Home Makanan 10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Sungguh Luarbiasa

10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Sungguh Luarbiasa

648
0
SHARE
manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan – Ikan gabus adalah jenis ikan yang hidup di peraian air tawar sehingga banyak di dapatkan di sungai-sungai dan rawa-rawa. Indonesia adalah adalah salah satu tempat subur bagi ikan gabus. Manfaat kesehatan ikan gabus yang luarbiasa membuat banyak orang melirik ikan ini sebagai menu makanan sehari-hari. Khasiat ikan gabus memang sangat fenomenal untuk kesehatan.

Kemudian, manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi sudah sangat terkenal dimana-mana. Orang yang baru saja melakukan operasi pasti disarankan untuk mengkonsumsi kan gabus. Kandungan protein yang ada dalam tubuh ikan ini melebihi dari kandungan protein dalam daging ikan manapun. Protein bekerja dalam pembentukan otot sehingga manfaatnya bagi mereka pasca operasi sangat besar sekali.

Tak hanya itu saja, ikan gabus juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Lantas, apa yang membuat manfaat ikan gabus untuk ibu hamil sangat luarbiasa. Ternyata, ikan gabus mengandung zat yang sangat dibutuhkan ibu selama kehamilan. Zat itu adalah protein albumin, protein ini terdapat banyak sekali dalam ikan gabus bahkan lebih banyak bila dibandingkan dengan ikan lele, dan ikan-ikan lainnya.

Zat protein yang sangat tinggi dalam tubuh ikan ini membuat manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangat populer dan terkenal. Berikut kita lihat manfaat ikan gabus bagi kesehatan, mulai dari manfaatnya untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi, manfaat ikan gabus bagi ibu hamil hingga cara memasak ikan gabus untuk obat.

10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

1. Pembentukan otot

Salah satu manfaat umum dari ikan gabus adalah untuk pembentukan otot. Ini berkat banyaknya kandungan protein dalam ikan gabus. Protein dalam ikan gabus melebihi dari kandungan protein yang ada dalam ikan lain baik itu ikan lele, ikan mas, ikan nila. Kandungan protein dalam 100 gram ikan gabus adalah 25, 2 gram protein.

Kalau anda mau membandingkan dengan protein dalam ayam sungguh ikan gabus sangat terdepan. Dalam 100 gram ayam mengandung 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram sementara dalam telur hanya mengandung 12, 8 gram. Jadi, kandungan protein yang tinggi dalam ikan membuat manfaat ikan gabus bagi kesehatan sangat terasa sekali dalam pembentukan otot.

2. Manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi

Bukan rahasia lagi kalau ikan air tawar ini sangat bermanfaat untuk luka. Kandungan protein albumin yang ada dalam tubuh ikan gabus membuat manfaatnya sangat baik untuk memperbaiki luka jaringan tubuh. Berbagai luka yang merusak otot baik itu luka akibat jatuh, luka setelah operasi atau luka lainnya sangat membutuhkan protein albumin. Ikan gabus adalah satu-satunya ikan yang menyediakan protein albumin dalam jumlah tinggi bila dibandingkan dengan ikan lain manapun.

3. Baik untuk pencernaan

Selanjutnya, manfaat ikan gabus untuk kesehatan adalah menjaga pencernaan karena daging ikan gabus sangat lembek. Ini disebabkan dari rendahnya protein kolagen dalam ikan gabus. Kalau dibandingkan dengan daging ternak lain maka ikan gabus paling rendah dengan kadar protein kolagen.

4. Membantu penyembuhan berbagai penyakit

Tak disangka kalau ikan gabus yang menghuni sungai-sungai dan rawa ini juga mempunyai manfaat besar untuk kesehatan seperti membantu kesembuhan hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dll. Jadi jangan anggap sepele dengan ikan gabus, rajinlah makan ikan air tawar ini untuk menjaga kesehatan tetap baik dan fit.

5. Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil yang suka makan ikan gabus harus merasa beruntung karena ikan gabus memang sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang mengandung. Kandungan protein albumin dalam ikan gabus sangat tinggi sekali sehingga bisa membantu ibu hamil yang kekurangan albumin. Albumin dalam tubuh manusia normal adalah 60-70% dari total plasma darah. Ibu hamil sering sekali mengalami kekurangan albumin terutama ketika akan melakukan persalinan. Jadi, manfaat ikan gabus untuk ibu hamil sungguh luarbiasa. Kalau keluarga anda mengalami kekurangan albumin maka alternatifnya adalah mengkonsumsi ikan gabus yang banyak mengandung albumin.

