Manfaat Ikan Patin

7+ Manfaat Ikan Patin (Siluriformes) bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat ikan patin sungguh besar bagi kesehatan, ini ditandai dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ikan tersebut. Ikan patin adalah jenis ikan yang masih berada dalam keluarga ikan lele atau kelompok ikan berkumis (Siluriformes). Keduanya mirip karena sama sama memiliki kumis berjumbai sebagai patilnya. Ikan patin sangat di gemari oleh masyarakat Indonesia ini terbukti dengan banyaknya masakan Indonesia yang dibuat dengan ikan patin. Contohnya saja gula ikan patin, sup ikan patin bahkan ada abon ikan patin yang terbuat dari daging ikan patin. Dagingnya yang lembut dan lezat sangat digemari walau dimasak dengan banyak resep masakan.

Kelezatan ikan patin membuat semua orang tak ketinggaln menyantapnya dari kelapa hingga ekornya. Seluruh bagian ikan ini bisa di makan bahkan kepalanya bisa di buat masakan lezat. Tulangnya bisa di olah menjadi kaldu yang tak kalah lezat juga. Disamping itu, biasanya olahan ikan patin mengandung bumbu yang komplek sehingga sangat menggugah selera makan.

Baca: Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Tak salah masyarakat menyukai ikan patin, karena ika patin memiliki banyak keunggulan, bukan hanya dari rasa tetapi dari manfaatnya yang luarbiasa untuk kesehatan. Berikut kita lihat apa saja manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh.

Mengenal Khasiat dan Manfaat Ikan Patin (Siluriformes)

1. Menurunkan kadar kolesterol kolesterol

Kolesterol tinggi adalah masakan yang sering di alami banyak orang terutama yang suka makan makanan berlemak. Namun anda mempunyai kabar gembira, untuk menyamai atau menetralisir kolesterol, anda bisa mengkonsumsi ikan patin. Ikan patin mengandung lemak tak jenis dan ini mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara memanggang, memasak sebagai gulai atau membuat sup ikan patin yang kaya rasa.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selanjutnya, mengkonsumsi ikan patin memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Ini adalah berkat tingginya lemak tak jenuh yang ada dalam daging ikan patin. Tahukah anda kalau jumlah lemak sehat pada ikan patin mencapai 50% dari total keseluruhan tubuhnya. Ini sebuah nomial yang luarbiasa, maka jika anda ingin menurunkan kolesterol atau menjaga kesehatan jantung, konsumsilah ikan patin secara teratur.

3. Mencegah jantung koroner

Selain manfaat ikan patin untuk mengatasi jumlah kolesterol, iakn patin yang rutin dikonsumsi juga bisa mencegah penyakit jantung koroner. Ini adalah penyakit yang terjadi akibat penumpukan lemak, kolesterol dalam tubuh. Lemak sehat tak jenuh dalam tubuh ikan patin berperan menjaga kesehatan jantung sehingga terhindar dari penyakit jantung.

4. Baik Untuk Pertumbuhan Bayi

Ibu hamil tidk boleh ragu mengkonsumsi ikan patin, ikan patin bermanfaat untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Ini berkat danya kandungan DHA tinggi dalam tubuh ikan patin serta omega 3. Kedua zat ini bermanfaat sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan jantung bayi selama dalam kandungan
  • Baik untuk Menjaga janin agar tetap sehat
  • Menjaga agar pertumbuhan bayi tetap sehat

Baca juga: Sariawan Pada Bayi dan Mengobatinya

5. Baik kesehatan tulang

Selanjutnya, ikan patin juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Ikan ikan patin dan durinya mengandung fosfor dan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Selain untuk tulang, fosfor juga bermanfaat untuk:

  • Menjag kesehatan gigi
  • Baik untuk mencegah osteoporosis
  • Menguatkan tulang dan gigi

6. Membantu pembentukan otot

Bagi olahragawan, ikan patin juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Ikan patin mengandung protein tinggi yang bagus untuk pembentukan otot. Mereka yang sedang diet membentuk badan yang indah, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan patin.

Berikut beberapa manfaat lain ikan patin:

  • Menguatkan otot
  • Menambah massa otot
  • Mengencangkan otot
  • Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
  • Menambah kekuatan tubuh

7. Sebagai lahan bisnis

Selanjutnya, khasiat ikan patin yang tak kalah penting adalah sebagai lahan bisnis. Jadi tidak hanya untuk kesehatan tapi juga sangat bagus prospek untuk mengembangkan lahan pemberdayaan ekonomi ummat. Diantara bisnis yang bis anda buka adalah pengembangbiakan ikan patin atau pengolahan ikan patin. Abon ikan patin adalah satu jenis bisnis yang sukses sekarang ini. Mereka yang jeli dengan peluang bisnis, tentu ikan patin sangat menjanjikan.

Keunggulan Ikan Patin Dibandingkan dengan Ikan lain

Keunggulan ikan patin memberikan manfaat ikan patin yang luarbiasa. Berikut beberapa keunggulannya:

1. Daging lembut dan gurih

Tekstur daging ikan patin sangatlah lembut dn gurih sehingga banyak yang menyukainya. Masyarakat Indonesia sangat menggemarikan ikan ini karena tekstru dan kelezatannya.

2. Mudah didapatkan

Hampir semua pasar ikan ada ikan patin baik itu tradiisonal atau pasar modern. Selain itu, patin juga termasuk ikan yang mudah di kembangbiakan sehingga mudah untuk kembangbiakkan.

3. Sebagian besar tubuh ikan patin bisa di olah

Bukan daging dan kepala ikan patin saja yang bisa diolah namun tulangnya juga bisa di olah. Salah satunya adalah abon ikan patin yang terdiri dari daging dan duri ikan tersebut. Jadi, hampir seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfatkan.

4. Ikan patin rendah kolestrol

Ikan ptin rendah kolesterol bahkan bisa menjadi obat bagi mereka yang bermasalah dengan tinggi kolesterol. Konsumsi ikan patin secara teratur mampu membantu menurunkan kolesterol pada tubuh berkat tingginya lemak tak jenuh.

5. Gizi yang tinggi

Ikan patin memiliki gizi yang tinggi, seperti protein, kalsium, lemak tak jenuh, dan lain lain: kandungan nutrisi ini memberikan manfaat ikan patin yang luarbiasa seperti:

  • Mempercepat pertumbuhan otot
  • mencegah penumpukan lemak dan mencegah penyumbatan pembuluh darah
  • Mencegah penyakit berbahaya seperti kardiovaskular dan jantung koroner.

Dengan melihat manfaat dan khasiat ikan patin dan keunggulannya, semoga masyarakat semkin menyukai ikan patin dan menjadikannya sebagai salah satu ladang bisnis yang menjanjikan.