Home Kesehatan Top 3 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Top 3 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

manfaat menangis bagi kesehatan

Menangis ternyata tidak buruk bagi kesehatan, sebagaimana dilansir dari inilah.com, setidaknya ada 3 manfaat menangis bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya, berikut ulasannya

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

1. Menghilangkan stres

Di antara manfaat menangis adalah menghilangkan stres, saat menangis atau mengeluarkan air mata, tubuh mengeluarkan unsur mangan. Unsur mangan adalah unsur yang menyebabkan terjadinya suasana hati. Dalam tangisan pengeluaran unsur ini 30 kali lebih besar dibandingkan dalam darah. Demikian menurut salah seorang “ahli air mata” William Frey yang menulis buku Crying: The Mystery of Tears.

2. Memperkuat hubungan

Menurut sebuah analisis yang dipublikasikan di Evolutionary Psychology oleh ahli biologi evolusi Oren Hasson, mengatakan bahwa menangis bisa meningkatkan hubungan persahabatan bila dilakukan di balik pintu tertutup.

Oren Hasson melakukan penelitian tentang air mata diberbagai kondisi dan keadaan sosial dan menemukan bahwa menangis adalah respon evolusioner untuk menarik kasih sayang dan hubungan lebih erat dari orang-orang tersayang.

Baca juga: cara menghilangkan stres kronis

3. Meningkatkan mod

Manfaat menangis bagi kesehatan yang ke-3 adalah untuk meningkatkan mod. Seseorang benar-benar merasa lebih leuasa setelah menangis dan mengeluarkan air mata. Kenapa begini? Para peneliti air mata percaya bahwa dengan menangis seseorang membangun senyawa kimia dalam sistem, sementara dari sisi emosi membantu mengatasi situasi yang menyakitkan.

Inilah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan, mungkin itulah sebabnya seseorang yang sedang susah, gelisah dan dalam keadaan yang tidak menentu, dibuat Tuhan untuk menangis, agar kondisi tubuhnya sehat dan mod-nya lebih baik.