Home Buah Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Kesehatan

14
SHARE
Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

Buah matoa adalah asli Papua namun matoa sudah banyak ditemukan didaerah lain seperti sulawesi dan Maluku. Khasiat dan manfaat buah matoa sudah tidak asing lagi, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Rasanya yang manis seperti rambutan membuat banyak orang suka mengkonsumsi buah ini. Warna buahnya merah keunguan dengan sedikit hijau dan berbentuk seperti buah sawo.

Berbicara tentang manfaat buah matoa, sangat banyak masalah kesehatan yang bisa di kendalikan dan dikontrol dengan mengkonsumsi buah ini. Semua ini berkat banyaknya kandungan nutrisi dalam matoa. Buah asal Papua ini tinggi kandungan air, glukosa, vitamin dan mineral. Manfaat matoa untuk kesehatan sangat tinggi, jadi bila anda menderita masalah kesehatan ada baiknya untuk mencoba makan buah ini, siapa tahu anda tidak perlu mengkonsumsi obat sintetis. Berikut beberapa khasiat dan manfaat buah matoa yang harus anda tahu.

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

Untuk mengetahui dengan jelas apa saja manfaat kesehatan buah Matoa asal papua ini, mari kita lihat penejelasan nutrisi yang ada dalam buah Matoa.

Berkaitan: manfaat buah naga merah bagi kesehatan

#1. Anti oksidan

Kandungan antioksidan dalam matoa memberikan manfaat luarbiasa. Senyawa antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas bisa merusak sel kulit dan mengakibatkan munculnya sel kanker.

#2. Menambah energi

Buah matoa juga bermanfaat untuk boosting energy, kandungan nutrisi didalamnya mampu mengembalikan tenaga yang hilang setelah seharian beraktivitas. Kalau anda termasuk salah satu yang mudah capek dan letih, coba untuk mendapatkan khasiat buah Matoa.

#3. Tinggi serat

Tinggi nilai serat dalam buah Matoa memberikan manfaat untuk pencernaan yang baik. Serat, baik larut atau tidak larut sangat baik untuk kesehatan. Serat larut memberikan rasa kenyang dan mempertahankan rasa lapar sehingga anda tidak ingin menambah porsi makanan. Ini baik untuk diet menurunkan berat badan.

Sementara serat tak larut bermanfaat untuk memudahkan pergerakan usus sehingga melancarkan buang air besar. Selain itu, manfaat serat adalah mengikat kolesterol dan lemak serta megeluarkannya dari perut.

Baca juga: Manfaat semngka bagi Kesehatan

#4. Menunda penuaan dini

Manfaat buah matoa yang sangat banyak di minati kaum muda terutama para gadis adalah kemampuannya dalam mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi Matoa dengan teratur bisa menunda penuaan dini dengan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah penyebab terjadinya oksidasi dalam tubuh yang menyebabkan kulit keriput, timbul garis-garis penuaan dan kerusakan sel dan jaringan.

Kandungan antioksidan dalam buah Matoa mampu mencegah dan menghilangkan zat tersebut sehingga ia baik untuk menjaga tubuh tetap awet muda.

#5. Mencegah tekanan darah tinggi

Khasiat buah matoa selanjutnya adalah mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung potasium yang berfungsi untuk menstabilkan darah sehingga anda terhindari tekanan darah tinggi.

#6. Mengobati Ambien

Selanjutnya, manfaat buah matoa adalah mengobati ambien. Ini adalah penyakit hemorrhoid yang menyerang anus. Penyakit ini mengganggu aktivtas BAB seseorang. Mengkonsumsi Matoa dengan kandungan serat yang tinggi bisa membantu menyembuhkan penyakit ini dengan cepat.

#7. Menghilangkan stres

Stres adalah gejala psikologi yang menyebabkan seseorang depresi dan mengalami gangguan jiwa. Jika anda merasakan hal ini sebaiknya segera mengkonsumsi buah matoa. Kandungan yang ada dalam buah ini mampu meregulasi hormon kortisol penyebab stres.

#8. Menyehatkan ginjal

Manfaat matoa juga berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Ginjal adalah organ terpenting dalam tubuh, jika tidak ada maka tubuh akan keracunan limbah. Jadi, menjaga kesehatan organ ginjal sangat penting. Merutinkan makan matoa adalah salah satu cara yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan ginjal.

#9. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula yang terlalu tinggi akan menyebabkan seseorang mengalami pre diabetes atau diabetes. Maka, perlu mengkonsumsi makanan yang bisa mencegah naiknya gula darah. Khasiat dan mafaat matoa adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Makanan berserat merupakan jenis makanan yang baik untuk diabet.

Lihat juga: Manfaat Buah delima untuk kesuburan

#10. Mengeluarkan racun/detoksifikasi racun

Tubuh kita adalah tempat bagi berbagai jenis makanan dan minuman yang kita minum. Sebagian dari makanan tersebut adalah racun yang bisa menyebabkan penyakit. Solusinya adalah membuang racun dalam tubuh. Fungsi ginjal adalah menyaring racun dan membuangnya melalui urin, sebagian lagi dibuang melalui feses dan keringat.

Buah yang bermanfaat untuk detoksifikasi racun sangat bayak, dan salah satunya adalah Matoa. Mengkonsumsi buah ini secara teratur bisa membantu tubuh dalam mngeluarkan endapan racun dan limbah berbahaya.

Selain manfaat dan khasiat matoa diatas, buah asal papua ini juga masih mempunyai manfaat lain yang luarbaisa seperti melembabkan kulit, mencegah kanker, tumor, menghilangkan jerawat, mencerahkan kulit, menghaluskan kulit dan berguna untuk kesehatan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here