SHARE
manfaat daun salam untuk kesehatan
@youtube.com

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan sudah dibicarakan sejak dahulu. Daun yang biasanya digunakan untuk penyedap rasa masakan kuah seperti kuah rendang, atau kuah gulai ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Baunya yang khas dan wangi menjadikan daun salam digunakan dalam berbagai masakan. Selain sebagai ramuan masakan, daun salam juga sering menjadi alternative obat dalam menangani bermacam keluhan.

Ada sejumlah manfaat daun salam untuk kesehatan yang patut diketahui sebagaimana yang dikutip manfaatsehatdotcom. Daun yang dikenal dengan nama “Indonesian bay-leaf” atau “Indonesian laurel” ini mengandung seribu khasiat bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Secara Umum

1. Mengobati diare

Salah satu manfaat daun salam adalah sebagai obat tradisional untuk diare. Cara membuat ramuan untuk diare sangat mudah, cukup dengan merebus daun salam dan meminum rebusan tersebut. Setelah dingin air rebusan ini diberi sedikit garam dan diminum. Insya Allah agar segera bebas dari diare.

2. Melancarkan darah

Khasiat daun salam selanjutnya adalah melancarkan aliran darah. Ini sangat bermanfaat bagi yang menderita kolesterol tinggi. Caranya yaitu dengan merebus daun salam bersama dengan daun ceremai dan meminumnya setelah dingin.

3. Mengobati stroke

Manfaat kesehatan daun salam juga terkenal sebagai obat alami untuk stroke. Namun, dalam membuatnya ramuan ini anda harus menyiapkan bahan lain yaitu jantung pisang. Masak daun salam bersama dengan jantung pisang. Anda bisa mencoba berbagai masakan dari jantung pisang dan nikmati setelah masak.

4. Mengobati radang lambung

Bagi anda yang mengalami radang lambung, anda bisa memanfaatkan daun salam, daun sambiloto, dan gula jawa. Semua bahan alami ini di rebus dan airnya diminum selagi masih hangat kuku. Lakukan dengan teratur untuk hasil yang maksimal

5. Menyeimbangkan asam lambung

Asam lambung sangat mengganggu, biasanya penderita asam lambung akan merasa perih pada bagian perutnya karena konstraksi gas.

Kalau ini masalah anda, segera atasi dengan memanfaatkan daun salam. Rebus daun salam dengan jumlah agak banyak, kemudian minum air rebusan tersebut.

6. Mengobati penyakit maag

Berikutnya, manfaat daun salam untuk kesehatan adalah mengobati masalah maag. Caranya: Ambil 15 sampai 20 lembar daun salam dan rebus, masukkan gula secukupnya. Minum ramuan ni setelah dingin secara teratur.

7. Melangsingkan tubuh

Anda sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan? Daun salam bisa menjadi teman anda, daun ini akan bekerja melangsingkan tubuh anda.

Baca: Buah-buahan paling sehat didunia

Cara membuat ramuan dalam salam untuk melangsingkan tubuh adalah hanya dengan mengunyah daun salam secara rutin setiap hari. Memang kedengarannya aneh, tetapi ini berkhasiat untuk anda. Anda mau mencobanya, silahkan lakukan secara teratur agar hasilnya bisa nampak.

Khasiat dan Manfaat Daun Salam yang Penting di Ketahui

1. Mengobati diabetes

Daun salam terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik dalam menangani masalah kesehatan. Diabetes tipe 2, kolesterol dan kelebihan glukosa adalah beberapa penyakit yang bisa di atasi dengan daun salam. Anda bisa menggunakan daun salam bubuk selama 30 hari. Kandungan antioksidannya mampu memproduksi insulin dengan tepat sehingga baik bagi mereka yang mengalami resistensi insulin.

2. Mencegah sel Kanker

Manfaat daun salam untuk kesehatan tak hanya terbatas pada penangan masalah sepele, tetapi juga berguna untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan asam caffeic, quercetin, catechin, euganol, mempunyai katakteristik perlindungan terhadap sel kanker. Manfaat lain adalah mencegah kanker servic akbat dari adanya kandungan phytonutrient yang disebut parthenolide.

So, untuk tambah sehat jangan lupa gunakan daun salam dalam masakan, terutama masakan kuah.

3. Mencegah Penyakit jantung

Daun salam mengandung zat penting seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien. Zat dan senyawa ini berfungsi untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Cara membuat ramuan: Rebus 10 lembar daun dalam dengan tiga gelas air bersih. Minum selagi masih hangat sebanyak 1 kali sehari.

Kandungan flavanoid dalam daun salam bermanfaat untuk membersihkan dan menormalkan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

4. Meredakan Batuk, Flu

Daun salam bersifat anti batu, flu dan infeksi. Kalau anda menderita batuk dan penyakit lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan, coba gunakan ramuan tradisional ini. Rebus air bersih dan masukkan 2 hingga 3 lembar daun salam. Biarkan menguap selama 10 menit. Kemudian rendamkan kain bersih dan gunakan kain tersebut untuk mengompres pada area dada. Cara ini akan meringankan flu, batuk dan pilek yang anda alami.

5. Gangguan ginjal

Ternyata daun salam mempunyai khasiat yang luarbiasa dalam mengobati ginjal. Untuk mendapatkan manfaat daun salam untuk ginjal, anda cukup mendidihkan 5 gram daun salam dalam air sebanyak 200 ml. Biarkan air tersisa 50 ml, saring dan minum dua kali sehari. Ini bermanfaat untuk menghentikan pembentukan batu ginjal. Luarbiasa!

Baca juga: Manfaat daun kelor untuk kesehatan

6. Mengobati asam urat

Asam urat adalah masalah kesehatan yang sering di alami siapa saja. Kandungan purin yang tertumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan asam urat. Dengan memanfaatkan khasiat daun salam, sekarang anda bisa mengobati asam urat langsung dari rumah.

Ambil 10 lembar daun salam, rebus dengan 10 gelas air. Biarkan hingga airnya tersisa 5 gelas. Minum rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengatasi rasa sakit

Daun salam mempunyai minyak esensial yaitu yang di ekstrak dari daun tersebut. Minyak esensial daun salam bermanfaat sebagai anti peradangan (inflamasi). Manfaat minyak daun salam adalah untuk meringankan keseleo, srthritis, reumati, nyeri dan strain. Selain itu, minyak esensial daun salam juga bisa membantu menurunkan sakit kepala sebelah atau migrain.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang penting diketahui. Kandungan beragam senyawa kimia alami pada daun salam menjadikan sebagai harta benda tak ternilai dalam dunia kesehatan. Sebagai ramuan masakan, daun salam sebaiknya tidak luput dari setiap masakan yang dibuat agar manfaat kesehatan daun salam bisa di dapatkan melalui setiap suapan makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here