SHARE
manfaat lobak putih bagi kesehatan

Manfaat Lobak Putih bagi Kesehatan – Kalau anda menyukai sayuran, tentu sayuran wortel berwarna putih ini bukan lagi hal yang asing. Lobak putih dikenal mempunyai banyak manfaat kesehatan mulai dari menjaga kesehatan ginjal, melancarkan pembuangan urine, mengontrol tekanan darah, melancarkan pencernaan.

Memang lobak tidak dikenal secara luas seperti wortel, kangkung, bayam, namun manfaat kesehatan lobak putih bisa di acungi jempol. Sebelum melihat manfaatnya yang luarbiasa, mari kita lihat terlebih dahulu kandungan nutrisi dari lobak putih.

Nilai Nutrisi Lobak Putih

Lobak putih diketahui mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, Betakaroten, niasin, riboflavin, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, Lobak putih juga mengandung mineral penting seperti zat kalsium, mangan, besi, dan zat fosfor.

Lobak putih selain mengandung nutrisi di atas juga mengandung minyak esensial atau atsiri, kolin, asam oksalat, dan asam folic.

Manfaat Lobak Putih bagi Kesehatan

1. Detoksifikasi

Lobak putih adalah jenis sayuran yang banyak mengandung air, sehingga sayuran ini bagus untuk membuang racun dalam tubuh. Mengkonsumsi lobak dengan teratur bisa menjadi peluruh racun tubuh, terutama racun dalam perut, hati dan dalam pembuluh darah.

Baca: Manfaat Buah Delima

2. Mencegah batu ginjal dan infeksi kantong kemih

Sayuran umbi renyah atau lobak ini bagus dalam membersihkan sisa atau batu ginjal, serta mencegah terjadinya infeksi kandung kemih. Sifat diuretik pada sayuran putih ini akan mencegah terjadinya pengkristalan pada air seni dan timbulnya batu ginjal. Selain itu, manfaat kesehatan lobak putih juga mengeluarkan racun dalam aliran darah.

3. Menjaga tekanan darah

Manfaat lobak putih bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Kandungan potasium, serat akan mengambil peran kesehatan ini. Juga lobak bisa menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Terong ungu menguatkan tulang

Manfaat lain dari lobak putih adalah menyembuhkan nyeri dan sakit akibat gigitan serangga. Caranya yaitu dengan mengambil ektrak lobak mentah, dan di olesi pada kulit yang di gigit serangga.

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang bernama anthocyanins, asam folic, dan vitamin C dalam lobak putih mampu mencegah penyakit mematikan kanker. Lobak yang kaya antioksidan ini mampu melawan kanker perut, usus dan masalah ginjal. Kandungan serat yang tinggi serta kandungan air memberikan kemudahan untuk tubuh dalam mengeluarkan racun dan limbah.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lobak putih hampir sama dengan manfaat bengkoang yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin c yang tinggi berperan sebagai antioksidan yang memerangi radikal bebas. Kerja ini bermanfaat memberikan kekebalan dan imunitas tubuh yang baik. Maka, dianjurkan untuk mengkonsumsi lobak putih untuk obat kesehatan sehari-hari.

6. Obat bagi Penyakit Kuning

Manfaat lobak putih bagi kesehatan selanjutnya adalah mengobati penyakit kuning. Zat didalam lobak bekerja menekan produksi bilirubin secara berlebihan. Gangguan darah akibat dari penyakit juga akan di perbaiki oleh lobak putih dengan cara mensuplai oksigen yang berasal dari sayuran ini.

Jadi, bagi yang menderita penyakit kuning anda bisa mengkonsumsi lobak putih secara teratur. Kehadiran zat penting dalam lobak putih mampu menghambat proses terciptanya bilirubin. Baca juga: Manfaat Daun Kembang Kol

7. Bermanfaat untuk Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalium berfungsi untuk membangun susunan tulang yang kuat. Jadi, makan lobak putih bisa mencegah munculnya kerapuhan tulang atau osteoporosis. Sementara manfaat lobak untuk kesehatan anak adalah membantu mereka dalam pertumbuhan giginya. Untuk anak yang diberikan adalah sari lobak yang dihasilkan dari proses pembuatan jus.

8. Melawan parasit dalam tubuh

Kandungan enzim seperti enzim amylase, esterases, diastase, dan mirosinase dalam lobak memberikan sifat anti mikroba. Enzim ini aktif dalam melawan mikroba yang menyebabkan jamur, virus, parasit serta melawan bakteri berbahaya dalam tubuh.

