SHARE
manfaat daun alpukat
aryanto.id

Manfaat daun alpukat – Alpukat adalah buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Kandungan lemak tak jenuh membuat siapa saja yang mengkonsumsinya mampu menurunkan berat badan. Manfaat alpukat memang sangat luarbiasa untuk kesehatan kita. Padahl, tidak hanya buah saja yang mempunyai khasiat untuk kesehatan karena daunnya yang hijau tua juga menyimpan seribu khasiat unutk kesehatan.

Manfaat daun alpukat sangat jarang di ketahui, bisa di pastikan anda belum pernah tahu manfaatnya. Maka, anda harus membaca artikel ini hingga tuntas sehingga manfaat daun ini bisa anda ketahui.

Khasiat kesehatan daun alpukat tidak terlepas dari banyaknya nutrisi dan senyawa kimiawi didalamnya yang membuat daun ini menjadi obat alami. Diantara senyawa tersebut adalah Flovanoid yang memberikan warna pada daun, Polifenol yaitu senyawa yang berguna untuk melindungi daun dari predator, dan parasit.

Selanjutnya, adanya senyawa Querstin yaitu senyawa yang bermanfaat untuk melindungi alpukat dari penyakit. Rasa pahit dalam alpukat adalah akibat dari hadirnya senyawa querstin. Senyawa ini bekerja membunuh bakteri jahat yang membinasakan alpukat seperti pseudomonas sp, escherisia sp, staphylococcus sp, bacillus sp, dan protectus sp.

Kandungan senyawa ini membuat manfaat daun alpukat sangat besar bagi kesehatan tubuh. Berikut kita lihat apa saja manfaat daun alpukat dari sisi dunia kesehatan.

10 Manfaat Daun Alpukat Yang Tak Anda Sangka

1. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi kerap di alami oleh orang tua. Tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah atau bertumpuknya lemak pada pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebakan tekanan darah menuju jantung atau otak. Seseorang yang sudah parah dengan kondisi ini bisa mengalami pecahnya pembuluh darah dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca: Manfaat lada hitam bagi kesehatan

Salah satu manfaat daun alpukat adalah mengatasi tekanan darah tinggi. Bila anda salah satu yang beresiko terhadap hipertensi maka obati saja dengan menggunakan daun alpukat. Ambil 6 lembar daun alpukat dan rebus dalam air 500 ml hingga tersisa 250 ml. MInum rebusan ini setiap hari secara teratur. Insya Allah hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa di obati.

2. Manfaat daun alpukat untuk kecantikan

Selain untuk manfaat kesehatan, daun alpukat juga menyimpan manfaat untuk kecantikan wanita. Daun alpukat bisa digunakan untuk menghaluskan kulit dan mencegah kulit kering. Ini sama dengan menggunakan masker buah alpukat untuk kecantikan wajah anda.

Cara membuat ramuan dari daun alpukat adalah dengan menghancurkan beberapa daun alpukat yang masih muda hingga benar-benar halus. Lalu tempelkan pada kulit yang ingin di haluskan secara teratur.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Selanjutnya, manfaat daun alpukat adalah mencegah sel kanker. Kandungan antioksidan yang ada dalam daun alpukat bekerja menjaga zat asing dari tubuh dan mengeluarkannya dari tubuh. Salah satu zat asing itu adalah radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat secara teratur anda bisa menjaga tubuh tetap sehat dari serangan berbagai penyakit termasuk sel kanker.

4. Menghitamkan rambut

Bagi kamu yang ingin tampil cantik dengan rambut hitam berkilau, sepertinya daun alpukat bisa anda gunakan sebagai masker rambut. Menggunakan daun alpukat yang sudah di haluskan pada rambut secara teratur bisa membuat rambut sehat dan hitam alami. Balurkan rambut secara merata dengan masker daun alpukat dan diamkan selama 10-15 menit.

Baca: Makan semangka berlebihan buruk bagi kesehatan

5. Menyembuhkan batu ginjal

Manfaat daun alpukat yang sangat luarbiasa dan belum pernah anda ketahui adalah menyembuhkan batu ginjal. Hanya dengan mengkonsumsi perasan atau rebusan daun alpukat secara teratur anda bisa menjaga tubuh dari batu ginjal.

6. Menetralkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa membuat seseorang mengalami serangan jantung bahkan stroke. Kolesterol jahat sanat berbahaya jika dibiarkan. Maka perlu pencegahannya sejak dini, anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti buah alpukat, atau menggantikan minyak ikan dengan minyak zaitun.

Selain cara di atas, anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan mengkonsumsi rebusan daun alpukat. Anti oksidan yang tinggi membuat kolesterol dalam tubuh bisa di minimalisir.

7. Sehat bagi jantung

Khasiat daun alpukat selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Karena daun alpukat bersifat melancarkan pembuluh darah dan menghilangkan kolesterol maka manfaat kesehatan daun alpukat juga bisa di rasakan untuk jantung secara menyeluruh. Mengknsumsi rebusan alpukat secara rutin akan menjaga jantung tetap sehat dan fit.

8. Kencing manis

Kencing manis atau gula darah adalah penyakit berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain. Maka salah satu cara mencegah dan mengobati kencing manis adalah dengan mengkonsumsi daun alpukat. Zat dan senyawa kimia dalam daun alpukat akan membantu menyembuhkan penyakit kencing manis dan gula darah.

9. Mengatasi pegal linu

Pegal dan linu juga masalah kesehatan yang bisa di sembuhkan dengan memanfaatkan daun alpukat.

10. Menu masakan

Terakhir, manfaat daun alpukat adalah sebagai pelengkap masakan. Masakan orang Amerika seperti sup, barbeque sering menggunakan daun alpukat sebagai pelengkapnya. Makanan dengan adanya rempah dari alpukat ini akan memberikan rasa khas dan memberikan kenikmatan tersendiri.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi daun alpukat untuk kesehatan, semoga dengan artikel singkat ini anda bisa mengetahui manfaat daun alpukat yang sebelumnya belum anda ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here