SHARE
Manfaat Jambu Biji Merah

Jambu biji merah memiliki tekstur dan rasa yang lebih enak dan manis di bandingkan dengan jenis lainnya sehingga banyak yang menyukai buah ini. Selain rasanya yang enak, manfat jambu biji merah juga cukup mencengangkan berkat nutrisi didalamnya. Jambu biji sebenarnya adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan Meksiko. Dalam bahasa latin di sebut dengan Guava sehinigga kini didunia barat terkenal dengan nama tersebut. Buah jamub biji merah kini seudah menyebar keberbagai belahan dunia karena ia mudah di budidayakan terutama di daerah sup tropis dan tropis sehingga Indonesia.

Manfaat jambu biji merah bagi kesehatan sangat besar sekali karena nutrisi dan gizi didalamnya yang luarbiasa. Jadi, tidak hanya rasanya yang enak namun juga khasiatnya luarbiasa. Tubuh manusia sangat penting mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan salah satunya adalah jambu biji merah. Diantara nutrisi penting dalam jambu biji merah adalah vitamin C, anti oksidan, serat, dan folat. Kandungan vitamin C dalam jambu biji merah sangat tinggi bahkan menurut penelitian, vitamin C dalam jambu biji merah sangat tinggi dan 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C dalam jeruk.

Manfaat Jambu Biji Merah

Baca juga: Manfaat melon

Kandungan Nutrisi Jambu Biji Merah

Kenapa manfaat jambu biji merah sangat baik untuk kesehatan? Berikut kandungan nutrisi yang menjawab pertanyaan tersebut. So, janga anggap remeh makanan asli daerah tropis ini.

1. Antioksidan

Salah satu nutrisi penting adalah antioksidan. Jambu biji merah adalah sumber bagi antioksidan tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Senyawa ini bisa menangkal zat karsinogenik atau radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah penyebab kerusakan sel tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan lain-lain.

Anda tidak hanya bisa mengkonsumsi buah jambu biji merah tetapi juga daunnya sangat baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan tak hanya diteukan dalam buah jambu tetapi juga dalam daunnya. Bahkan, daun jambu biji bisa dimanfaatkan untuk di buat teh daun jambu biji. Caranya adalah dengan mengeringkan daun jambu biji dan di seduh seperti menyeduh teh. Jadi, jika anda ingin mendapatkan pasokan antioksidan makanlah buah jambu biji merah dan masukkan beberapa daun jambu kedalam air dan direbus atau dimasak sebagai air minum.

2. Fitonutrient

Senyawa lain yang memberikan manfaat kesehatan besar pada jambu biji merah adalah fitonutrien. Buah dengan warna merah seperti jambu biji merah dan semangka, buah naga merah mengandung zat yang disebut dengan fitonutrien. Ini adalah zat penting untuk kesehatan tubuh karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan prostat.

3. Mengandung vitamin A

Buah buahan berwarna cerah dan segar seperti jambu biji merah, semangka dan tomat adalah buah yang mengandung nutrisi tinggi seperti karatenoid. Ini adalah bentuk vitamin A yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, anda harus lebih suka dengan buah berwarna cerah dibandingkan dengan buah yang pucat.

Vitamin A selain bermafaat untuk mata juga mmeberikan banyak manfaat kesehatan seperti untuk hati, kulit dan menjaga sistem kekebalan tubuh. So, mengkonsumsi buah jambu biji merah bisa memenuhi banyak nutrisi untuk untuk tubuh seperti vitamin A, fotonutrien dan antioksidan.

Manfaat Jambu Biji Merah

4. Sumber vitamin C

Jambu biji merah adalah sumber vitamin C bahkan jumlahnya lebih tinggi 4 kali dibandingkan dengan jeruk. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan karena mampu membantu penyerapan zat besi, membantu menyembuhkan luka dengan cepat, meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan mulut, gusi dan gigi.

Manfaat vitamin C lain adalah menjaga kesehatan pembuluh darah, dan menignkatkan fungsi otak. Pembentukan kolagen juga sangat berkaitan dengan vitamin C yang manfaatnya sangat besar untuk kesehatan kulit.

Baca juga: Manfaat Buah Semangka

Manfaat Makan Jambu Biji Merah bagi Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi seperti diatas, apa saja manfaat dan khasiat mengkonsumsi jambu merah. Berikut beberapa manfaat jambu merah untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

1. Sehat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat di ajurkan untuk mengkonsumsi buah jambu biji merah sebagai makanan sehat untuk menambah nutrisi selama kehamilan. Tingginya gizi dalam jambu biji bisa menjaga kesehatan ibu hamil seperti mencegah anemia dan melindungi janin. Manfaat lain adalah melengkapi kebutuhan ibu hamil terhadap banyak nutrisi yang dibutuhkan. Mengkonsumsi buah ajaib ini secara teratur bisa menjaga ibu hamil tetap sehat dan bugar.

2. Merileksasi tubuh

Manfaat jambu biji merah juga baik untuk merileksasi tubuh anda yang sedang penat dan gelisah. Buatlah jus jambu biji tanpa menggunakan gula dan nikmati sementara anda merebahkan tubuh anda di atas sofa. Jambu biji merah banyak mengandung magnesium dan vitamin B6 yang sangat baik untuk melemaskan otot dan mengendurkan saraf yang tegang. Memang terasa sangat simpel, tetapi jambu biji merah bisa membentuk mood anda kembali membaik dan fresh.

