BERBAGI
Manfaat Jus Jambu Merah

Manfaat jus jambu merah sangat banyak sekali sebagaimana zat yang terkandung didalamnya. Jambi biji merah adalah buah yang berasal dari Mexico Amerika Selatan, namun kita sudah tersebar keseluruh dunia terutama daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Rasanya yang manis dan segar serta reyah banyak di minati dan disukai, lebi lebih ketika diketahui bahwa nutrisi yang terkandung didalamnya sanagt banyak sekali.

Jika kita lirik manfaat dari minuman jus jambu biji merah, ini tidak terlepas dari nutrisinya. Diantara kandungannya adalah vitmin C, vitamin A,l anti oksidan, serta serat. Dari sini saja dapat dimaklumi bahwa manfaat kesehatan jus jambu biji merah sangat banyak sekali. Berikut kita lihat satu persatu khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Jus Jambu Merah

1. Menangkal radikal bebas

Salah satu kandungan luarbiasa dari jambu merah adalah antioksidan. Antioksidan jambu merah berasal dari vitamin C yang ada. Dengan adanya antioksidan maka mengkonsumsi jus jambu bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah efek buruk dari polusi udara yang menyebabkan oksidasi dalam tubuh. Efek buruk radikal bebas adalah menyebabkan kanker, penuaan dini dan kulit kusam. Jadi, mengkonsumsi jus jambu merah memiliki manfaat yang luarbiasa bagi kesehatan terutama dalam menjaga tubuh dari efek radikal bebas.

2. Mencegah kanker

Selanjutnya, khasiat jus jambu merah adalah mencegah kanker. Kandungan seperti vitamin C, antioksidan dalam jambu biji efektif mencegah perkembangan sel kanker. Selain itu, jambu juga kaya terhadap serat yang membantu melancarkan BAB atau limbah sehingga tidak ada sisa makanan yang bisa menyebabkan penyakit seperti kanker usus dan lain-lain. Mengkonsumsi jambu biji merah secara teratur baik untuk kesehatan secara menyeluruh, terutama untuk mengatasi tumbuh kembang sel kanker.

3. Mencegah darah tinggi

Dalam jambu biji merah mengandung elektrolit yang disebut dengan kalium. Kalium adalah senyawa yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah sehingga terhindar dari darah tinggi akibat reaksi natrium. Maka, orang yang sering mengalami tekanan darah tinggi harus menanam jambu merah didepan rumahnnya sebagai tanaman obat-obatan.

Baca: Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Pencernaan adalah organ penting mengatur makanan ketika masuk kedalam tubuh.Jika organ ini berfungsi dengan baik maka seluruh tubuh bisa merasakan manfaatnya karena nutrisi yang masuk kedalam tubuh lancar. Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat. Makanan ini bisa lancar membuang limbah yang tersisa dalam perut. Nah, ketika pencernaan lancar maka segala gerak dan fungsi anggota lain juga akan lancar.

5. Baik untuk fungsi saraf dan otak

Manfaat dan khasiat mengkonsumsi jus jambu merah selanjutnya adalah untuk menjaga fungsi saraf dan otak dengan baik. Vitamin yang berperan disini adalah vitamin B3 dna B6, ia menstimulasi kinerja otak. Selain itu, vitamin B bermanfaat untuk melancarkan aliran darah keseluruh tubuh sehingga sari makanan bisa di dapatkan oleh semua organ dengan baik.

Baca juga: Ciri ciri kanker otak

6. Merelaksasi tubuh

Bila sedang berada dalam gejolak psikologi seperti stres, depresi, konsumsilah buah jambu biji merah atau jus jambu. Kandungan dalam buah segar ini bisa membuat tubuh menjadi rileks dan santai. Magnesium berperan penting dalam masalah ini, zat ini ampuh mengendurkan saraf yang tegang akibat stres atau kurang istirahat. Tak salah jika tanaman ini langsung kita tanam di pekarangan rumah atau di kebun.

7. Membantu penyerapan nutrisi

Jus jambu merah mengandung mangan yang berfaedah untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Jika nutrisi bisa diserap secara optimal dari makanan sehari-hari maka tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit.

8. Sehat bagi kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid adalah bagian tubuh yang sangat penting dan tidak boleh terganggu. Jadi, bila fungsi tiroid ini terganggu maka sama saja seperti telah mengganggu bagian lain. Buah jambu merah mengandung tembaga yang sangat baik untuk kesehatan tiroid.

9. Mencegah penuaan dini

Manfaat mengkonsumsi jus jambu merah selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antiokidan akan menangkal radikal bebas dan menjauhkan kulit dari kusam dan penuaan. Kemudian, racun dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker juga bisa di eliminasi.

10. Melindungi kulit dari UV

Zat likopen juga ditemukan dalam buah jambu merah sangat berperan dalam mencegah papara sinar UV pada kulit. Selain itu, likopen juga bermanfaat untuk membersihkan kulit, membuatnya cerah, serta cantik. Jika anda ingin mendapatkan kulit yang sehat, cerah dan cantik maka rutinlah mengkonsumsi jus jamb merah setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here