9. Meluruhkan keringat

Lobak adalah sayuran umbi yang bersifat diaforetik. Artinya, mengkonsumsi sayuran ini akan memudahkan keluarnya keringat yang bermakna bisa mengeluarkan racun dengan baik dari kulit. Jadi, mengkonsumsi sayuran lobak putih akan memberikan kebugaran dan kesehatan yang baik bagi tubuh.

10. Melancarkan Air Kecil

Selanjutnya, manfaat lobak putih adalah melancarkan urin. Kandungan air yang banyak dalam lobak sangat membantu mengeluarkan air kencing sehingga limbah dan racun juga ikut keluar dari tubuh. Ini akan mencegah infeksi kandung kemih dan peradangan yang biasanya sakit ketika buang air kecil.

11. Baik untuk kesehatan Liver

Kesehatan liver sangat penting dijaga agar tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya denga baik. Zat dalam lobak putih mampu membersihkan kotoran dalam liver dan kantong empedu sehingga tubuh bebas penyakit. Untuk detoksifikasi yang optimal, disarankan untuk mengkonsumsi lobak putih secara teratur.

12. Mengobati demam dan panas

Manfaat lain yang bisa di rasakan dari lobak putih adalah mengatasi suhu badan tinggi. Penyakit seperti demam dan panas bisa di obati dengan mengkonsumsi jus lobak yang di tambahkan sedikit garam. Ini dikarekan jus ini melawan dan mengobati peradangan yang menyebabkan demam panas.

13. Mengobati leukoderma

Lobak putih adalah sayuran anti karsinogen yang membantu pemulihan leukoderma. Cara membuat ramuan mudah saja yaitu dengan melumatkan biji lobak dan kemudian dicampurkan dengan cuka. Terapkan pada kulit yang berwarna putih. Untuk hasil maksimal mengobati leukoderma anda sebaiknya menggunakan jus lobak untuk obat luar dan untuk diminum. Metode pengobatan dari luar dan dalam ini lebih efektif dan cepat dalam mengobati penyakit ini.

14. Menyehatkan paru-paru

Mengkonsumsi jus lobak putih bisa meningkatkan produksi dahak sehingga batuk dapat dicegah. Begitu juag dengan kotoran debu yang akan masuk kedalam paru bisa dicegah dan dibuang bersama dahak.

Mengkonsumsi jus lobak putih secara teratur akan mencegah penyakti asma dan batuk serta penyakit pernapasan lainnya.

15. Mencegah dehidrasi

Selanjutnya, manfaat lobak putih bagi kesehatan adalah mencegah dehidrasi. Kandungan air yang tinggi dalam umbi ini mampu memberikan banyak cairan untuk tubuh. Jadi, mengkonsumsi lobak putih secara teratur bisa mencegah letih, pusing, dan pucat.

16. Melancarkan pencernaan

Sebagaimana kita tahu diatas, kandungan serat yang tinggi baik untuk pencernaan. Proses penyerapan nutrisi juga bisa lebih optimal bagi mereka yang suka mengkonsumsi lobak putih. Masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, sakit perut bisa diatasi dengan cepat.

Selain itu, mengkonsumsi lobak putih juga bisa mengeluarkan penumpukan racun dalam tubuh bersama dengan feses.

17. Menyehatkan kulit

Ini adalah manfaat lobak putih bagi kecantikan. Kulit anda akan senantiasa lembab karena lobak mengandung banyak cairan. Jadi, rutin minum jus lobak putih bisa mencegah dan mengobati kulit keirng, kulit bersisik serta terkelupas.

Vitamin C, vitamin B, Zinc dan fosfor bekerja keras dalam menjaga dan memelihara kelembaban kulit sehingga kulit selalu nampak bercahaya. Selain itu, jus lobak putih juga mengatasi rasa gatal pada kulit, infeksi dan ruam. Anda bisa menggunakan jus lobak putih yang tidak di saring untuk keperluan masker wajah sehingga manfaat yang didapat juga maksimal.

Demikianlah macam-macam manfaat lobak putih bagi kesehatan secara menyeluruh. Umbi berwarna putih hampir sama khasiatnya dengan bengkoang yang juga mengandung serat tinggi. Jadi, konsumsilah lobak secara teratur seperti dua hari sekali atau setiap hari sekali dengan porsi yang lebih kecil. Baca juga: Manfaat jus wortel bagi kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here