Home Buah 13 Manfaat Buah Semangka, Mulai Asma Hingga Obati Impotensi

13 Manfaat Buah Semangka, Mulai Asma Hingga Obati Impotensi

401
SHARE
manfaat buah semangka

Buah semangka adalah buah berair yang sangat mudah di temukan di Indonesia, Semangka memiliki rasa manis dan menyegarkan. Manfaat buah semangka untuk kesehatan sungguh mengagumkan, ia bisa mengobati berbagai keluhan seperti asma hingga penyakit impotensi. Jadi, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah segar ini terutama di musim kemarau untuk mencegah dehidrasi dan menuai banyak manfaat lainnya.

Buah semangka memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah semangka kuning, merah dan semangka merah non biji. Walaupun banyak varietasnya, namun kandungannya gizinya tetap seimbang dan bagus untuk konsumsi harian keluarga.

Nutrisi Buah Semangka

Semangka Mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, vitamin, mineral serta rendah kalori. Jadi, mengkonsumsi buah semangka baik untuk anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Untuk lebih jelas tentang nutrisi buah semangka, berikut kita lihat.

Nutrisi semangka berikut ini adalah diambil dari setiap 100 gram.

  • Folat 9 mcg
  • Sodium 2,9 mg
  • Magnesium 30 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  • Zat Besi 0,98 mg
  • Vitamin A 1630 IU
  • Mangan 0,112 mg
  • Riboflavin 0,09 mg
  • Seng 0,32 mg
  • Tembaga 0,15 mg
  • Tiamin 0,092 mg
  • Kalium 319 mg
  • Niasin 0,521 mg
  • Vitamin E 0,15 mg
  • Asam Pantotenat 0,654 mg
  • serat 1,9 g
  • Vitamin C 23,4 mg
  • B6 vitamin 0,123 mg
  • Vitamin K 0,4 mcg
  • Protein 1,74 g
  • Kalori 85 kalori

Tidak salah kalau kita mengatakian bahwa buah semangka adalah buah yang mengandung nutrisi lengkap. Dalam 100 gram semangka anda bisa menemukan banyak nutrisi seperti yang telah kita sebutkan di atas. Melihat tabel diatas, tentu kita tidak ragu lagi dengan manfaat kesehatan buah semangka.

Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

1. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah semangka adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi, mereka yang mengalami masalah dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat di sarankan untukrutin mengkonsumsi buah manis ini. Pembuluh darah yang dalam keadaan tertekan akan di atasi oleh nutrisi buah semangka. Maka, selain menyegarkan juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan darah. Baca: Manfaat Buah Durian

2. Mencegah Asma

Asma adalah penyakit pernapasan yang mematikan. Buah semangka bukan mengobati penyakit ini tetapi mencegah. Artinya kalau anda masih pada tahap gejala seperti bermasalah dengan pernapasan anda bisa merajinkan diri mengkonsumsi buah segar ini. Selain itu, semangka efektif meningkatkan kekebalan tubuh karena banyak mengandung vitamin C.

Note: Kalau anda sudah diserang Asma maka anda harus memeriksa ke dokter untuk hasil yang lebih pasti. Semangka baik dikonsumsi sebelum anda diserang asma karena bersifat mencegah.

3. Mencegah Kanker

Selanjutnya, Semangka termasuk buah segar dengan kandungan likopen dan vitamin c yang tinggi. Zat ini memainkan peranan dalam mencegah radikal bebas si penyebab kanker. Jadi, mengkonsumsi buah kaya antioksidan dan likopen ini baik untuk mereka yang menderita penyakit kanker seperti kanker prostat dan kanker lainnya. Namun perlu di ingat, ini adalah mencegah kanker buakn mengobati. Bagi yang terhinggap kanker sebaiknya mencoba manfaat buah dan daun sirsak, daun luarbiasa mengobati kanker.

4. Mencegah Dehidrasi

Manfaat semangka yang berikutnya adalah mencegah dehidrasi. Sebagaimana sifat semangka sebagai buah berair tentu mengkonsumsi secara teratur bisa mencegah tubuh kekurangan cairan. Pada gilirannya ini akan menjaga tubuh tetap bertenaga dan penuh konsentrasi. Kekurangan air sungguh buruk bagi tubuh, karena disamping mencegah dehidrasi juga membantu kerja ginjal. Ginjal akan berat kerjanya manakala tubuh kekurangan air.

5. Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi pada tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama karena menjadi penyebab berbagai penyakit. Mengkonsumsi semangka secara teratur bagus untuk kesehatan dan membuat tubuh tetap segar. Buah semangka mengandung kolin yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan otot, menjaga ingatan dan membuat tubuh tetap santai dan rilek. Manfaat lain dari kolin adalah membantu penyerapan lemak dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel tubuh.

6. Mengobati Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah keadaan yang terjadi akibat pencernaan yang kurang sehat. Ini di picu oleh makanan yang kurang air dan kurang serat. Semangka adalah buah berair dan penuh dengan serat yang bisa menjaga usus tetap sehat. Fungsi makanan berserat adalah memebantu pergerakan susu sehingga tidak terjadi konstipasi.

7. Melembutkan Kulit

Mengkonsumsi semangka tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi tetapi juga kaya vitamin A yang membuat kulit halus dan lembab. Jadi, manfaat buah semangka untuk kesehatan adalah mencegah kulit kusam dan bersisik. Perempuan yang sering makan semangka pasti memiliki kulit yang lebih sehat dan terhindar dari kulit kering. Kandungan Vitamin A dalam semangka juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh.

8. Menjaga Elastisitas Kulit

Selanjutnya, manfaat buah semangka adalah untuk elastisitas kulit. Buah semangka kaya dengan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Vitamin C dalam semangka akan membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehingga kandungan kolagen tidak sia-sia. Maka, kulit akan selalu lembab dan lembut. Pemeliharaan sel tubuh juga terpenuhi dengan semangka karena ia penuh dengan air. Baca juga: Manfaat buah melon

9. Mengatasi Nyeri Otot

Semangka juga mengandung asam amino citruline yang bermanfaat mengatasi nyeri otot. Makan buah semangka secara teratur akan menjaga tubuh tetap rilek dan jauh dari nyeri pada otot. Manfaat yang luarbiasa ini sering di manfaatkan oleh atlet untuk menghilangkan rasa nyeri pada otot.

10. Manfaat Semangka Untuk Diet

Manfaat asam amino citruline dalam semangka sangat baik untuk menghancurkan lemak yang terakumulasi pada perut. Zat citruline ini ditemukan setelah diubah menjadi arginin oleh ginjal. Ketika zat ini menjadi arginin maka ia akan mempunyai kemampuan yang jauh lebih tinggi untuk meluruhkan sel-sel lemak dan mengeluarkan lewat feses. Maka, bagi anda yang sedang menjalani program diet sangat bagus mengkonsumsi buah semangka.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan likopen bisa di andalkan sebagai senyawa penting untuk jantung dan tulang. Kandungan air yang tinggi dalam semangka mampu menjaga dan memelihara sel tubuh dengan optimal. Selain itu, semangka juga menurunkan oksidatif pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung atau hipertensi. Likopen juga menjaga penyerapan kalsium tetap baik sehingga mencegah osteoporosis.

12. Manfaat Semangka Untuk Mata

Betakarotin dan Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan semangka ternyata menyediakan kedua zat ini. Kedua zat ini menjaga mata dengan memelihara retina dan lensa mata. Selain itu, makan semangka juga baik untuk menjaga kesehatan mata akibat usia seperti penyakit katarak dan rabun.

13. Mencegah Impotensi

Manfaat semangka yang sungguh luarbiasa adalah mencegah impotensi. Jadi, lelaki sebaiknya mencintai buah ini karena besar khasiatnya untuk kesehatan. Senyawa citruline yang dirubah menjadi arginin berperan besar dalam menjaga kesehatan ereksi kaum lelaki. Jadi, semangka bisa meningkatkan gairah dan libido seksual. [baca: Benefits of Watermelon]

Cara Mengkonsumsi Semangka

Semangka adalah buah segar dengan aneka nutrisi didalamnya. Namun, untuk mendapatkan manfaat buah semangka dalam mengkonsumsinya perlu teknik dan cara agar apa yang kita makan tidak terjangkit bakteri. Ikuti Cara Makan Semangka berikut ini.

  • Cuci bersih kulit semangka sebelum di belah. Ini bertujuan agar bakteri pada kulit bisa hilang. Selama di penampungan sangat mungkin banyak bakteri pada kulit semangka
  • Setelah mengupas kulitnya, baru sajikan buah semangka
  • Hindari mengkonsumsi semangka yang sudah lama di potong, dengan kata lain konsumsi hanya semangka yang baru di potong
  • Jangan potong semangka dengan pisau besak memotong daging atau makanan lainnya. Gunakan pisau yang steril
  • Semangka yang sudah dipotong dan disimpan selama 24 tidak baik lagi untuk dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here