Manfaat Jambu Biji Merah

3. Membantu tubuh dalam menyerap nutrisi

Jambu biji merah banyak mengandung mangan yang bermanfaat dalam penyerapan nutrisi ketika makanan berada dalam usus. Ini akan menjaga kesehatan anda optimal, karena kesehatan seseorang itu tergantung seberapa suksesnya tubuh dalam meneyrap nutrisi dari makanan.

Baca: Manfaat durian bagi Kesehatan

4. Baik untuk kelenjar tiroid

Manfaat lain adalah membantu kesehatan kelenjar tiroid. Apabila kelenjar tiroid ini terganggu maka kesehatan tubuh secara keseluruhan juga akan terganggu. Jadi, salah satu cara memperbaiki dan menjaga kesehatan tiroid adalah dengan mengkonsumsi jambu biji secara teratur. Kandungan tembaga dalam buah berdaging merah ini baik untuk menjaga tiroid anda.

5. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah yang stabil sangat penting untuk keutuhan kesehatan seseorang. Jika, tekanan darah bermasalah maka tubuh berada dalam resiko besar. Tekanan darah terjadi karena berbagai hal seperti banyak lemak dalam darah atau adanya penyumbatan aliran darah. Buah jambu biji mengandug banyak elektrolit yang disebut dengan kalium. Kalium berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan sehat.

Jadi, jika anda mengalami atau pernah merasakan tekanan darah tinggi, maka buah yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi adalah buah yang banyak mengandung kalium seperti jambu biji. Buah sehat lainnya yang baik adalah pisang, ia mengandung kalium seperti yang ada dalam jambu biji merah.

6. Menjaga kesehatan saraf dan otak

Jambu biji merah adalah buah yang kaya vitamin. Diantara vitamin yang banyak didalamnya adalah vitamin B3 dan B6. Kedua jenis vitamin ini bekerja menjaga saraf dan otak tetap berfungsi dengan baik. Vitamin B6 bertugas untuk melancarkan aliran darah sehingga otak mampu mendapatkan oksigen sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Menangkal radikal bebas (free radical)

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jamub biji berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang mempengaruhi kesehatan tubuh secara total. Radikal bebas berasal dari berbagai limbah seperti asap kendaraan, asap rokok, polusi udara, sinar ultra violet dan berbagai makanan yang terkontaminasi dengan pestisida.

8. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat jambu biji merah adalah melancarkan pencernaan karena mengandung serat tak lartu dan larut. Serat sangat baik untuk menjaga dinding usus terkontaminasi zat kimia dan mengikat lemak dalam usus untuk di keluarkan sebagai limbah. Serat tak larut adalah salah satu jensi serat yang baik untuk menjaga pergerakan usus tetap lancar sehingga menghindari terjadinya semeblit atau konstipasi.

9. Mencegah kanker

Manfaat lain yang didapat dari makan jambu biji merah adalah terhindar dari penyakit mematikan, kanker. Kandungan vitamin C dan banyaknya serat larut dan tak larut baik untuk mencegah kanker. Kanker terbentuk dari paparan radikal bebas, paparan zat kimia dalam usus. Vitamin C adalah bentuk antioksidan sekaligus sebagai nutrisi untuk menguatkan kekebalan tubuh. Jadi, makan jambu biji secara teratur bisa menjaga kanker atau pembentukan sel tidak normal.

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat sebagai makanan sehat untuk mencukupi nutrisi bagi kesehatan, jambu merah juga baik untuk kecantikana anda. Berikut kita lihat beberapa manfaat jamub biji merah untuk kecantikan tubuh.

10. Melindungi kulit dari UV

Sinar ultra violet adalah salah satu ancaman radikal bebas yang harus di hindari. Radikal bebas tidak hanya membentuk sel kanker tetapi juga membuat kulit keriput dan kusam. Buah jambu biji merah mengandung likopen yaitu bentuk lain dari antioksidan yang berguna untuk mencegah paparan radikal bebas dari sinar ultraviolet. Likopen yang ada dalam jambu biji merah 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah tomat.

11. Mencegah penuaan dini

Selain mencegah resiko Sinar UV, jambu biji juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini adalah kondisi tubuh yang menimbulkan penuaan lebih tinggi dibandingkan dengan usia. Jadi, mengkonsumsi buah jambu secara teratur bis menjagah penuaan dini, ini membuat anda nampak sehat dan awet muda.

Tubuh yang kekurangan antioksidan akan menyebabkan terjadinya oksidasi sel secara bertahap dan menyebabkan keriput, kusam dan muncul garis-garis halus sebagai bentuk penuaan dini.

12. Baik untuk keindahan rambut

keindahan rambut berawal dari kesehatan yang baik. Jambu biji merah mengandung nutrisi alami yang banyak seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B. Selain itu ia juga mengandung zat lain seperti kalium, serat, mangan, tembaga, magnesium, flavonoid dan lain-lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Ini akan mencegah rambtu bercabang, kerontokan, dan kusam.

Demikianlah beberapa manfaat jambu biji merah untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat optimal dari buah kesehatan ini akan di dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Jadi, anda tidak perlu berharap sehat jika hanya mengkonsumsi sesekali saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here