X

Manfaat Kunyit Putih bagi Kesehatan (Kunir Putih)

Kunyit putih yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan curcuma mangga memiliki banyak manfaat. Manfaat kunyit putih sungguh luarbiasa untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan. Orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan rempah tradisional ini. Sebagai bangsa yang kaya rempah, orang Indonesia sudah menggunakan kunyit putih atau kunier putih dalam berbagai pengobatan tradisional sejak lampau.

Sebelum kita melihat lebih jauh tentang manfaat kunyit putih, kita lihat dulu beberapa kandungan nutrisi dalam kunir putih.

Baca juga: Gejala Kanker Ususm diagnosa dan car Mengobati

1. Mengandung RIP (Ribozom Inacting Protein). Ini adalah zat yang bermanfaat untuk mencegah, merontokkan, memblokir serta menghentikan pertumbuhan sel kanker, ajaibnya ia tidak merusak sel normal. Car kerja mirip dengan air rebusan daun sirsak yang membasmi sel kanker.

2. Mengandung Zat Curcumin (Anti Inflamasi). Ini zat yang ditemukan dalam kunir putih dan berguna untuk mencegah peradangan sehingga memudahkan penyembuhan terhadap berbagai penyakit.

3. Zat Anti Lipid Peroksida. Ini adalah zat yang berguna untuk mengobati darah tinggi, jadi tidak hanya melawan kanker saja namunjuga berguna untuk melawan tekanan darah tinggi, asam urat dan diabetes serta jantung koroner.

4. Flavonoid Saponin. Ini adalah zat yang bermanfaat untuk imunitas dan ia juga mengandung antioksidn tinggi yang bik untuk menjaga dan melindungi gen.

Dari beberapa kandungan di atas, maka diketahui bahwa manfaat kunir putih sangat ampuh untuk melawan beberapa jenis penyakit termasuk penyakit kronis. Langsung saja, kta lihat manfaat kunyit putih atau kunir putih bagi kesehatan.

1. Pelembab alami

Herbal alami ini mengandung antiseptik dan antioksidan sehingga menutrisi kulit dan menjaga kulit tetap lembab dan melembabkan kulit kering. Untuk lebih optimal dalam melembabkan kulit anda bisa mengombinasikan dengan madu karena ia mampu mengikat air dan berguna untuk menjaga kelembaban kulit.

2. Sebagai Zat Anti Radang

Selanjutnya, manfaat kunir putih adalah sebagai herbal anti peradangan karena mengandung anti bakteri sehingga mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Ini akan membuat luka terhindar dari peradangan dan mempercepat penyembuhan.

3. Obat luka dan eksim

Ini seperti dalam menyembuhkan luka radang, luka bakar dan eksim juga bisa di atasi dengan khasiat kunir putih, namun dicampur dengan madu. Gunakan campuran ini sebagai obat luar atau obat dalam.

Baca juga: Makanan khas sulawesi selatan

4. Membuat Awet Muda

Camuran kunyit putih dengan madu ampuh menyingkirkan rdikaradikal bebas sehingga kulit anda akan awet. Keduanya mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

5. Menyegarkan Kulit

Untuk mendapatkan kesegaran kulit, anda bisa mencampuri kunyit, lemon dan madu. Kemudian, campuran itu diminum setiap hari secara rutin dan anda bisa merasakan manfaatnya setelah beberapa kali mencobanya.

6. Obat Maag Alami

Bagi yang menderita penyakit lambung tau maag, kunyit putih sangat baik sebagai herbalnya. Untuk mencegah masalah fatal akibat maag anda sangat di sarankan untuk mengkonsumsi banyak air dan mengkonusmsi makanan yang di olah dari kunyit putih.

7. Mampu Menambah Nafsu Makan

Membantu menambah berat badan, alasannya karena kunyit putih bermanfaat menambah nafsu makan sebagaimana mengkonsumsi temulawak. Jadi, bermanfaat untuk anda yang kurus dan ingin menambahkan bert badan.

8. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang sangat ditakuti wanita selain kanker serviks. Untuk mengatasi dan mencegah terjadi kanker payudara, wanita bisa mengkonsumsi herbal alami dari kunir putih. Jadi, salah satu manfaat kunir putih adalah mencegah kanker payudara. Ambil beberapa kunyit putih, keladi putih dan potong-potong, kemudian rebus dengan 4 gelas air dan minum ramuan tersebut.

9. Mengobati Keputihan

Untuk mengobati keputihan, anda juga bisa menggunakan obat alami kunyit putih. Potong-potong kunir putih dan rebus hingga mendidih. Tunggu hangat atau mendekati dingin, gunakan untuk mencuci organ kewnitaan secara teratur dua kali sehari hingga keputihan hilang.

Ramuan lain untuk mengobati keputihan adalah 10 lembar daun sirih, 1 jari temulawak, dan satu ruas kunyit putih. Cuci bersih dan potong-potong, kemudian rebus dengan 1 liter air bersih. Tunggu hingga mendekati dingin dan gunakan untuk mencuci organ intim. Dosisnya 2 kali sehari.

10. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kunyit putih mengandung khasiat luarbiasa yang baik untuk mengobati sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, anda bisa mengambil beberapa inci kunyit putih, tumbuk halus atau parut,ambil airnya dan minum langsung.

11. Obat alami untuk Mengobati Kista

Manfaat lain kunyit putih adalah mengobati kista, campurkan 10 gram kunyit putih, temu putih, pegagalan kering, 30 gr cakar ayam segar, tapak liman kering, dan rebus dengan 1 liter air. Rebus hingga air tersisa setengah, minum ramuan ini 3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat kunir putih untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi rujuan. Selamat mencoba dan semoga berkat.

Categories: Rempah