas. Setelah membersihkan wajah, oleskan secara merata dan diamkan hingga mengering dan basuh menggunakan air mengalir. Lakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

6. Memutihkan Wajah

Memutihkan wajah adalah salah satu manfaat minyak kelapa untuk wajah yang sangat banyak di minati. Siapa tahu ternyata anda tidak perlu menggunakan bahan kimia untuk memutihkan wajah tetapi cukup menggunakan minyak kelapa alami.

Cara mengaplikasikan minyak kelapa sebagai masker pemutih wajah sangat mudah. Siapkan minyak kelapa dan perasan jeruk nipis. Campurkan kedua bahan ini dan gunakan untuk wajah anda. Setelah menggunakannya, tunggu sekitar 30 menit atau hingga kering, bersihkan dengan menggunakan sabun wajah.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat minyak kelapa untuk wajah, sangat mudahd an sederhana namun hasilnya tidak biasa. Jika anda belum mencobanya, kini saatnya untuk beralih ke alam yang bebas efek saming. Kalau ada yang murah kenapa mesti yang mahal. Ayo kita galakkan menggunakan produk dari alam untuk kesehatan dan kecantikan.