manfaat daun kenikir

15 Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan

Posted on

Daun kenikir dikenal juga dengan daun ulam raja dan sangat banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia karena manfaat daun kenikir yang luarbiasa. Ia tergolong dalam jenis sayuran, namun tak sedikit daun ini juga dimanfaatkan sebagai obat herbal yang menyembuhkan.

Pengolahan daun kenikir dengan berbagai cara sangat banyak di manfaatkan untuk herbl mengobati berbagai penyakit. Salah satu cara mengolahnya adalah dengan merebus dan mengambil airnya, bisa juga di tumbuk kemudian di olesi pada luka luar. Sebelum kita lihat khasiat daun kenikir, mari kita lihat nutrisi yang terkandung didalamnya.

Nila Obat Daun Kenikir

  • Mengandung saponin
  • Flavonoid
  • Mineral
  • Terpenoid
  • Tokoferol
  • Mineral
  • Hidroksieugenol
  • Polifenol
  • Kuersetin

Berkat banyaknya kandungan nilai obat pada daun kenikir maka wajar saja kalau sayura ini multifungsi. Ia tidak hanya bermanfaat untuk makanan namun juga menyembuhkan penyakit. Berikut kita lihat khasiat dan manfaat kenikir untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan

1. Sebagai obat kanker

Flavonoid dan saponin adalah dua kandungan dalam daun kenikir yang berkhasiat untuk megobati kanker. Kedua zat ini adalah pemutus mata rantai sel kanker. Maka mengkonsums daun kenikir secara teratur bisa mengatasi dan menyembuhkan sel kanker.

2. Meningkatkan imunitas

Mengkonsumsi daun kenikir secara teratur bisa meningkatkan kekebalan tubuh akibat dari tercukupi semua kebutuhan tubuh. Dalam kondisi ini tubuh akan mudah membangun sisem pertahanannya dengan baik.

3. Menghalau Radikal Bebas

Radikal bebas dihasilkan dari polusi udara, dari makanan yang terkontaminasi bahan kimia, dari berbagai buah dan sayuran yang tidak sehat. Zat radikal bebas adalah penyebab tumbuhnya sel kanker. Mengkonsumsi daun kenikir bermanfaat untuk menghalau dan melawan radikal bebas dalam tubuh. Artinya, daun kenikir ampuh mencegah sel kanker dan penuaan dini.

4. Menguatkan jantung

Nutrisi seperti flavonoid bertindak sebagai antioksidan dan berguna untuk memperbaiki sel-sel rusak. Selain itu, manfaat flavonoid adalah melancarkan aliran darah sehinga kesehatan jantung tetap terjaga, akhirnya menguatkan otot jantung.

5. Membersihkan darah

Selanjutnya, manfaat daun kenikir adalah sebagai herbal untuk membersihkan darah dari racun dan berbagai benda asing lainnya. Seseorang yang menjalankan pola hidup yang tidak sehat bisa membuat darahnya kotor karena terkontaminasi dengan benda asing pada makanan itu. Mengkonsumsi daun kenikir mampu menetralkan racun dalam tubuh dan membersihkan darah.

6. Obat maag

Mengkonsumsi makanan secara tidak teratur bisa menyebabkan sakit maag, selain itu maag juga di picu oleh kelebihan asam dalam lambung. Daun kenikir bisa menetralkan asam dalam lambung dan bisa mengobat luka lambung aibat mempraktek gya hidup tak sehat.

7. Menyehatkan tulang

Khasiat daun kenikir juga menyehatkan tulang, ia mampu mencegah pengeroposan tulang dan meningkatkan pertumbuhan tulang pada anak-anak. Oleh karena itu, tidak hanya orang tua saja yang dianjuran untuk mengkonsumsi daun kenikir namun juga sangat baik di makan oleh anak-anak usia pertumbuhan.

8. Mencegah penuaan dini

Khasiat selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Penuaan dini adalah penuaan yang tidak cocok dengan usia seseorang. Penyebab penuaan dini adalah mengkonsumsi makanan tidka sehat, atau karena tidak merawat kulit dengan baik. Untuk mencegah penuaan dini sebaiknya seseorang melakukan perawatan yang baik dan menjaga pola makan serta mengkonsumsi makanan sehat. Lihat: Makanan sehat didunia.

Untuk merawat kulit, anda bisa mengkonsumsi daun kenikir secara teratur atau membuat masker dan menempelnya pada wajah secara merata.

9. Sebagai obat gondongan

Selain mencegah penuaan dini, manfaat daun kenikir adalah mengobati gondongan. Senyawa polifenol berperan dalam mengobati gondongan dan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Cara membuat herbal sangat mudah, cukup dengan merebus daun kenikir atau dengan menumbuk halus seperti pasta dan menempelkannya pada leher yang bengkak.

10. Memperbaiki nafsu makan

Anda atau keluarga anda tidak mau makan atau kurang selera makan? Kenapa tidak melirik daun kenikir saja. Daun ini sudah terbukti mampu meningkatkan nafsu makan anda dengan baik. Daun ini cocok di berikan kepada mereka yang sakit dan menurunnya nafsu makan dan kepada anak-anak yang tidak punya selera makan.

11. Meningkatkan daya ingat

Ini adalah khasiat dan manfaat daun kenikir yang luarbiasa. Orang tua yang mengalami masalah dengan daya ingat, coba berikan maskan dari daun ini atau meminum air rebusan dun kenikir. Zat yang ada dalam daun kenikir diklaim mampu memperbaiki daya ingat dan mencegah kepikunan. Daun herbal ini bekerja dengan memperbaiki sel-sel otak yang rusak.

12. Obat untuk payudara bengkak

Payudara anda mengalami pembengkakan, ada banyak penyebab payudara bengkak, bisa karena sedang masa menstruasi atau sedang menyusui. Jika anda merasa sakit atau bermasalah dengan itu, gunakan saja daun kenikir yang ditumbuk hingga lembut. Cara lain yang mudah di lakukan adalah dengan meminum air rebusan setiap pagi dan malam menjelang tidur secara teratur. Baca juga: Benjolan di payudara yang bukan kanker

13. Meningkatkan stamina

Pekerjaan sering membuat seseorang menjadi loyo dan lemas, untuk membangkitkan kembali stamina anda, anda tidak perlu mengkonsumsi makanan atau minuman berbahan kimia, tetapi cukup dengan daun kenikir. Rebus daun kenikir dan rasakan stamina anda kembali bangkit.

14. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut sering terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah akibat panyakit pada gigi, penyakit pada lambung atau karena tidak menjaga kebersihan mulut. Merebus daun kenikir dan berkumur dengan air itu bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bau mulut. Air kenikir bisa menghilangkan bakteri pada mulut dan lambung sehingga menghilangkan bau tak sedap.

15. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat daun kenikir yang tak kalah menarik adalah mampu memperbaiki kesehatan mata. Untuk khasiat ini anda cukup mengkonsumsi air rebusan kenikir seminggu sekali.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata

Cara Membuat Herbal dari Daun Kenikir

  • Ambil beberapa helai daun kenikir yang masih segar, bersihkan
  • Ambil 3 gelas air minum dan masak dalam panci
  • Masukkan daun kenikir yang sudah di bersihkan tadi
  • Rebus daun kenikir hingga air tersisa 1 gelas
  • Bisa juga menambahkan madu murni ketika minum untuk menambah khasiat
  • Minum sehari sekali atau 1×1 atau sesuai dengan kondisi penyakit anda