SHARE
Manfaat Donor Darah

Manfaat donor darah – Mendonor darah memiliki manfaat bagi kedua belah pihak. Donor darah dilakukan ketika seseorang sudah melewati tes kelayakan untuk mendonor. Kemudian darah dimasukkan dalam kantong darah, biasanya 480 ml darah di ambil dari tubuh pendonor dan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Manfaat donor darah bagi yang menerika adalah bisa menyelamatkan mereka dari masalah yang mereka alami sekarang. Orang yang perlu mendapatkan donor darah adalah yang menderita kanker, anemia, kecelakaan, hemofilia dan tranplantasi organ (operasi).

Selain bermanfaar untuk mereka yang menerima darah, donor darah juga bermanfaat untuk pendonor sendiri. Bila anda suka mendonor darah, anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga. Maka, jangan malas-malas kita dalam mendonor darah karena selain baik untuk penerima juga baik untuk kesehatan pemberi.

Manfaat Donor Darah bagi Pendonor

1. Menjaga Jantung dan Melancarkan Aliran Darah.

Manfaat utama donor darah adalah menjaga kesehatan arteri dan jantung karena mendonor darah bisa melancarkan aliran darah. Anda tidak perlu takut dengan donor darah, penelitian mengatakan bahwa mereka yang rajin mendonor darah bisa terhindari dari serangan jantung hingga 88%. Tak hanya itu saja, namun manfaat donor darah juga baik untuk mencegah stroke, serangan jantung, dan kanker. Zat besi sangat penting untuk kesehatan, jadi harus di jaga agar tubuh selalu cukup terhadap mineral ini. Dikatakan, bahwa mendonor darah baik untuk mentabilkan mineral zat besi dalam tubuh.

Baca juga: Makanan penurun darah tinggi

2. Meningkatkan produksi darah merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah mestimulasi produksi sel darah merah baru. Seseorang yang rajin mendonor darahnya tentu sel darah merah akan berkurang dalam tubuh. Ini membuat sumsum tulang belakang bekerja menghasilkan sel darah merah baru yang segar untuk kesehatan tubuh. Maka, seseorang yang mendonor darahnya akan selalu sehat karena sel darahnya di gantikan dengan sel darah baru.

3. Memperpanjang usia

Memang usia seseorang adalah rahasia, namun dengan menjaga kesehatan seperti menjaga kesehatan darah lewat mendonor membuat tubuh selalu sehat dan fresh. Kesehatan ini membuat seseorang hidup lebih lama. Namun terlepas dari itu semua, penelitian mengungkapakan bahwa orang yang suka menoong manusia lain dalam hal apapun memiliki kehidupan yang lebih senang, bahagia dan hiduplebih lama.

4. Mendapatkan cek kesehatan secara gratis

Tahukah anda bahwa setiap darah hasil donor akan dimasukkan kedalam kantong darah dan di bawa ke laboratorium. Sebelum darah tersebut di simpan untuk keperluan orang lain maka darah kamu akan di tes dan harus melewati 13 tes untuk kelayakan bagi orang lain. Jadi, dengan berbuat mulia seperti mendonor darah anda juga sudah melakukan tes kesehatan secara cuma-cuma. Kalau darah anda bermasalah maka pihak terkait akan memberitahukan anda tentang kesehatan anda. Selain membantu orang lain anda juga sudah mendapatkan tes kesehatan secara cuma-cuma.

Lihat juga: Gejala demam berdarah

5. Menyelamatkan banyak orang

Manfaat donor darah yang luarbiasa adalah menyelematkan banyak orang. Sangat banyak orang yang membutuhkan darah kita, diantaranya mereka yang operasi besar, kecelakaan, kelainan darah, kanker, bahkan anak kecil atau bayi barulahir juga membutuhkan darah dalam kondisi tertentu.

Jika anda ingin mendonor darah anda bisa mendatangi PMI, tapi anda momen yang lebih mudah bagi anda yaitu setiap tanggal 14 juli, karena tanggal tersebut adalah diperingati sebagai hari donor darah sedunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here