Home Daun Manfaat Daun Keji Beling bagi Kesehatan

Manfaat Daun Keji Beling bagi Kesehatan

8
SHARE
daun keji beling

Daun keji beling adalah salah satu herbal kuno yang sangat bermanfaat untuk mengobat berbagai masalah kesehatan terutama batu ginjal. Keji beling meiliki nama ilmiah Strabilanthes cripus Bl. Tanaman ini banyak di temukan di hutan, semak, tepi sungai, tebing atau tmbuh di pekarangan sebagai pagar hidup. Keji beling bisa hidup pada daerah dengan ketinggian 50 m hingga 1200 meter di atas permukaan laut.

Tanaman keji beling memiliki ciri-ciri seperti batang bulat, berbentuk semak, daun hijau, bercabang banyak dan tumbuh dengan ketinggian 1 hingga 2 meter. Ciri ciri daun keji beling adalah daun hijau, tangkai pendek, letaknya berhadapan dengan daun sebelahnya, permukaan kasar, tepi bergerigi, bentuknya lonjong tipis dan ujungnya runcing.

Bunga keji beling tumbuh majemuk berkumpul pada satu bulir dengan mahkota bunga terletak di tengahnya. Mahkota bunga ini berwarna kuning dan berbentuk corong. Sementara buah keji beling berbentuk gelondong dengan jumlah biji sebanyak 2 hingga 4 biji didalamnya.

Daun keji beling mempunyai nama lain di beberapa tempat fi Indonesia seperti pecah beling, ngokilo dan enyoh kelo.

Manfaat daun Keji Beling

Daun ini sudah lama di teliti sebagai daun obat. Setelah di pastikan banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan, maka daun ini kemudian menjadi salah satu herbal tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti batu ginjal. Diantara nutrisi dalam daun keji beling adalah kalsium karbonoat yang cukup tinggi. Sementara kandungan dalam daunnya adalah kalsium, fosfor, natrium, kalium, dan mengandung kafein dalam jumlah sedikit.

Menyimak kandungan nutrisi di atas, maka diketahui manfaat daun keji beling untuk mengobati dan mengatasi beberapa penyakit seperti meluruhkan batu ginjal dan lain-lain. Berikut beberapa manfaat keji beling dan khasiatnya untuk kesehatan.

1. Melancarkan kemih

Salah satu khasiat keji beling adalah melancarkan keincing. Kalau anda selama ini merasa kesulitan dan susah buang air kecil anda bisa mencoba ramuan keji beling. Ambil 25 gram daun keji beling dan rebus dalam 2 gelas air. Kalau sudah mendidih, matikan api dan tunggu dingin untuk kemudian diminum sekali sehari.

2. Menogbati batu ginjal

Batu ginjal adalah penyakit serius yang bisa membuat anda kehilangan nyawa. Ketika ginjal rusak maka tubuh akan selalu terkontaminasi racun dalam darahnya. Ini menyebabkan tubuh mengalami komplikasi penyakit. Jika gagal ginjal terjadi maka anda harus melakukan cuci darah demi menyambung hidup, harganya luarbiasa mahal.

Untung, kita memilki tanaman keji beling yang memiliki khasiat meluruhkan batu ginjal. Untuk membuat ramuan peluruh batu ginjal, sediakan 50 gram daun keji beling, 7 lembar daun wungu, 7 batang mineral segar. Cuci bersih semua bahan dan rebus dengan 4 gelas air, biarkan terisisa 2 gelas. Minum 2/3 gelas per hari.

Ramuan lain untuk meluruhkan batu ginjal adalah menggunakan 5 lembar daun keji beling, 5 lembar daun tempuyung, dan 6 buah tonggol jagung. Rebus dengan 5 gelas dan biarkan air rebusan tersisa 2 1/4 gelas. Diamkan hingga dingin dan diminum untuk tiga kali sehari. Minum ramuan ini hingga batu ginjal hancur dan luruh.

3. Meluruhkan batu empedu

Selain meluruhkan batu ginjal, manfaat daun keji beling adalah meluruhkan batu empedu secara alami dan tradisional. Untuk membuat ramuan herbal ini anda hanya perlu untuk mengambil 5 lembar daun keji beling, 7 lembar daun wungu dan rebus dengan 3 gelas air bersih. Sisakan air rebusan menjadi 2 gelas dan minum dua kali sehari dengan masing-masing takar adalah 1 gelas.

4. Mengobati konstipasi

Konstipasi adalah keadaan dimana tubuh susah mengeluarkan limbah dan bentuk feses. Sehingga tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan berbagai masalah seperti kanker usus dll.

Bila anda mengalami masalah konstipasi, jangan khawatir karena ada daun keji beling. Cara membuat herbal dengan keji beling sangat mudah. Ambil segenggam daun keji beling, dan cuci bersih dengan air mengalir. Rebus dengan air dua gelas dan biarkan tersisa 1 gelas. Kemudian tunggu hangat dan saring ramuan tersebut, anda bisa meminum 1 gelas untuk sekali minum.

Itulah beberapa manfaat daun keji beling untuk kesehatan tubuh. Daun semak tidak boleh di sepelekan, siapa tahu ia mengandung berbagai nilai obat. Selain keji beling ada lagi tanaman semak yang kaya manfaat seperti buah ciplukan, yaitu tanaman yang tumbuh di semak atau di hutan. Baca: Manfaat Buah Ciplukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here