6. Bermanfaat untuk Memperbaiki gizi buruk

Selain ikan gabus bermanfaat untuk ibu hamil, ikan rawa ini juga sangat baik untuk memperbaiki gizi keluarga. Kandungan protein yang tinggi membuat gizi keluarga bisa tercukupi dengan mudah. Bagi anak-anak yang kekurangan gizi sangat di sarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus. Dalam 100 gram saja sudah bisa mencukupi gizi harian mereka.

7. Mengatasi pembengkakan bagian tubuh

Selain manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi, kandungan albuminnya juga sangat membantu dalam mengatasi pembengkakan tubuh. Kalau anda atau keluarga mengalami pembengkakan bagian tubuh, maka ikan gabus sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu menyembuhkan masalah bengkak dengan cepat.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selanjutnya, manfaat ikan gabus untuk kesehatan adalah meningkatkan daya imunitas tubuh anda. Kalau anda sering sakit atau sering diserang batuk, pilek dan flu maka mengkonsumsi ikan gabus secara rutin sangat baik. Ikan yang kaya nutrisi ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan lebih fit sehingga anda tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

9. Membantu penyembuhan anak autis

Manfaat luarbiasa lain dari ikan gabus adalah bisa membantu anak yang menderita autis dalam penyembuhannya. Ikan gabus mengandung nutrisi yang baik mereka yang menderita autis.

10. Manfaat ikan gabus untuk bayi

Manfaat ikan gabus untuk bayi mampu meningkatkan berat badan bayi dengan baik. Kandungan protein albumin dalam ikan gabus sangat berperan dalam membentuk otot dan menaikkan berat badan bayi. Kandungan gizi ikan gabus sangat penting untuk kesehatan hingga bagi kesehatan bayi sekalipun.

Fakta Gizi dalam Ikan Gabus

Apa yang anda ketahui tentang kandungan gizi ikan gabus sehingga membuat manfaatnya untuk kesehatan sangat luarbiasa. Ternyata dalam 100 gram ikan gabus mampu memberikan anda gizi sebagai berikut:

  • Kalori : 69 kalori
  • Kalsium : 62 miligram
  • Phospor : 76 miligram
  • Protein : 25,2 gram
  • Lemak : 1,7 gram
  • Vit.B : 0,04 miligram
  • Air : 69 gram
  • Besi : 0,9 miligram
  • Vit.A : 150 miligram

Cara Memasak Ikan Gabus untuk Obat

Memasak ikan gabus untuk kesehatan
wicaramina.blogspot.com

Nah, setelah kita tahu manfaat ikan gabus untuk kesehatan dan kandungan nutrisi dan gizi dalam ikan gabus. Sekarang Kita perlu tahu bagaimana cara mengkonsumsi ikan gabus. Bagaimana cara memasak ikan gabus untuk obat sehingga mafaat kesehatan ikan gabus lebih maksimal untuk penyembuhan seperti penyembuhan luka pasca operasi, mempercepat pembentukan otot dan lain-lain.

Salah satu cara memasak ikan gabus untuk obat adalah dengan mebuat sup ikan gabus. Sup ikan gabus tidak kalah enaknya dan khasiatnya dengan sup ayam yang sering kita santap. Untuk mempercepat penyembuhan luka setelah operasi atau operasi cesar ikan gabus bisa menjadi alterntif terbaik. Kandungan proteinnya yang tinggi mampu mempercepat kesembuhan anda.

Bagi anda yang baru bersalin baik dengan normal apalagi dengan operasi sangat disarankan untuk mengkosumsi ikan gabus. Buatkan sup ikan gabus dan nikmatilah hidangannya. Maka anda akan cepat dalam berjuang memulihkan kondisi kesehatan anda.

Demikianlah artikel singkat tentang manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari manfaat ikan gabus untuk ibu hamil atau manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi bahkan hingga cara memasak ikan gabus untuk obat. Kalau ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada keluarga, teman dan kolega anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here